Sponsors Link

12 Penyebab Motor Susah Distarter dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sepeda motor merupakan salah satu moda trasnportasi yang paling diminati oleh masyarakat karena berbagai keunggulunnya dibandingkan dengan alat transportasi lainnya. Kelebihan sepeda motor diantaranya adalah bentuknya yang kecil, perawatan yang murah, harga yang masih terjangkau, kemudahan dan kepraktisan penggunaan, varian yang banyak, kebutuhan bahan bakar yang minim, lahan parkit yang sedikit, serta kehandalan dapat melewati berbagai tipe jalanan terutama jalan macet yang banyak terjadi di Indonesia.

ads

Dari berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia, motor matic dan bebek merupakan motor yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Namun terkadang apapun jenis motornya, banyak orang yang sangat abai terhatap cara merawat motor matic maupun manual yang dapat menjadi pemicu datangnya berbagai permasalahan teknis pada motor. Masalah teknis yang terjadi pada motor tersebut dapat menyebabkan fungsi motor tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Salah satu masalah teknis yang sering muncul akibat kurangnya perawatan yang dilakukan dan terkadang memang disebabkan oleh faktor usia tersebut adalah motor yang sudah distarter. Permasalahan motor yang susah distarter ini sering kali menyusahkan pengendara dan menimbulkan emosi. Kondisi motor yang tidak bisa atau susah distarter tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal terutama pada komponen mesin. Berikut penyebab motor susah distarter.

  1. AKI yang bermasalah.

Kondisi aki yang mati dapat mempengaruhi berbagai komponen kelistrikan pada motor dan dapat menimbulkan starter pada motor tidak berfungsi karena tidak adanya pasokan listrik dari aki. Kondisi aki yang tekot atau mati seringkali disebabkan oleh Cara merawat aki motor yang salah serta pemakaian komponen listris pada motor yang berlebihan. Untuk mencegah agar aki tidak mati, perawatan dan pengecekan berkala perlu dilakukan untuk memastikan kondisi aki.

  1. Busi motor tidak berfungsi dengan baik.

Komponen lain yang dapat menimbulkan masalah motor yang tidak bisa disarter adalah busi. Busi merupakan komponen mesin yang berfungsi sebagai pengantar perapian bahan bakar kedalam mesin. Kondisi busi yang tidak berfungsi dapat menyebabkan mesin tidak mendapatkan pasokan dari bagian perapian bahan bakar sehingga motor tidak bisa distarter.  Agar mesin tetap dapat distarter, pengantian busi harus dilakukan apa bila busi sudah tidak berfungsi lagi. Cara membersihkan busi motor yang benar perlu diketahui bagi pemilik motor sebagai bentuk perawatan terhadap komponen busi.

  1. Kerusakan dinamo

Dinamo merupakan komponen penting pada starter elektrik maupun manual pada sepeda motor. Kerusakan pada dinamo ini dapat memicu motor tidak dapat distarter. Akan tetapi.  kerusakan pada dinamo ini sangat jarang terjadi. Komponen dinamo yang dapat mengalami kerusakan yakni putusnya kumparan yang ada pada  dinamo serta adanya keausan pada sikat.

Untuk melihat kondisi komponen tersebut diperlukan pemeriksaan yang dilakukan oleh bengkel resmi. Kerusakan motor dinamo pada starter ini bisa dikarenakan beberapa hal, usia komponen dinamo, motor yang tidak terawat, serta adanya pemicu seperti benturan bahkan cairan yang masuk ke dalam motor dinamo. Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah segera periksakan kendaraan ketika muncul suara aneh dan kasar dari dinamo saat motor anda distarter.

Sponsors Link

  1. Tombol starter bermasalah

Apabila dari pemeriksaan kelistrikan, seluruh komponen dasar dapat berfungsi dengan baik serta tidak ditemukan masalah pada aki, dapat diduga ada permasalahan pada saklar kelistrikan starter elektrik pada motor beat anda.Memastikan apakah ada halangan berupa kotoran atau kabel yang terputus sebagai akibat dari permasalahan starter elektrik tersebut sangat diperlukan.

Selain tombol starter yang terdapat pada motor manual dan elektrik. Khusus motor matic, switch yang ada pada tuas rem juga dapat menjadi sumber permasalahan starter elektrik yang tidak berfungsi dan menjadikan motor tidak dapat distarter. Pemeriksaan pada tombol starter elektrik juga harus dilakukan untuk komponen relay starter atau bendik. Relay starter atau bendi ini berfungsi untuk menyalurkan arus dari sumber listrik kepada mesin.

  1. Regulator rectifier rusak

Regulator rectifier atau yang secara umum disebut sebagai kiprok merupakan komponen yang berfungsi sebagai penstabil tekana dan arus yang masuk kedalam aki. Arus yang masuk kedalam aki perlu diatur agar tidak terlalu besar maupun terlampau kecil. Rusaknya regulator recifier akan mempengaruhi besaran arus yang masuk kedalam aki. Besaran arus yang tidak terkontrol menyebabkan AKI mudah soak  dan rusak. Kerusakan aki tersebut dapat menyebabkan motor menjadi tidak bisa distarter. 

Sponsors Link

  1. Starting CVT bermasalah

Salah satu permasalahan yang menjadi penyebab motor tidak bisa distarter khusus untuk motor matic adalah starting CVT. Kondisi bagian starting CVT yang kotor dan banyak endapan dapat menghambar kinerjanya pada saat distarter sehingga mesin tidak dapat menyala baik dengan starter elektrik maupun manual. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya suara kasar pada saat tombol starter pada motor beat ditekan. Pembiaran terhadap kotoran dan endapan pada starting cvt dapat menyebabkan motor sama sekali tidak dapat distarter.

Selain diatas juga ada beberapa penyebab yang harus anda ketahui, seperti :

  1. Belum menekan rem tangan
  2. Selain itu juga bisa jadi karena adanya short voltage yang bisa anda lihat pada sistem starting
  3. Adanya kerusakan pada relay
  4. Kompresi motor dalam posisi yang rendah
  5. Tekanan pada bahan bakar rendah
  6. Terdapat campuran bahan bakar yang tidak seimbang

Berbagai penyebab motor tidak bisa distarter diatas terjadi sering kali karena perawatan motor yang kurang baik. Untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan ini, perlu adanya pengetahuan mengenai tips merawat motor bebek maupun motor matic berbagai jenis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Yamaha

Leave a Reply