Sponsors Link

6 Tips Mencegah Motor Agar Tidak Turun Mesin yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Motor merupakan kendaraan yang amat sangat penting bagi beberapa orang yang terbiasa melakukan kegiatan dengan menggunakan motor. Baik itu untuk pulang pergi ke tempat kerja atau memang kerjanya menggunakan motor setiap hari. Karena motor sangat berguna bagi kegiatan sehari-hari, maka stamina motor harus benar-benar dijaga jangan sampai bermasalah yang akan mengganggu kegiatan rutinitas pengendara motor itu sendiri.

ads

Pemilik atau pengendara motor harus tau keadaan motor yang dikendarai dan harus tau juga perawatan mesin perlu dilakukan agar motor tidak turun mesin. Berikut ini adalah tips mencegah motor agar tidak turun mesin :

1. Tips Ganti Oli Untuk Sepeda Motor Baru

Tips mencegah motor agar tidak turun mesin yang pertama ialah ganti oli. Tips mengganti oli yang perlu dilakukan pada motor yang masih baru yaitu pada 500 km, kedua yaitu pada 1000 km, dan yang ketiga pada 2000 km. Tips ini dimaksudkan untuk mengecek keadaan motor baru apakah ada masalah atau tidak karena mesin motor baru memerlukan penyesuaian gesekan dengan komponen lain.

2. Tepat Waktu Ganti Oli

Anda harus tau standar kekentalan oli motor anda sewaktu penggantian oli. Tau kapan saat yang tepat untuk mengganti oli, yaitu pada 2500 km hingga 3.500 km. Jika terlambat mengganti oli dan telah melebihi batas kilomeret pemakaian maka akan berdampak tidak baik bagi mesin motor.

3. Melakukan Tune Up atau Servis Ringan yang Rutin

Rutin melakukan tune up atau servis ringan bertujuan untuk mengetahui adanya komponen motor yang rusak atau aus ringan. Buruknya kinerja mesin motor salah satunya dikarenakan jarang tun up atau servis motor ke bengkel. Tune up itu pemeriksaan, penyetelan, pengukuran, perawatan hingga penggantian komponen pada bagian mesin yang bertujuan untuk memaksimalkan performa mesin.

4. Membawa Muatan yang Wajar dan Jangan Menggeber Mesin

Tips mencegah motor agar tidak turun mesin selanjutnya yaitu motor membawa beban yang wajar-wajar saja jangan terlalu berat misalnya tidak membonceng 2 orang sekali gus atau lebih. Gas motor ditarik pelan-pelan, jangan terlalu menggeber motor untuk mencapai kecepatan maksimal. mesin motor bunyi klotok bisa saja anda alami dan membahayakan anda sendiri jika kebiasaan menggeber anda lakukan secara terus menerus.

5. Memperhatikan Kondisi Kenalpot

Tips mencegah motor agar tidak turun mesin berikutnya ialah memperhatikan kondisi kenalpot. Kondisi kenalpot juga mempengaruhi kinerja motor anda, maka anda harus merawat kenalpot mesin anda. Dengan menuangkan sedikit oli ke kenalpot supaya kenalpot orisinil pabrikan tidak mudah keropos dan tahan lama. Namun jika anda kurang memperhatikannya, mungkin saja penyebab oli keluar dari knalpot motor bisa saja tejadi pada motor anda sobat.

Sponsors Link

6. Rajin Membersihkan Motor

Mencuci motor secara rutin bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel di kendaraan motor anda yang dapat membuat kendraan motor anda menjadi berkarat dan keropos dibeberapa bagian apalagi pas musim hujan. Jika motor dibiarkan kotor dalam waktu yang lama, akan berimbas pada keadaan mesin motor anda. Dalam upaya menjaga kebersihan motor, maka anda wajib mencoba cara membersihkan mesin motor yang baik, cara membersihkan busi motor dan cara – cara lainnya agar motor tetap awet ya sobat.

Jaga kendaraan anda jangan sampai turun mesin, karena jika sudah demikian biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Lebih baik menjaga kendaraan anda dari awal, dari pada turun mesin dikemudian hari malah lebih merugikan.

Itulah beberapa tips yang dapat kita bahas hari ini mengenai tips mencegah motor agar tidak turun mesin. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung dan membaca ya sobat. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply