Sponsors Link

5 Perbedaan Rx King Dan Rx King Cobra Dalam Beberapa Hal

Sponsors Link

Sepeda motor masih menjadi kendaraan pribadi yang tetap populer diminati oleh banyak individu di Masyarakat. Kelebihan dan kekurangan sepeda motorlah yang menjadikannya lebih baik disukai beberapa orang terutama karena nilai harganya yang lebih rendah dan masih dapat dijangkau dibandingkan mobil. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh sepeda motor selain harga diantaranya seperti mudah dikendarai, dapat melewati banyak medan terutama jalanan yang sempit bahkan macet, tidak membutuhkan lahan parkir yang luas, serta perawatan yang relatif lebih mudah dan tidak kompleks.

Selain karena kebutuhan, ada orang atau individu di masyarakat yang menyukai sepeda motor karena alasan tertentu termasuk hobi dan minat untuk mengkoleksinya, serta digunakan untuk kebutuhan lain selain kebutuhan sehari hari. Perkembangan motor yang terus berlangsung semakin pesat menjadikan ada berbagai macam jenis varian hadir di pasar Indonesia dengan fitur fitur terbarunya. Meskipun perkembangan menghasilkan motor motor baru yang lebih berteknologi, ada orang dengan minatnya yang tetap menyukai motor lain.

Salah satu jenis motor lama yang sampai saat ini bekasnya tetap benilai adalah Yamaha RX King. Sepeda motor yang sudah tidak lagi diproduksi barunya tersebut dikenal sebagai sepeda motor yang memiliki kecepatan kencang dan banyak orang mencarinya karena alasan tersebut. Diantara beberapa varian motor Yamaha RX king sejak tahun 1983, RX King dan RX king cobralah yang paling banyak diminati hingga saat ini sebagai salah satu motor paling cepat dan kencang. Kedua sepeda motor tersebut tentu memiliki perbedaan satu sama lain. Berikut penjelasan mengenai beberapa perbedaan RX King dan RX king Cobra dalam ulasan di bawah ini.

  1. Tahun penjulalan motor

Hal pertama yang dapat menjadi pembeda antara motor RX king biasa dan motor RX king cobra adalah tahun penjualannya. Yamaha RX king cobra merupakan motor king generasi pertama yang diperkenalkan di market sepeda motor Indonesia. Sebagai generasi pertama, motor Yamaha Rx king cobra diperjualkan mulai tahun 1983. Secara khusus, motor Yamaha RX king cobra merupakan bagian dari motor Yamaha Rx King generasi pertama. Sebagai generasi pertama, motor Yamaha Rx King Cobra yang namanya diambil dari bentuk stang setir menyerupai ular tersebut dikenal sebagai varian Rx king yang paling classic dan cukup langka untuk dicari serta sempat menjadi salah satu sepeda motor sport terbaik di Indonesia pada masanya.

  1. Nilai jual motor

Yamaha Rx king merujukan pada motor Rx king setelah generasi pertamanya yang disebut dengan motoro Yamaha Rx king cobra. Secara keseluruhan, ada 4 generasi dari motor Yamaha Rx King yakni Rx king cobra, Rx king master, Rx king facelift, dan terakhir new Rx King. Perbedaan Rx king dan Rx king cobra lainnya yang mendasar adalah nilai jualnya kembali. Sebagai motor discontinue, tentu yang dinilai bukan harga motor baru karena pastinya sudah tidak lagi diproduksi. Motor Yamaha Rx King Cobra dengan sentuhan nilai classic dan bersejarahnya menjadikannya lebih mahal secara nilai jual motor dibandingkan generasi King lainnya baik yang modifikasi maupun original. Cara membuat motor Rx king kencang lebih mudah pada jenis Rx King klasik.

  1. Bentuk stang motor

Seperti yang sudah disinggung dalam pembahasan diatas, generasi pertama dari motor Yamaha Rx King Cobra diberi nama seperti itu karena memang ada alasan tertentu. Alasan tersebutlah yang menjadi salah satu pembeda antara motor Yamaha Rx King dan motor King generasi lainnya. Perbedaan Yamaha Rx King dan Rx king cobra terletak pada bentuk stang stir berlekuk seperti leher ular kobra. Bentuk stang stir motor pada Rx King Cobra tersebut hanya dapat ditemukan di motor King generasi pertama dan pasti tidak akan ada pada generasi setelahnya. Bentuk leher kobra pada stang stir motor tersebut menjadi salah satu ciri khas ketika memilih motor king generasi pertama tersebut.

  1. Performa mesin

Selain perbedaan Yamaha Rx King dan Rx King Cobra yang disebutkan diatas, bentuk lain yang membedakan keduanya tentu dari performa mesin yang digunakan. Secara bentukan mungkin tidak akan terpaut jauh bedanya, namun motor Rx King keluaran yang lebih baru tentu sudah dibekali dengan teknologi yang terbarukan. Fitur pada mesin Yamaha Rx King tentu lebih lengkap dibandingkan dengan fitur yang terdapat mada motor Yamaha Rx King. Kedua jenis motor Yamaha Rx King tersebut menggunakan jenis motor 2 tak dengan kapasitas 133 CC yang sama, jumlah bahan bakar yang dapat ditampung sebesar 9,5 liter, transmisi manual 5 percepatan, serta daya maksimal yang dihasilkan oleh mesin sebear 18.5 tenaga kuda dan bertorsi sebesarn 1,54 kgf.

  1. Sistem AIS

Salah satu alasan mengenai motor Yamaha Rx King tidak lagi diproduksi baru adalah karena regulasi pemerintahan yang melarang penggunaan motor bermesin dua tag. Alasan pelarangan tersebut berkaitan dengan banyaknya emisi dan zat buang dari sepeda motor Yamaha Rx king yang tidak baik uutuk lingkungan. Untuk menurunkan nilai emisi dari motor Yamaha King tersebut maka digunakannya sistem ais yang membantu dalam mengurangi pengaruh buruk dari mesin motor 2 tag. Perbedaan Rx King dan Rx King Cobra tentu dari penggunaan sistem air tersebut dimana motor Yamaha Rx King generasi terbaru pasti menggunakan sistem tersebut dan tidak untuk Yamaha Rx King Cobra. Adanya sistem AIS tersebut merupakan salah satu perbedaan teknologi yang digunakan pada motor dulu dan sekarang.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan Rx King dan Rx king cobra yang perlu diperhatikan dengan baik terutama bagi para pecinta motor Yamaha Rx King. Ada juga penjelasan mengenai perbedaan Rx king dan Rx spesial yang dapat juga diketahui.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Yamaha

Leave a Reply