Sponsors Link

8 Tips Modifikasi Motor Matic Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Sepeda motor menjadi jenis kendaraan yang sampai saat ini terus memiliki peminat yang sangat banyak. Sebagai pilihan kendaraan paling populer, produsen sepeda motor terus berinovasi untuk dapat menhadikan jenis sepeda motor di seluruh dunia yang memiliki fitur dan teknolog terbarukan untuk lebih membantu memberikan manfaat bagi pengendaranya. Diantara beberapa jenis sepeda motor di seluruh dunia yang saat ini terus dikembangkan, motor matic merupakan pilihan yang populer.

Beberapa kelebihan sepeda motor matic menjadikannya sebagai salah satu kendaraan yang dirasa paling mampu mewujudkan banyak kebutuhan oleh masyarakat. Sepeda motor matic dengan mesinnya yang digunakan tanpa harus mengganti gigi untuk menambah kecepatan sangatlah praktis dan efisien menurut banyak orang dengan tipikal jalanan kota yang macet. Sepeda motor matic jauh lebih mudah dikendalikan dengan kondisi sekarang sudah sangat irit seperti motor manual merupakan salah satu kelebihan dari jenis motor tersebut, Kelebihan tersebut menjadikan alasan motor matic yang nyaman dikendarai.

Beberapa orang yang memilih sebagai sepeda motor sebagai kendaraan bukan hanya sekedar kelebihan yang disebutkan diatas namun juga karena kemudahan dalam memodifikasinya. Modifikasi sebagai salah satu bentuk hobi tersendiri bagi beberapa orang untuk merubah sepeda motor yang standar menjadi lebih menarik dan beda. Dalam proses modifikasi termasuk pada sepeda motor matic tentu ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Berikut ini beberapa tips modifikasi motor matic dalam ulasan di bawah ini.

Sebelum membahas lebih jauh terkait cara untuk melakukan modifikasi motor matic agar lebih kencang, perlu diperhatikan terlebih dahulu apa yang dimaksud modifikasi tersebut dan jenisnya. Modifikasi sepeda motor secara definisi merupakan proses mengubah motor dalam kondisi standar pabrik menjadi bentuk atau kondisi yang disesuaikan keinginan individu masing masing. Dalam proses modifikasi sepeda motor matic, ada dua hal yang dapat dilakukan yakni diantaranya seperti :

  • Modifikasi bentuk atau design

Jenis modifikasi pada sepeda motor matic yang pertama adalah modifikasi design dimana motor yang memiliki bentuk, design, dan warna sama dari pabrik diubah sesuai dengan kondisi yang diharapkan jauh lebih baik sehingga berbeda dengan sepeda motor lainnya meskipun sejenis merek dan tipe. Dalam proses modifikasi design atau bentuk tersebut, ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan dengan baik oleh setiap pemiki sepeda motor diantaranya seperti :

  1. Jangan gunakan part asli dari pabrikan

Dalam proses modifikasi sebaiknya tidak menggunakan part asli dari pabrikan untuk merubahnya secara ekstrim seperti memotong atau mewarnai. Gunakan part khusus variasi yang karena harga dari part asli lebih mahal ketika nanti ada keinginan untuk mengembalikan motor modifikasi kembali seperti semula. Spart part body asli yang masih original sebaiknya disimpan.

  1. Pilihlah tema yang menarik

Dalam proses modifikasi, kebanyakan dari kita pasti akan melakukannya secara perlahan lahan karena keterbatasan dana yang dimiliki. Pemilihan tema yang menarik sebaiknya diperhatikan sejak awal proses modifikasi dan terus berlanjut sampai bentuk motor yang diharapkan terwujud.

  1. Pilih tempat modifikasi yang mumpuni

Beberapa proses modifikasi mungkin dapat dilakukan sendiri namun untuk perubahan besar biasanya membutuhkan vendor untuk melakukannnya. Agar mendapatkan hasil memuaskan maka pilhlah tempat modifikasi yang mumpuni dan sudah memiliki pengalaman terutama untuk jenis motor matic.

  1. Pastikan motor tetap dapat berfungsi sebagaimana mestinya

Hal lain yang juga harus dipastikan dalam proses modifikasi bentuk, design, maupun warna dari sepeda motor matic adalah fungsi dari motor yang tetap dapat digunakan sebagaimana mestinya. Meskipun motor contest sekalipun, setidaknya dengan bentuk yang aneh motor tetap mampu berfungsi atau dikendarai.

  • Modifikasi mesin

Selain modifikasi bentuk, design, dan warna dari sepeda motor diatas, perubahan pada mesin juga kerap dilakukan untuk membantu menjadikan motor memiliki performa yang lebih baik. Dalam proses modifikasi mesin tersebut, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam ulasan di bawah ini sehingga cara modifikasi motor yang aman tetap terjaga.

  1. Jangan membongkar mesin

Memodifikasi motor hingga ke dalam dapur pacunya secara langsung atau membongkar keseluruhan mesin tentu menjadi hal yang beresiko tinggi terhadap rusaknya mesin secara keseluruhan ketika proses perubahan tersebut tidak dilakukan sesuai dengan harapan. Modifikasi mesin sebaiknya mempertahankan keamanan penggunaan juga dan tepat mempertahankan fungsi dari setiap mesin yang ada.

  1. Mengganti komponen mesin

Dalam proses modifikasi mesin sepeda motor matic lainya, sebaiknya langsung mengganti komponen mesin motor yang baru ketimbang harus memodifikasinya menjadi sesuai keinginan. Sekarang ini banyak sekali tersedia komponen aksesoris yang memang diperuntukan untuk dapat menjadikan mesin sepeda motor matic memiliki performa yang lebih baik.

  1. Pastikan mesin memiliki tingkat keamanan yang cukup

Memodifikasi mesin yang sudah standar tentu harus memperhatikan tingkat keamanan dari mesin termasuk pengendara yang nantinya mengendarai sepeda motor tersebut. Dengan kondisi performa yang lebih baik dapat membantu menjadikan motor bisa dipacu lebih kencang. Meskipun sudah memiliki performa yang baik, motor harus tetap diperhatikan keamanannya.

  1. Lakukan modifikasi dengan mekanik yang tepat

Proses modifikasi mesin sebaiknya tidak dilakukan sendiri terutama ketika belum memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup untuk merubah komponen mesin sepeda motor. Agar motor yang dimodifikasi mampu memberikan performa yang baik dan tidak malah menjadi rusak maka sebaiknya lakukan modifikasi motor matic dengan mekanik yang sudah berpengalaman.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dengan baik dalam tips modifikasi motor matic agar tidak mendapatkan kondisi yang buruk pada performa maupun motor secara keseluruhan. Proses modifikasi motor sampai sekarang masih menjadi tren yang baik di kalangan para pencinta motor bahkan dilombakan secara nasional.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply