Sponsors Link

10 Tips Mengendarai Motor Matic di Jalan Raya Bagi Pemula

Sponsors Link

Memang pada umumnya banyak yang menyediakan sepeda motor matic terbaik di Indonesia. Bahkan pada setiap komponen-komponen dari merek motor tersebut memiliki perbedaan. Mengendarai motor matic dijalan raya harus memerlukan skil-skil tertentu, apalagi anda seorang pemula. Sebelum mengendarai pastikan aturan-aturan rambu lalu lintas sudah diketahui terlebih dahulu.

Selain itu anda juga harus memperhatikan komponen-komponen motor matic sehingga anda bisa mengendarai motor lebih nyaman pada saat melakukan perjalanan. Bagi anda yang masih pemula ketika ingin mengendarai motor matik di jalan raya, ada beberapa tips yang harus diketahui oleh anda. Dengan demikian anda akan merasa lebih nyaman dan aman dalam perjalanan.

1. Kondisi Motor

Hal yang pertama anda harus perhatikan dengan kondisi motor matic, pastikan kondisi motor anda dalam keadaan baik sebelum berpergian. Mungkin ini juga harus merawat motor matic motor yang digunakan oleh anda, cara merawat motor matic sangat mudah digunakan. Selain itu anda juga memperhatikan kelengkapan surat-surat pada saat ingin berpergian, seperti SIM dan STNK, hal ini anda jangan sampai dilupa ketika mau berpergian.

Memang pada umumnya kita harus merawat motor matic, apalagi anda ingin berpergian. Nah kami sarankan anda memilih motor matic yang nyaman dikendarai. Dengan demikian perjalanan anda dengan motor matic akan terasa nyaman, apalagi anda adalah seorang pemula.

2. Kondisi Pengguna

Nah ketika anda sudah memperhatikan kondisi motor matic yang baik dan benar, anda juga harus memperhatikan kondisi fisik anda. Pastikan sebelum bepergian kondisi anda dalam keadaan sehat atau tidak, jangan selalu untuk memaksakan tubuh ketika masih melemah.

Ketika anda dalam kondisi ngantuk atau sakit, usahakan anda jangan dulu untuk melakukan perjalanan. Memang kondisi yang seperti ini kita harus memperhatikan sehingga tidak membahayakan keselamatan anda. Terutama anda yang sedang melakukan perjalanan yang jauh.

3. Kondisi Jalan

Mengendarai motor matic bisa dibilang gampang-gampang susah, apalagi anda yang baru belajar motor matic (pemula). Maka dari itu anda harus memperhatikan beberapa hal ketika ingin berpergian, salah satunya kondisi jalanan. Ketika anda sedang dalam perjalanan yang tanjakan usahakan anda jangan terlalu dalam menarik gasnya pada saat baru menanjak.

Anda bisa lakukan dengan cara menarik gasnya yang sedang saja ketika baru menanjak dan pada saat motor matic membutuhkan tenaga dalam tanjakan, barulah anda menambah tekanan pada gasnya lebih dalam. Begitu juga sebaliknya pada saat dalam jalanan yang curam, pastikan anda sedang menurunkan tekanan gas sambil memakai REM dengan kondisi yang tenang. Selalu gunakan REM pada kondisi yang tepat dan selalu penuh pengamatan. Banyak pengguna pemula yang kesulitan ketika mengendarai motor matic dengan kondisi jalanan yang curam.

4. Duduk dengan Santai

Duduk dengan santai dan rileks sambil berposisi tangan yang senyaman-nyamannya pada tuas gas dan setang merupakan salah satu hal yang tepat sehingga bisa mengendarai motor matic yang baik dan benar. Posisi dengan berkendara motor bisa mempengaruh kita pada saat dalam perjalanan.

Nah bagi anda seorang pemula, apalagi anda sebagai pengguna motor wanita, alangkah baiknya anda memilih motor untuk wanita pemula. Jangan anda menggunakan motor kalau tidak sesuai dengan keperluan kita apalagi posisi duduknya tidak sesuai. Mungkin tumpuan kaki terlalu jinjit dengan begitu ini akan berbahaya bagi anda yang ingin berhenti dengan kondisi jalan yang tidak rata.

5. Nyalakan Motor Matic

Mungkin motor matic memiliki perbedaan pada saat melakukan cara menyalakan motor bebek maupun kopling. Caranya anda dapat melakukan dengan cara on kan kunci pada motor dan kemudian anda harus menekan elektrik starter dan meremas tuas remnya.

Apabila motor matic anda tidak bisa menyala anda dapat berusaha memegang suatu gas secara lembut pada saat melakukan starter. Jangan anda menarik gasnya dengan kencang secara tidak sengaja, mungkin ini akan mengakibat hal yang fatal.

6. Tarikan Gas

Perlu diketahui kalau tarikkan gas pada motor sangat berbeda, apalagi anda menggunakan motor matic. Ketika anda sedang memakai motor matic dengan 110 cc dan kemudian anda beralih pada motor yang memiliki 150 cc, dengan begitu ini akan membuat motor matic terlihat angat berbeda.

Itulah sebabnya anda harus harus memiliki kemampuan ketika sedang menggunakan motor matic yang berbeda terutama pada tarikan gasnya. Bagi anda yang masih pemula lebih baik belajar terlebih dahulu cara mengendarai motor maticnya.

7. Handle Gas

Dalam poin ini anda sangat wajib untuk menguasai handle gas pada motor matic. Sudah banyak yang menganggap kalau mengendarai motor tangan kita harus memegang handle gasnya dengan cara jari yang telah berada pada bagian rem. Hal yang seperti ini kita akan lebih merespon ketika melakukan pengereman sehingga bisa tepat dengan kondisi apapun.

Akan tetapi hal yang seperti ini tak selalu benar. Ini dikarenakan ada yang beranggap kalau hal yang benar ketika tangan kita sepenuhnya berada di handle gas sehingga dapat membuat handling motor matic menjadi lebih baik. Selain itu secara otomatisnya setiap pengguna dapat mengurangi tarikan gasnya dan dapat melakukan pengereman yang baik dan benar.

8. Rem

Rem merupakan salah satu hal yang terpenting disemua kendaraan yang ada diseluruh dunia, apalagi untuk menjaga keselamatan kita. Maka dari itu anda harus merawat agar tidak blong, karena motor yang terdapat remnya blong ini akan sangat berbahaya bagi keselamatan kita.

Ada beberapa hal untuk cara mengatasi rem motor blong saat berkendara dengan anda melakukan cara mengatasinya dijamin rem pada motor anda tidak akan blong lagi. Anda juga harus memperhatikan ganda pada rem, seperti rem belakang dan rem depan.

Usahakan ketika anda sedang melakukan pastikan anda meremas kedua rem tersebut. Dengan demikian anada akan mendapatkan pengereman yang maksimal. Bahkan anda juga harus menggunakan insting yang sangat tepat, sehingga hasil pengeremannya lebih maksimal.

9. Membiasakan Diri Ketika Menggunakan Motor Matic

Selalu membiasakan diri ketika anda menggunakan motor matic sehingga anda akan mendapatkan feel yang lebih tepat pada saat berkendara. Setiap kendaraan memiliki sebuah performa yang menarik dan yang pastinya berbeda dengan kendaraan bermotor lainnya. Ketika anda sedang memilih motor matic disertai merek yang sama, tetap saja memiliki perbedaan terhadap aklerasi dan performa.

Oleh karena itu anda harus untuk membiasakan diri ketika mengendarai motor matic. Selain itu anda juga harus memahami semua jenis fitur-fitur yang dimiliki oleh kendaraan tersebut. Dimana pada setiap motor terdapat fitur yang berbeda seperti ISS atau Idling Stop System.

10. Tetap Tenang dan Patuhi Rambu Lalu Lintas

Berkendara dengan kondisi yang tenang dan memperhatikan kondisi ini merupakan salah satu langkah yang terbaik sebelum kita mengendarai motor. Bahkan hal yang seperti ini akan membuat kondisi dalam berpergian bisa terlihat lebih tenang. Bagi anda yang masih belajar, usahakan anda jangan terlalu PD atau percaya diri ketika mengendarai motor matic.

Mematuhi peraturan lalu lintas yang ada di jalan, dengan demikian anda bisa menyelamatkan banyak orang. Ini juga merupakan hal yang sama ketika melakukan perawatan dan menjaga motor matic. Jika anda sudah merasa waktu yang harus menggunakan SIM, langsung saja dibuatnya.

Dengan melalui pembahasan kita kali ini mengenai tips mengendarai motor matic di jalan raya bagi pemula”. Semoga apa yang sudah dibaca oleh anda bisa bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply