Categories
Yamaha

7 Penyebab Vixion Keluar Asap Putih yang Perlu Diwaspadai

Salah satu motor yang paling terbaik dari perusahaan Yamaha adalah motor Vixion. Motor Vixion sudah menjadi populer dari ia masuk diperdagangkan Indonesia. Perusahaan Yamaha memproduksi motor Vixion dengan penampilan yang sangat bergaya dan didukung oleh postur body yang cukup besar. Dimana ini dapat membuat kita merasa lebih percaya diri ketika menggunakan motor Vixion.

Memang pada umumnya motor Vixion sangat keren bagi kita untuk menggunakannya. Tapi perlu diperhatikan, kalau motor Vixion tidak cocok bagi anda yang memiliki postur tubuh yang kecil. Kemungkinan ini bisa berbahaya bagi keselamatan kita. Bahkan motor Vixion jika terdapat kerusakan pada setiap komponennya dimana ini dapat mengakibatkan motor Vixion mengeluarkan asap putih.

Dengan demikian ini akan membuat kita menjadi kurang percaya diri ketika menggunakan motor Vixion yang dapat mengeluarkan asap putih. Sebenarnya ada berbagai macam penyebab motor berasap putih, namun untuk kesempatan kali ini kami akan membahas penyebab Vixion keluar asap putih. Tunggu apalagi, langsung disimak ulasan yang ada dibawah ini.

1. Seal Water Pump Bermasalah

Untuk penyebab yang pertama biasanya terjadi karena Seal Water Pump sudah jebol atau bermasalah. Perlu diingatkan ketika anda telah menggantikan Seal Water Pum dengan yang baru dan selalu menguras salah satu jenis oli dengan air serta tercampur di mesin yang kotor. Maka hal tersebut dapat membuat oli berubah warna menjadi warna yang agak kecoklatan. Dengan demikian motor Vixion yang dimiliki oleh anda akan mengeluarkan asap.

2. Klep Motor Bocor

Motor Vixion anda berasap putih? Mungkin ini terjadi karena adanya klep motor yang sudah bocor. Klep yang sudah bocor dapat membuat oli yang berasal dari komponen penampung oli pada mesin motor akan menembus pada ruangan pembakaran. Dengan begitu ini dapat membuat oli lebih cepat berkurang. Bahkan tak hanya itu saja yang dapat terjadi, ini juga bisa menjadi salah satu penyebab dari motor Vixion yang keluar asap putih.

Perlu diperhatikan jika Klep motor bocor dan dibiarkan begitu saja, maka ini akan membuat oli motor merembes ketika keluar mesin. Ini dikarenakan efek samping klep motor bocor sangat berbahaya. Oli motor yang sudah merembes akan membuat performa motor berkurang. Nah maka dari itu ketika Klep motor ini bocor, tentu saja ini sangat berbahaya bagi motor kita.

3. Piston Sudah Rusak

Jika masalah yang ada diatas tidak berpengaruh pada motor Vixion keluar asap, kemungkinan besar ini terjadi pada Ring Piston yang rusak atau bermasalah. Namun hal yang seperti ini tidak banyak yang sering terjadi pada masalah motor Vixion berasap. Biasanya terjadi ketika silinder mesin sudah mulai aus, namun walaupun demikian ini juga dapat penyebab yang berbahaya bagi motor kita.

Kerusakan yang paling utama pada komponen Piston pasti motor akan lebih cepat ngempos. Tapi tenang untuk cara mengatasi motor ngempos bisa dibilang cukup mudah ketika anda melakukannya dan mengikuti cara-caranya dengan baik dan benar. Apabila anda belum mengerti dengan dunia otomotif pada motor, lebih anda jangan memperbaikinya. Ini dikarenakan akan mendapatkan komponen yang lainnya ikut terjadi kerusakan.

4. Ruang Pembakaran Berkerak

Salah satu penyebab ketika motor Vixion anda mengeluarkan asap adalah ruang pembakaran yang mungkin sudah kotor atau berkerak. Ini ditimbulkan karena adanya komponen ring piston yang sudah aus, dengan begitu ini membuat oli ikut terbakar dan dapat mengakibatkan proses pembakaran tidak menjadi sempurna. Dengan demikian ini dapat menimbulkan asap putih pada motor Vixion kita. Bahkan proses pembakaran yang tidak sempurna tak hanya menimbulkan asap putih saja, bisa jadi dapat menimbulkan asap hitam pada motor tersebut.

5. Silinder Mesin Aus

Silinder mesin motor aus? Mungkin dapat membuat penyebab dari motor Vixion berasap putih. Kenapa bisa terjadi masalah yang seperti ini? Ini dikarenakan Silinder mesin motor yang aus akan membuat oli akan merembes hingga masuk kedalam suatu ruangan pembakaran. Dengan begitu oli akan tercampur dengan bahan bakar serta bisa membuat ruang bakar menjadi kotor dan mengeluarkan asap putih pada motor kita. Bahkan ini bisa menjadi sebuah kekotoran seperti, arang/karbon didalam ruang pembakaran.

Tak hanya itu saja Silinder mesin motor sudah aus, maka ini akan membuat, sebuah jenis oli motor menjadi lebih cepat habis atau berkurang. Tapi kalau menurut kami ketika ingin melakukan cara mengatasi, dimana cara mengatasi motor kehabisan oli mesin cukup mudah dilakukan apabila kita mempraktekan dengan cara yang baik dan benar.

6. Pengaruh Knalpot

Motor Vixion merupakan motor yang berjenis 4tak, nah ini berarti pemilihan knalpot harus benar-benar sesuai dengan motor kita. Mungkin anda harus mengetahui tentang apa saja komponen knalpot motor, dengan begitu anda akan mengetahui cara kerja dari sebuah knalpot motor.

Terus apa hubungan antara pengaruh knalpot motor dengan judul yang ada diatas?.. Hal yang harus diperhatikan oleh anda adalah jangan memilih knalpot racing pada motor Vixion. Ini dikarenakan knalpot racing sangat berbahaya untuk digunakan oleh motor tersebut. Kemungkinan besar ini akan menyebabkan motor mengeluarkan asap putih.

7. Oli Yang Tidak Berkualitas

Untuk penyebab yang seperti ini, kebanyakan orang menyepelekan sehingga mereka selalu salah memilih oli yang berkualitas. Mungkin anda telah memilih oli yang berkualitas dan sesuai dengan mesin Vixion, namun takaran pada oli tersebut biasanya tidak pas. Dimana takaran yang tidak pas akan menjadikan sebuah penyebab oli keluar dari knalpot motor, akan tetapi cara mengatasinya cukup mudah dilakukan. Perlu diperhatikan ketika oli sudah keluar dari knalpot maka ini akan menjadi tanda-tanda dari motor kita akan mengeluarkan asap putih.

Demikian pembahasan kali ini, semoga melalui pembahasan kali ini tentang penyebab Vixion keluar asap putih. Untuk masalah ini anda harus melakukan cara pengatasan dengan cepat, karena masalah ini sangat berbahaya. Ketika anda hanya membiarkan begitu saja, ada kemungkinan ini akan membuat motor kita akan menjadi motor yang cepat rusak. Bahkan ini bisa membuat kita merasa tidak nyaman pada saat kita mengendarai motor tersebut.

Leave a Reply