Sponsors Link

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Yamaha FreeGo

Sponsors Link

Yamaha FreeGoYamaha FreeGo hadir dengan tagline “The Amazing Matic”. Lantas, apakah benar, tagline tersebut sudah sesuai dengan kondisi sebenarnya Yamaha FreeGo? Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Yamaha FreeGo? Hadir dengan fitur canggih yang disematkan pada Yamaha FreeGo. Seperti salah satunya adalah Smart Key System yang merupakan sistem pengunci tanpa menggunakan kunci manual. Fitur ini menjadikan Yamaha FreeGo menjadi lebih aman dan praktis disaat berkendara. Yamaha FreeGo ini hadir dengan beberapa pilihan warna, yaitu matte black, metallic red, metallic blue, metallic white untuk model standart. Varian yang ditawarkan pada konsumen adalah varian standard S dan S-ABS.

Yamaha FreeGo dengan menggunakan mesin blue core 125cc menggunakan velg 12 inch serta ban tubeless yang membuat motor menjadi lebih stabil disaat bermanuver di jalan raya. Pengendara juga akan merasa nyaman disaat berkendara dengan pasangan karena FreeGo hadir dengan long seat ukuran 895mm. Begitu pula dengan ruang kaki yang lebar, membuat pengendara semakin nyaman disaat berkendara.

Berkendara pada saat malam hari pun bukanlah menjadi kendala, karena Yamaha FreeGo dilengkapi dengan LED headlight yang terang, sehingga akan sangat terang apabila digunakan untuk berkendara disaat malam hari. Pun disaat pengendara mengalami keadaan darurat, pengguna dapat menyalakan tanda lampu hazard. Tidak ketinggalan juga, FreeGo dilengkapi dengan electric power soket, jadi jangan takut kehabisan baterei ponsel disaat berkendara.

Yamaha mengklaim bahwasanya setiap orang yang berkendara menggunakan Yamaha FreeGo, pasti akan merasakan pengalaman yang berbeda karena fitur-fitur yang canggih dan luar biasa karena adanya keunggulan motor Yamaha dan fitur terbaru. Ukuran bagasi FreeGo pun juga lebih besar, dengan kapasitas 25 liter. Menjadikan berkendara lebih praktis karena barang bawaan dapat disimpan dalam bagasi motor. Selain itu, tangki pengisian bahan bakar pun juga sedikit berbeda dibandingkan motor Yamaha keluaran sebelumnya. Lubang tangki pengisian berada di posisi depan, pengendara tidak perlu repot-repot untuk membuka jok bagasi terlebih dahulu, dengan kapasitas tangki bensin 4.2 liter yang berada pada dek kaki.

Tampilan full digital speedometer yang stylish , menjadikan FreeGo menjadi lebih berkesan modern dan kekinian serta informative. Dilengkapi dengan Multi Information Display (MID) yang berisi informasi terkait penggunaan sepeda motor. Dari segi keselamatan pun tidak ketinggalan. Yamaha FreeGo dibekali dengan sistem pengereman yang canggih yaitu Antilock Brake System (ABS). Dengan sistem pengereman ABS ini, menjadikan daya pengereman FreeGo ini menjadi lebih maksimal dan meminimalisir kemungkinan terjadinya ban slip pada saat pengereman.  Apa sajakah kelebihan dan kekurangan Yamaha FreeGo ? Simak ulasan berikut.

Kelebihan Yamaha FreeGo

Pengguna Yamaha FreeGo akan dimanjakan dengan berbagai macam keunggulan yang dimiliki. Lalu, apa sajakah kelebihannya? Berikut akan sedikit kami ulas.

  • Menggunakan mesin 125 non VVA yang halus.

Banyak yang mengatakan bahwasanya karakter mesin FreeGo ini sangatlah halus. Bahkan banyak reviewer yang menyatakan bahwa karakter mesin yang digunakan oleh FreeGo serasa bukanlah Yamaha. Disaat melakukan idle dan standart tengah, motor terasa bergetar. Namun pada saat sudah berjalan, getaran tersebut sudah hilang. Walupun ada getaran khas motor matic pada rpm rendah, hal tersebut merupakan hal yang wajar. Motor matic yang lain pun juga akan merasakan getaran kecil pada kondisi tersebut. Pada saat speedometer sudah mencapai titik lebih dari 20km/jam, mesin yang dihasilkan oleh FreeGo sangatlah halus dan tenang.

  • Tenaga mesin FreeGo yang mantap

Disaat speedometer mencapai titik diatas 50km/jam hingga 80km/jam, disaat itulah performa mesin dan tenaga yang ditunjukkan oleh FreeGo akan terasa menyenangkan. Tenaga dan torsi yang powerfull dan energik, membuat aksi saat menyalip kendaraan lain pada kecepatan medium sangat bertenaga. Tenaga yang diberikan sangat responsive tanpa ada jeda perbindahan terlebih dahulu. Hal tersebut bisa terjadi karena, mesin FreeGo ini ditunjang dengan performa mesin non vva.

  • Rem ABS yang nyaman

Meski hanya didukung dengan adanya rem ABS pada bagian depan saja, namun tetap terasa nyaman saat digunakan. Beberapa reviewer melakukan uji coba panic braking, di kecepatan 40-50km/jam , sensor ABS yang dihasilkan cukuplah baik.

Kekurangan Yamaha FreeGo

Apa sajakah kekurangan yang dimiliki oleh Yamaha FreeGo? Berikut penjelasan singkatnya.

  • Bagasi yang luas namun tidak semua tipe barang bisa masuk

Pada keluaran motor Yamaha kali ini, yaitu FreeGo, sengaja memindahkan posisi tangki dari bawah jok ke bagian bawah pijakan kaki pengendara. Hal tersebut berdampak pada volume keluasan ruang bagasi yang bertambah besar, hingga mencapai 25 liter.  Bagasi pada Yamaha FreeGo memiliki dimensi yang panjang, namun tidak terlalu menjorok kedalam. Sehingga, tidak semua tipe barang dapat dimasukkan dalam bagasi, hanya barang-barang tertentu saja.

  • Mesin yang digunakan masih standart mio

Desain Yamaha FreeGo yang sedikit gemuk, ditambah dengan penggunaan ban yang cukup lebar, yang berdampak pada bertambahnya berat Yamaha Freego. Pertambahan berat ini tidak diimbangi dengan performa mesin. Jenis mesin yang digunakan oleh FreeGo ini masih menggunakan jenis mesin yang dipakai oleh Mio Series yang lainnya. Yamaha FreeGo menggunakan kapasitas mesin 125 cc SOHC satu silinder non VVA. Meskipun Mio merupakan sepeda motor matic terbaik di Indonesia, harusnya ada pengembangan baru untuk FreeGo.

  • Tidak adanya laci di bagian depan

Tidak adanya laci pada bagian depan disebabkan karena pada bagian sisi kiri depan, digunakan sebagai tempat lubang pengisian bahan bakar. Sedangkan pada sisi bagian kanannya, digunakan sebagai tempat kunci kontak motor. Pengguna FreeGo, haruslah menambahkan tampilan fitur tersendiri seperti bracket holder yang diletakkan pada bagian depan yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang kecil, misalkan saja seperti uang receh, sarung tangan, atau lain sebagainya.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Yamaha FreeGo. Semoga dapat membantu bikers yang lain dalam menentukan pilihan yang tepat sebelum membeli kendaraan bermotor baru. Penjelasan diatas membantu setiap orang untuk menentukan pilih motor matic atau manual sebagai kendaraan pribadinya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Yamaha

Leave a Reply