Sponsors Link

4 Cara Menghilangkan Karat Pada Velg Motor dengan Cepat

Sponsors Link

Sepeda motor sudah dikenal lama sebagai salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Anggapan ini dapat dibuktikan dengan mudahnya bila kita melihat berbagai jenis jalanan baik itu jalan sempit perkampungan dan jalan macet perkotaan akan banyak diisi oleh sepeda motor. Namun dengan perkembangan jaman saat ini, memiliki kendaraan motor bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan sarana transportasi melainkan juga mendukung gaya hidup serta penampilan.

ads

Untuk menjadikan motor sebagai gaya hidup yang dapat mendukung penampilan seseorang, kondisi motor harus terlihat baik dan bersih. Motor dengan body bersih, mengkilap merupkan keadaan yang diinginkan oleh mereka yang memperhatikan penampilan motor. Namun meskipun body motor sudah dirawat dengan cara merawat body motot matic maupun jenis lainnya yang sangat baik terkadang ada beberapa bagian yang dapat timbul karat khususnya pada komponen motor berupa besi. Karat dapat terjadi dan menempel pada bagian besi sepeda motor yang disebabkan oleh :

  • Motor yang sering digunakan pada saat kondisi hujan sehingga bagian metal atau besi pada sepeda motor akan sering terkena air.
  • Motor yang sering melewati genangan air dan tidak dikeringkan setelahnya terutama untuk bagian bagian metal atau besi.
  • Motor yang sangat jarang dibersihkan dan penuh dengan kotoran baik air maupun tanah.

Karat menurut wikipedia adalah hasil korosi dari proses oksidasi yang terjadi pada semua benda berbahan besi. Velg motor merupakan salah satu komponen besi pada motor yang dapat mengalami karatan. Karat yang terjadi pada velg dapat disebabkan oleh kondisi dimana besi terkosidasi oleh udara luar yang membutuhkan proses lama dapat dipercepat dengan adanya air. Untuk mengatasi kondis velg yang karat akibat faktor usia dan sering terkena air dapat dilakukan dengan beberapa cara menghilangkan karat pada velg sebagai berikut.

  1. Menggunakan Air Soda

Air soda merupakan bahan pertama yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada velg motor yang terjadi karena faktor usia motor dan kurang sering dibersihkan dari air. Air soda yang memiliki sifat asam dan tingkat keasaman yang sangat tinggi sehingga dapat membersihkan kotoran karat dengan cara menggosokkan air soda pada bagaian yang berkarat.

Dalam proses penggosokan ini dibantu dengan menggunakan kain lap bersih dan harus dilakukan berulang ulang. Setelah penggunaan air soda ini, bilaslah bagian yang digosok dengan air soda hingga bersih dan bila perlu menggunakan sabun. Untuk mendapatkan hasil yang baik cobalah merendam kain beberapa saat dengan air soda sebelum mengosokkannya. Penggunaan air soda ini juga termasuk kedalam tips merawat motor agar tetap kinclong.

  1. Menggunakan batu hijau

Batu hijau atau yang lebih dikenal dengan nama watu ijo merupakan jenis batuan lunak yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada motor. Dalam penggunaannya, irislah batu hijau tersebut kecil kecil seperti mengiris gula jawa dan campurkan dengan braso. Gosokkan campuran tersebut kebagian velg yang karat dengan bantuan kain lap bersih atau bisa juga menggunakan koran bekas. Minyak braso disini hanya digunakan sebagai perantara saja agar proses mengosok lebih mudah dan cepat.

Sponsors Link

  1. Menggunakan tanah liat

Bahan lainnya yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan karat pada velg motor adalah tanah liat. Tanah liat memiliki tekstur yang lembek dan liat serta mampu menyerap kotoran. Selain velg, jeruji motor juga dapat dihilangkan karatnya dengan bahan ini. Cara penggunaannya juga sangat mudah, sama seperti dengan bahan anti karat lainnya yang digunakan dengan cara menggosoknya kebagian yang berkarat. Tanah liat juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan baret pada motor.

  1. Menggunakan produk anti karat

Cara menghilangkan karat pada velg motor lainnya yang paling sederhana adalah dengan menggunakan cairan antikarat yang banyak dijual dibengkel bengkel. Namun dalam penggunaan cara ini diperlukan beberapa biaya untuk menyediakan cairan anti karat tersebut. Banyaknya produk anti karat yang beredar luas dipasaran menjadikan kita harus mampu memilih produk anti karat yang benar.

Sponsors Link

Beberapa cairan multi purpose lubricant atau anti karat memiliki kandungan bahan kimia berbahaya yang dapat merusak komponen sepeda motor dan dapat membahayakan bagi kesehatan. Dalam memilih produk anti karat ini sebaiknya anda jangan mudah tertipu dengan harga yang murah karena bisa jadi produk dengan harga murah itu memiliki kemungkinan lebih tinggi mengangung bahan kimia berbahaya.

Ada cara yang dapat dilakukan untuk menguji kandungan bahan kimia yang ada pada produk antikarat secara sederhana. Proses pertama adalah dengan meneteskan atau menyemprotkan carian anti karat kedalam gelas transparan sampai menghasilkan cairan setinggi 1 cm. Setelah itu masukkan air dengan ketinggian kurang lebih 6-7 cm lalu diamkan. Secara normal bahan kimia akan berada diatas air, setelah itu aduk campuran tersebut dan lihat apa yang terjadi. Bila bahan kimia dapat terpisah dengan cepat makan dapat dipastikan produk tersebut memiliki kualitas yang baik.

Beberapa cara menghilangkan karat pada velg motor dapat anda coba untuk membuat kondisi velg menjadi seperti baru lagi. Dalam proses pemilihan cara yang dapat digunakan, sebaiknya perhatikan faktor ketersediaan biaya dan ketersediaan bahan serta keparahan kondisi karat pada velg sepeda motor. Untuk mencegah kondisi karat pada motor, selalu perhatikan cara membersihkan mesin motor dan body terutama yang berbahan metal.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Yamaha

Leave a Reply