Sponsors Link

7 Cara Agar Motor Jupiter Z Bisa Lari Kencang

Sponsors Link

Ada berbagai pilihan jenis sepeda motor di seluruh dunia dengan spesifikasi yang berbeda. Memang terdapat perusahaan sepeda motor yang berbeda-beda, mulai dari Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan beberapa lainnya. Bahkan komponen mesin motor dari penyedia motor juga memiliki perbedaan. Ketika anda memiliki motor pasti ingin memodifikasi motor anda sehingga merubah penampilan maupun performa lebih baik.

Ada beberapa jenis motor dengan mesin paling awet hingga kini, yang pastinya anda juga ingin membuat motor anda awet dan keren pada saat digunakan. Memang pada umumnya untuk memodifikasi motor membutuhkan biaya yang cukup besar. Anda bisa memodifikasi dengan sesuai dari ketentuan anda, bahkan anda bisa memodifikasi motor dengan cara sendiri. Tapi pastikan anda harus tahu cara membokar mesin motor yang baik dan benar, sehingga anda tidak salah pada saat memodifikasi motor anda.

Berbicara tentang modifikasi motor, kali ini kami akan membahas cara agar motor Jupiter Z bisa lari kencang. Motor Jupiter Z merupakan motor bebek paling ringan dengan tampilan bodi yang menarik. Nah bagi anda yang ingin membuat motor Jupiter Z anda terasa lebih kencang sangat mudah untuk cara-caranya, cukup anda mengikuti cara-cara yang ada di bawah ini.

1. Karburator

Hal yang pertama anda perlu memainkan pada komponen karburator motor. Pada umumnya suatu motor yang baru diambil dari pabrik motor akan terlihat lebih tangguh, namun susah untuk melaju dengan kencang. Ini dikarenakan pada sepuyer terdapat ukuran yang kecil, dengan begitu pasokan bensin kurang, meskipun motor gesit dalam putaran awal tetapi tetap saja speednya akan loyo.

Namun masalah ini bisa diatasi dengan memodifikasi serta menggantikan sepuyer pada karburator yang lumayan besar daripada standarnya. Tapi cara menggantinya kami sarankan anda harus profesional untuk menggantinya (orang tertentu yang sudah tahu dengan mengganti karburator pada motor). Dengan cara mengganti asal-asalan, kemungkinan besar ini akan menjadi penyebab motor brebet di RPM rendah dan tinggi.

2. Piston

Untuk membuat motor Jupiter Z anda lebih kencang, anda juga harus mengupgrade piston yang dimiliki oleh motor Jupiter Z anda. Pada motor Jupiter Z yang beroversize 100 terdapat piston berdiameter 52 mm, sedangkan pada piston Yamaha yang asli berdiameter 49 mm. Sehingga pada piston oversize mampu menambahkan tenaga menjadi 114,7 cc serta liner yang tetap di batas aman.

Nah bagi anda yang ingin meningkatkan atau ingin membuat motor jupiter z anda lebih kencang, kami sarankan anda membuat Dom pistonnya lagi. Maksudnya anda dapat melakukan pembubutan pada pinggir piston yang berkisaran 1,5 mm sejauh 7 mm dan kemiringan pada dom piston sekitaran 45 derajat. Selain itu, anda dapat coakan klep dengan diperdalamkan 0.5-1 mm lagi di klep out sehingga tidak dapat menabrak klep.

3. Pengapian

Pada sepeda motor bebek terbaik di Indonesia terdapat pengapian yang sudah ditentukan oleh pabrikannya, begitu juga dengan motor jupiter z. Anda bisa membuat motor anda lebih kencang dengan hanya mengganti CDI yang berstandar CDI racing. Namun bagi anda yang tidak ingin mengganti CDI-nya, anda dapat mengakali dengan menggeser pengapian. Maksudnya anda harus melepas suatu bagian magnetnya dan menggeser suatu bagian pulser, caranya anda harus mencoak lubang kedudukan pulser, tapi anda harus ingat bahwa cara melakukannya jangan sembarangan.

4. Noken As

Cara yang berikutnya untuk membuat motor Jupiter Z anda lebih kencang adalah Noken As, ini merupakan salah satu komponen yang harus dibuat berubah atau perombakan. Memang setiap mekanik motor racing memiliki hitungan serta desain yang berbeda dari motor lainnya. Anda dapat menggantikan Noken As dengan Noken As racing agar motor Jupiter Z anda bisa lari lebih kencang dari sebelumnya.

5. Sistem Pembuangan Atau Knalpot

Knalpot juga salah satu komponen yang harus diperhatikan ketika anda ingin membuat motor Jupiter Z terasa lebih kencang dari sebelumnya. Pada poin ini anda tidak boleh terlewatkan ketika anda ingin membuat motor Jupiter Z bisa lari kencang. Ini dikarenakan knalpot sangat berpengaruh pada mesin motor Jupiter Z yang dimiliki oleh anda.

Mungkin anda bisa mengganti knalpot standar menjadi knalpot racing pada motor Jupiter Z yang dimiliki oleh anda. Selain itu, ketika kita mengganti knalpot standar menjadi knalpot racing pada motor Jupiter Z yang dimiliki oleh kita, ini juga akan membuat motor Jupiter kita akan terlihat lebih keren dan sangat menarik bagi kita semua.

6. Porting Polish

Pada poin ini anda hanya cukup menggunakan salah satu komponen bor tuner dan porting blok harus dibuat lagi dengan anda harus melakukan pembesaran lubang di porting dengan bagian dalam berukuran 20 mm dan pada bagian luar berukuran sekitaran 19 mm. Di bagian porting dari luar anda harus membuat knalpot lebih halus hingga licin agar gas yang akan dikeluarkan bisa lebih cepat keluar Dengan demikian ini akan membuat motor Jupiter Z yang dimiliki oleh, yang pastinya bisa menambah kecepatan atau bisa lari lebih kencang dari pada yang sebelumnya.

7. Cylinder Head

Nah untuk cara terakhir agar motor anda dapat meningkatkan motor Jupiter Z lebih kencang, anda hanya cukup melakukan papas di cylinder head-nya kurang lebih 0,5 mm. Bahkan pada area head harus berukuran yang sama seperti pada piston, selain itu anda harus menggunakan klep pada TDR racing dengan ukuran 27 mm in dan 23 mm ex. Dengan demikian motor Jupiter Z yang dimiliki oleh anda, yang pastinya dapat menambahkan atau meningkatkan kecepatan pada motor Jupiter Z yang dimiliki ileh anda.

Jadi kesimpulan dari pembahasan kita mengenai cara agar motor Jupiter Z bisa lari lebih kencang, mungkin cara untuk memodifikasinya juga berbeda, sehingga ini akan membuat anda agak lebih bingung untuk memodifikasi motor Jupiter Z anda. Apalagi anda yang ingin membuat motor anda lebih terasa kencang dari sebelumnya.

Cara-cara yang diatas adalah cara terbaik untuk anda yang ingin membuat motor anda terasa lebih kencang. Tapi yang perlu diingatkan, cara membongkar atau melepas serta mengganti, pastikan anda telah mengetahui betul dengan komponen-komponen yang akan diganti atau di modifikasi, sehingga tidak terjadi kerusakan pada komponen lainnya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Yamaha

Leave a Reply