Categories
Yamaha

8 Penyebab Jupiter MX Ngebul Saat Gas Besar dan Pengatasannya

Motor Jupiter MX merupakan salah satu motor yang diproduksi oleh perusahaan otomotif ternama di Jepang, yakni Yamaha. Mungkin ini menjadi salah satu sepeda motor bebek terbaik di Indonesia, dikarenakan memiliki penampilan yang sangat sangar. Motor Jupiter MX termasuk motor yang paling diminati oleh para kalangan remaja, bahkan sampai ke orang dewasa juga suka dengan motor ini.

Namun ketika motor ini ngebul pada saat digas besar, maka ini akan membuat kita merasa lebih tidak nyaman ketika kita mengendarai motor itu tersebut. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas Jupiter MX ngebul saat gas besar dengan bersama penyebab dan pengatasannya. Berikut ulasannya.

Penyebab

Jupiter MX anda ngebul pada saat digas besar? Mungkin terjadi karena adanya beberapa penyebab. Terus apa saja yang menjadi penyebab dari Jupiter MX ngebul ketika digas besar? Bagi anda yang ingin mencari tahu penyebabnya, anda dapat menyimak ulasan yang kami sudah susun untuk anda pada saat ingin membacanya.

1. Seher Sudah Kena

Mungkin hal yang paling utama ketika motor Jupiter MX anda bermasalah, apalagi ngebul ketika digas besar, tentu saja Ring Seher sudah kena. Dimana ini terjadi ketika oli tercampur dengan bensin atau bahan bakar, dengan begitu ini akan mengalami kepulan asap keluar dengan cara bersamaan.

Selain itu ini juga dapat membuat keluarnya gas yang sisa pada proses pembakaran dimana ini berasal dari sebuah knalpot. Hal yang seperti itu dapat membuat Seher cepat rusak. Mungkin ini menjadi salah satu penyebab motor cepat ngebul dan ini merupakan hal yang penting bagi anda sehingga anda harus perhatikan dengan baik.

2. Oli Kebakar

Oli terbakar karena karena motor Jupiter MX mengeluarkan asap dan ini dapat membuat suatu volume oli mesin yang seiring waktunya akan habis. Dengan demikian ketika anda menaiki motor Jupiter MX dan kemudian anda menggas dengan cara yang digas besar, maka ini akan menimbulkan motor Jupiter MX menjadi ngebul. Tapi tenang untuk cara mengatasi motor kehabisan oli mesin sangat mudah dilakukan.

3. Oli Yang Terlalu Encer

Ada berbagai jenis-jenis oli motor yang dapat digunakan oleh anda dengan takaran yang pas pada motor Jupiter MX. Nah ketika anda menggunakan oli tersebut dan terlalu banyak atau sudah encer, maka ini dapat menimbulkan motor akan mengeluarkan asap. Ini dikarenakan setiap oli motor memiliki kekentalan yang berbeda-beda, dengan demikian kita harus menyesuaikan oli motor dengan takaran yang pas pada motor.

Oleh karena itulah, kami menyaranan kepada anda harus perhatikan dan harus menggunakan oli yang sesuai dengan takaran. Mungkin juga anda dapat menggunakan oli dengan menyesuaikan ketentuan dari pabrikannya sehingga ini akan membuat performa dari komponen mesin motor menjadi lebih tanggu dan optimal serta terhindar dari motor Jupiter MX ngebul saat digas besar.

4. Karburator Bermasalah

Apabila komponen karburator motor yang bermasalah maka ini dapat menyebabkan motor ngebul saat digas tinggi. Pada umumnya masalah ini terjadi pada saat udara dan bahan bakar yang tidak sesuai. Maka dari itu anda harus melakukan cara mengatasi dan kami sarankan kepada anda untuk melakukan hanya cukup membuat sekrup penyetel pada suplai bensin menjadi lebih kencang.

5. Busi Kotor

Komponen busi motor yang kotor maka ini dapat menimbulkan pada setiap pengapiannya secara otomatis tidak terbakar dengan sempurna. Seperti yang sudah diketahui kalau busi motor itu bekerja untuk mengatur proses pada sistem pengapian motor. Maka dari itu ketika busi kotor proses pengapian tidak bisa terbakar dan dapat membuat motor Jupiter MX mengeluarkan asap ketika digas besar. Nah bagi anda yang bertanya cara mengatasinya, maka kami sarankan anda dapat membersihkan busi motor tersebut atau bisa menggantikan busi dengan yang baru.

6. Filter Udara Kotor

Pada umumnya dari berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia terdapat suatu sistem pendingin sehingga suhu pada mesin motor akan selalu terjaga. Akan tetapi kebiasaan yang sering terjadi ketika fitur udara menjadi kotor dimana kotoran dapat membawa ke ruang pembakaran sehingga dapat menyebabkan penghambatan pada proses pembakaran.

Nah jika anda membiarkan masalah tersebut, maka ini dapat menimbulkan motor ngebul pada saat digas besar dan dampaknya akan berisiko kerusakan pada mesin motor sehingga harus membuat mesin motor turun. Maka dari itu kita harus membersihkannya secara rutin apabila pada komponen ini terdapat kekotoran.

7. Ruang Bakar Yang Berkerak

Selain penyebab yang ada diatas ruang bakar yang berkerak juga menjadi salah satu penyebab dari motor Jupiter MX ngebul pada saat digas besar. Ini dikarenakan adanya proses pembakaran yang tidak sempurna atau mungkin oli yang telah ikut terbakar. Alhasil sebuah sisa bisa menempel pada sebuah proses pembakaran dan membentuk suatu kerak. Jika ini sudah terjadi, dengan begitu dapat membuat sebuah proses pembakaran serta pengapian mengeluarkan asap. Untuk itu kita harus memperbaiki dengan cara membongkar pada bagian Head Cylinder dan kemudian kita harus membersihkan kerak yang ada di komponen tersebut.

8. Pengaruh Pada Knalpot

Komponen knalpot motor merupakan sebuah komponen yang menjadi tempat pembuangan gas pada setiap sepeda motor. Memang pada umumnya jenis knalpot motor memiliki berbagai macam jenis salah satunya adalah knalpot racing. Walaupun knalpot racing dapat membuat motor kita lebih bergaya, namun ini juga sangat berbahaya ketika anda menggunakan knalpot racing pada motor Jupiter MX. Dimana ini dapat menimbulkan sebuah masalah pada motor, seperti menjadi ngebul pada saat digas besar.

Cara Mengatasi

Nah bagi anda yang ingin mencari tahu pengatasan dari motor Jupiter MX yang sering ngebul ketika digas besar. Maka anda dapat melihat pengatasan yang sudah kami siapkan, seperti dibawah ini.

  • Oli

Pengatasan yang paling pertama anda dapat melakukan pergantian oli secara rutin atau sesuai dengan buku panduan yang telah diberikan kepada anda oleh pabrik. Namun kebanyakan motor ketika hal pergantian oli pada saat sudah mencapai 2000 km.

  • Knalpot

Periksa pada bagian knalpot apabila terdapat lubang dibagian motor Jupiter MX anda tepatnya pada leher knalpot. Jika hal tersebut terjadi demikian, maka anda dapat melakukan cara pengatasannya dengan cara dilas dan anda harus menggunakan sebuah las karbit sehingga lubang tersebut dapat tertutup sempurna.

  • Bore Up Mesin

Apabila anda telah melakukan kedua cara yang ada diatas dan tetap saja masih ngebul pada saat digas besar, maka anda dapat memastikan kalau tidak ada celah dibagian mesin. Ini dikarenakan dapat mengakibatkan oli bisa tercampur dengan bensin atau bahan bakar. Dengan demikian anda harus melakukan cara pengatasannya dan harus melakukan penurunan pada mesin motor. Anda dapat dipersilahkan untuk memeriksa komponen apa yang perlu diganti.

Demikian penyebab Jupiter MX ngebul saat gas besar dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply