Sponsors Link

3 Tips Memilih Ban Motor untuk Jalanan Indonesia yang Tak Selalu Mulus

Sponsors Link

Setiap kendaraan, baik itu kendaraan roda dua ataupun lebih tentunya dan pastinya memiliki salah satu komponen yang sangat penting untuk mendukung performa dari kendaraan tersebut. Apabila terdapat sesuatu masalah pada komponen yang satu ini, maka bukan hanya kendaraan anda saja yang tidak berfungsi secara maksimal , namun juga hal ini akan berpengaruh terhadap keamanan dan keselamatan pengendaraan anda. Selain itu demi keselamatan berkendara, anda wajib mengetahui jenis jenis velg motor agar tidak salah pilih.

ads

Hal ini bukan tidak berasalan ya sobat, namun karena ban ini tergolong erat kaitannya dengan sistem keamanan dan keselamatan pengendaraan anda. Untuk ulasan selengkapnya, berikut ini adalah beberapa jenis peranan atau fungsi dari ban tersebut terhadap kendaraan anda, diantaranya :

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk  menahan beban kendaraan anda.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk peredaman pada motor anda ketika melewati jalanan yang tidak rata.
  •  Sebagai komponen yang berfungsi untuk meneruskan tenaga dari komponen mesin motor.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk  menentukan kontrol kemudi pada kendaraan anda.

Itulah sobat beberapa fungsi dari ban tersebut terhadap kendaraan anda. Oleh karena fungsinya yang sangat penting tersebut sobat, oleh karenanya penting bagi anda untuk memilih jenis ban yang akan anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalanan yang anda lewati setiap harinya.

Karena ban ini juga termasuk ke dalam salah satu komponen “ fast moving “ pada kendaraan anda, oleh karena fungsinya yang sangat vital tersebut. Untuk ulasan slengkapnya, mengenai tips memilih ban kendaraa tersebut sobat, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini, mengenai tips memilih ban motor untuk jalanan Indonesia yang tak selalu mulus. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

1. Gunakan Ban Kering dan Basah

Tips yang pertama adalah anda bisa memilih jenis ban kering dan juga basah. Ban yang satu ini cocok anda gunakan untuk kondisi jalanan yang kering maupun basah. Apabila pada saat musim hujan dan kondisi jalanan pun berlobang, atau mungkin pada saat kemarau jalanan gersang dan banyak yang retak, ban yang satu inipun cocok untuk anda gunakan.

2. Pilih Motif Ukuran yang Tebal

Tips yang kedua adalah pilihlah jenis ban yang ukuran motifnya tebal. Pada umunya ban memiliki berbagai motif yang berbeda, dan salah satunya adalah ban yang memiliki motif yang ukurannya tebal. Motif ban yang terbal ini akan berfungsi untuk memperkuat daya cengkram ban tersebut pada saat anda melewati jalanan yang berlubang. Untuk itulah, pilihlah jenis ban yang memiliki motif tebal tersebut.

3. Gunakan Profil Kembangan Kotak – Kotak

Tips yang ketiga adalah gunakanlah profil ban yang memiliki motif kotak –  kotak. Motif ban seperti ini akan sangat membantu anda pada saat anda melewati jalanan yang basah atau berlumpur, karena motif kotak –  kotak ini memiliki daya cengkram yang kuat.

Sponsors Link

Sekian informasi yang bisa penulis share buat sobat semua pada postingan kali ini. Penulis berharap semoag postingan tersebut bisa menjadi refrensi buat anda sobat bikers. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Sampai jumpa, salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply