Sponsors Link

3 Efek Buruk Penggantian Ban Motor Tanpa Alat Tyre Changer yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan, baik itu kendaraan roda dua atau motor maupun kendaraan roda empat atau mobil.  Hal ini tentunya sudah tidak usah dipertanyakan lagi ya sobat, tapi memang karena ban ini termasuk kedalam suatu komponen yang “ fast moving “ sehingga keberadaanya pun cukup penting atau vital dalam sebuah kendaraan.

ads

Oleh karena itulah anda sebagai pemilik kendaraan harus melakuakn pengecekan dan perawatan secara rutin terhadap komponen yang satu ini, sehingga tidak akan menimbulkan masalah nantinya dalam pengedaraan anda.

Namun meski demikian sobat, karena tergolong sebagai salah satu komponen yang bersidat “ fast moving “ tentunya komponen yang satu ini tetap saja harus sering diganti karena memang beban ata fungsnya dalam kendaraan anda cukup berat, apalagi jiak ditambah beban berbagai barang bawaan, maka ban ini tentunya akan tertekan lebih dalam lagi, sehingga sering membuatnya pecah atau bocor.

Jika sudah pecah atau bocor, tentunya kita sebagai pemilik motor tersebut harus menggantinya ya sobat, dan pada saat menggantinya anda atau tukang bengkel harus menggunakan alat “ tyre charger “ agar penggantian ban anda sempurna, karena jika tidak menggunakan alat ini, maka akan berefek buruk bagi kendaraan anda. Berikut ini adalah efek buruk penggantian ban motor tanpa alat tyre charger.

1. Bisa Melukai Velg

Efek buruk yang pertama adalah bisa melukai komponen vleg motor kendaraan anda. Hal ini tentu saja berpotensi untuk terjadi ya sobat, karena pada umumnya mereka yang mengganti ban dan tidak menggunakan tyre charger akan berpotensi merusak velg.

Hal ini terjadi karena alat pencongkel ban tersebut tidak safety pada sehingga apabila tidak digunakan secara hati –  hati akan berdampak pada kerusakan velg anda. Untuk itu sobat, sebaiknya anda mengganti ban tersebut di bengkel resmi agar penggantian ban anda tidak berpotensi membuat velg rusak.

2. Merusak Bibir Ban

Efek buruk yang kedua adalah bisa merusak bibir ban kendaraan anda. Pada saat petugas bengkel akan mengganti ban kendaraan anda menggunakan alat pencongkel, maka hal ini juga akan berpotensi membuat bibir ban kendaraan anda menjadi rusak alias sobek.

Pada saat melakukan pencongkelan pada ban anda, tentunya terlebih dahulu akan memisahkan ban tersebut dari vleg ya. Nah sobat pada saat seperti inilah maka bibir ban anda akan berpotensi untuk rusak seperti sobek. Oleh karena itu, penggantian ban tanpa menggunakan alat tyre charger ini tentunya berbahaya bagi keamanan ban dan vleg anda.

3. Proses Penggantian Lama

Efek buruk yang ketiga adalah proses penggantian ban akan lebih lama apabila menggunakan alat pencongkel ban. Karana dilakukan secara manual, maka tentunya proses penggantian ban pada kendaraan anda akan lebih lama jika dibandingkan dengan alat tyre charger yang lebih aman.

Sponsors Link

Sekian informasi yang bisa penulis share  buat sobat semua pada artikel kali ini mengenai efek buruk penggantian ban motor tanpa alat tyre changer. Penulis berharap tulisan ini bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi sebelum memutuskan untuk mencoba cara – cara yang penulis berikan. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Yamaha

Leave a Reply