Sponsors Link

4 Cara Pengisian Air Aki yang Benar agar Aki Motor Awet

Sponsors Link

Jika kita berbicara mengenai kendaraan bermotor, maka tentunya kita juga akan berbicara mengenai komponen –  komponen yang terdapat pada kendaraan tersebut. Adapun komponen –  komponen tersebut merupakan piranti yang sangat penting untuk menunjang performa dari kendaraan anda, yang tentunya meiliki fungsi serta peranan yang berbeda satu dengan yang lainnya sehingga performa kendaraan atau motor anda tetap eksis.

ads

Adapun salah satu komponen yang sangat penting tersebut adalah aki. Bagi anda pengguna sepeda motor, tentunya sudah tidak asing lagi akan komponen yang satu ini, dimana aki ini befungsi untuk mengalirkan arus atau daya listrik ke semua komponen kelistrikan yang ada pada motor anda, terutama pada saat anda menyalakan starter motor, maka aki ini sangtalah memiliki peran penting untuk mengalurkan daya listrik tersebut.

Hal ini dikarenakan pada saat komponen mesin motor anda mati maupun dihidupkan, maka motor anda membutuhkan tenaga gerak awal untuk memutar crankshaft atau poros engkol, sehingga piston akan bisa bergerak naik turun, maka akan terjadilah proses pembakaran pada mesin kendaraan anda.

Oleh karena pentingnya peranan komponen yang satu ini sobat, maka anda harus melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin terhadap aki ini. Selain itu, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan pula selain dari perawatan tersebut, misalnya saja saat pengisisan air aki motor anda. Berikut ini penulis akan menyajikan ulasan mengenai cara pengisian aki yang benar agar aki motor awet. Yuk sobat, kita simak ulasan berikut ini.

1. Cek Terlebih Dahulu Kondisi Aki

Cara yang pertama adalah dengan mengecek terlebih dahulu kondisi komponen aki motor anda. Mengecek dalam artian kali ini adalah untuk memastikan apakah masih anda cairan aki tersebut atau tidak. Jika ketinggian air sudah dibawah garis lower, maka anda harus menambahkan airnya. Dan jika diperlukan, anda bisa melepas kedua terminal akinya menggunakan obeng + .

2. Buka Tutup Cairan

Cara yang kedua adalah dengan membuka tutup cairan aki tersebut. Anda bisa membuka tutup aki tersebut dengan menggunakan oben ( -). Setelah anda membuka tutup aki tersebut dan ternyata masih ada sisaan dari cairan aki yang lama, maka sebaiknya anda membuang sisa cairan tersebut terlebih dahulu, sehingga air aki yang anda gunakan adalaj air aki yang baru.

4. Cara Pengisian yang Benar

Cara yang ketiga adalah adalah cara pengisian air aki tersebut dengan yang baru. Tuangkanlah air aki tersebut secara perlahan melalui tutup aki yang tadi sudah anda lepaskan, tuangkan air aki tersebut sampai batas air Upper dan jangan sampai lebih dari garis upper yang sudah ditentukan.  Karena apabila anda mengisnya lebih dari garis yang sudah ditentukan, maka air aki tersebut akan tumpah dan mengenai body motor anda, yang nantinya berdampak buruk bagi kendaraan anda.

Sponsors Link

Itulah sobat ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan memberikan solusi buat anda. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum mulai mencoba cara yang penulis berikan untuk anda. Salam otomotif dan salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Yamaha

Leave a Reply