Sponsors Link

15 Tips Membuat Motor Kencang Dengan Biaya Murah Super Ampuh

Sponsors Link

Menaiki motor untuk aktivitas sehari-hari tentunya menjadi salah satu kebanggaan terutama bagi Anda yang masih remaja dan pemuda. Pada umumnya muda-mudi yang masih seusia anak SMA dan kuliahan ini sangat hobi dengan dunia modifikasi motor.  Namun bagi Anda yang sudah berusia pun tidak tertutup kemungkinan untuk ikut meramaikan dunia modifikasi motor ini. (Baca juga: Cara memperbaiki aki kering motor)

ads

Kebanyakan dari anak motor membawa motor mereka ke bengkel adalah untuk dimiodifikasi baik bentuk, penampilan maupun kinerjanya. Jika Anda berada di jalan raya, Anda akan melihat banyak sekali modifikasi bentuk motor yang bisa Anda temui. Mulai dari penambahan aksesoris sampai mengubah cat dasarnya sehingga terkesan lebih “laki”.

Di samping itu, untuk membuat motor Anda lebih “laki”, Anda tentu tidak akan lupa untuk memodifikasi agar motor Anda bisa melaju kencang di jalanan. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat motor kesayangan Anda bisa melaju kencang di jalanan. Meskipun motor Anda nantinya bisa melaju dengan kencang, dianjurkan bagi Anda untuk tidak kebut-kebutan di jalan. Oke, mari kita simak tips-tips berikut ini.

Tips Membuat Motor Kencang Dengan Biaya Murah

1. Memodifikasi Piston

Bagi Anda yang sudah terjun di dunia otomotif tentu tidak asing dengan istilah yang satu ini. Piston merupakan bagian pada motor yang mempunyai fungsi utama untuk mengendalikan tenaga mesin motor Anda. Untuk mendapatkan performa optimal dari motor, Anda bisa melakukan sedikit modifikasi pada piston motor Anda. Dengan memperpendek piston dan memperbesar diameter piston, maka motor kesayangan Anda dijamin akan mendapatkan tenaga yang lebih besar. Hasil akhirnya adalah kecepatan motor Anda akan semakin meningkat. (Baca juga: Cara menghilangkan baret motor)

2. Memodifikasi Ruang Pembakaran

Ruang pembakaran mempunyai fungsi tinggi dalam meningkatkan kecepatan motor kesayangan Anda. Pada bagian ini bahan bakar yang masuk akan dilakukan pembakaran untuk dikonversi menjadi tenaga dorong. Anda bisa melakukan modifikasi pada ruang pembakaran ini untuk mendapatkan motor kencang versi Anda sendiri. Caranya adalah dengan memperkecil ruang pembakaran sehingga tekanan yang dihasilkan menjadi lebih besar. Jika tekanan yang dihasilkan menjadi lebih besar, sudah tentu Anda akan mendapatkan motor kencang impian Anda. (Baca juga: Kelebihan dan kekurangan motor China)

3. Memodifikasi Lubang Pembilasan

Tips Membuat Motor Kencang Dengan Biaya Murah Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memodifikasi lubang pembilasan atau lubang pemasukan. Bagian ini merupakan tempat penampungan campuran gas dari bahan bakar dan udara. Semakin banyak gas bahan bakar dan udara yang masuk pada bagian ini, maka tingkat kompresibilitas gas akan semaking tinggi. Tingkat kompresibilitas yang tinggi ini akan menyebabkan pembakaran semakin optimal. Pembakaran yang optimal akan berpengaruh pada kecepatan pacu motor Anda. Dengan mengubah ukuran lubang pembilasan maka Anda akan dapat mengoptimalkan kecepatan motor Anda. Namun sebaiknya Anda melakukan modifikasi sesuai batasan agar tidak merusak motor kesayangan Anda. (Baca juga: Kelebihan dan kekurangan motor nmax)

4. Memodifikasi Pengapian Motor

Pengapian pada motor juga merupakan salah satu hal penting yang bisa Anda lakukan untuk membuat motor Anda kencang. Pada umumnya voltase pada pengapian motor hanya sebesar 6 volt saja. Untuk bisa membuat motor Anda menjadi motor cepat, Anda harus memodifiasi pengapian pada motor hingga mencapai voltasi 12 volt. Dengan begitu percikan bunga api dari busi akan lebih besar dan motor akan melaju semakin cepat. Selain mempercepat laju motor, dengan meningkatkan voltase ini maka lampu pada motor Anda pun akan bisa menyala lebih terang dari sebelumnya. (Baca juga: Motor kurang tenaga)

Sponsors Link

5. Memodifikasi Rocker Arm

Tips selanjutnya adalah dengan memodifikasi rocker arm. Bagian ini biasa juga disebut sebagai lengan penumbuk katup dan berfungsi untuk meneruskan gerakan dari batang penekan dengan jalan membuka dan menutup. Mengganti rocker arm dengan spesifikasi ringan dan kuat akan menambah kecepatan motor Anda. Namun tidak disarankan memotong rocker arm terlalu banyak karena akan berpotensi merusak mesin motor kesayangan Anda. (Baca juga: Cara menghilangkan karat pada motor)

6. Memodifikasi Roda Gigi

Roda gigi pada motor mengatur banyaknya jumlah putaran yang dikonversi ketika kita memacu motor kita. Untuk meningkatkan laju motor kita maka kita juga bisa melakukan modifikasi pada spare part yang satu ini. Caranya adalah dengan cara memperkecil ukuran roda gigi belakang motor Anda. Dengan begitu maka jumlah perputaran roda akan lebih sedikit dan motor Anda pun bisa melaju dengan lebih kencang. (Baca juga: Kelebihan dan kekurangan motor matic dan bebek)

ads

7. Menjaga Kebersihan Karburator

Tips berikutnya untuk membuat motor Anda menjadi lebih kencang adalah dengan menjaga kebersihan karburator motor Anda. Pada umumnya motor dengan usia 2 tahun atau lebih akan mulai banyak mengendap kotoran di dalam karburatornya. Nah dengan melakukan pembersihan ini maka kinerja pembakaran motor Anda aka lebih optimal dan dipastikan motor Anda bisa melaju lebih kencang. (Baca juga: Daftar harga motor Honda terbaru resmi showroom)

8. Mengganti Oli Mesin

Hal yang satu ini terkesan sepele. Berapa banyak dari Anda yang ketika melakukan service motor secara berkala tapi tidak mengganti oli mesin untuk jangka waktu yang lama. Oli mesin ini berperan sangat penting pada kecepatan motor Anda. Ketika motor melaju maka mesin akan panas. Jika mesin terlalu panas, maka kinerjanya akan menurun di samping adanya kemungkinan mesin akan cepat rusak. Oli mesin berfungsi untuk mendinginkan mesin. Oleh karena itu jika Anda ingin motor Anda melesat kencang, perhatikanlah oli mesin motor Anda. (Baca juga: 5 keunggulan motor Honda)

9. Menjaga Kebersihan Knalpot

Knalpot merupakan jalur yang akan dilalui untuk pembuangan gas hasil pembakaran di dalam mesin motor Anda. Meskipun kecil, knalpot juga memberikan daya doron pada motor Anda. Namun mengganti knalpot tidak berpengaruh signifikan pada kecepatan motor Anda. Namun performa optimal motor Anda akan dipengaruhi oleh kebersihan knalpot motor Anda. Oleh karena itu Anda perlu memberi perhatian khusus pada kebersihan knalpot motor Anda untuk menjaminnya menjadi motor cepat. (Baca juga: Daftar harga motor bebek Honda resmi showroom Honda)

10. Memilih Ukuran Ban

Ukuran ban juga mempengaruhi laju motor Anda di jalanan. Semakin besar ban motor Anda, maka mesin akan  mengeluarkan tenaga ekstra untuk melarikan motor Anda. Untuk meningkatkan kecepatan motor, Anda bisa memperkecil ukuran ban motor dengan yang lebih kecil. Namun mengubah ukuran ban ini tidak selayaknya berlebihan karena akan mempengaruhi aspek keamanan dari motor yang Anda gunakan. (Baca juga: Motor bebek Eropa)

11. Mengganti Aki Motor

Aki merupakan bagian yang memberikan suplai kelistrikan pada motor. Listrik yang dihasilkan nantinya akan dijadikan sarana untuk melakukan pembakaran pada mesin motor Anda. Seringkali kita mengabaikan aki ini. Untuk membuat motor Anda menjadi lebih kecang, Anda harus memastikan aki motor Anda masih bisa bekerja dengan baik. (Baca juga: Cara membuat alarm motor)

12. Mengganti CDI Motor

Tips berikutnya untuk memodifikasi motor Anda agar bisa melaju lebih kencang adalah dengan mengganti Capacitor Discharge Ignition (CDI) pada motor Anda. CDI ini berfungsi untuk menghasilkan teganganan tinggi pada koil pengapian mesin motor. Dengan mengganti CDI standar pada motor Anda dengan CDI motor racing maka dijamin motor Anda akan berubah menjadi motor balap yang bisa melaju kencang di jalanan. (Baca juga: Cara mengecat motor)

13. Memodifikasi Noken As

Noken As atau dalam dunia mekanik sering disebut sebagai Campsaft ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya bahan bakar yang digunakan untuk pembakaran. Dengan memotong bagian dari camp, Anda akan membuat motor Anda bisa melaju dengan kencang. Tapi Anda perlu berhati-hati dalam melakukan modifikasi ini karena kalau tidak sesuai, maka motor Anda bukan menjadi cepat tetapi malah lemot. (Baca juga: Penyebab motor boros)

Sponsors Link

14. Memodifikasi Gear Ratio

Gear ratio merupakan perbandingan antara gig depan dan gigi belakang motor Anda. Sebagai contoh gigi depan memiliki 13 mata dan gigi belakang memiliki 39 mata. Maka perbandingan gigi (gear ratio) motor Anda adalah 3. Semakin kecil gear ratio motor Anda, maka semakin tinggi kecepatan motor kesayangan Anda dan akan bisa melewat dengan cepat. (Baca juga: Motor cepat panas)

15. Menggunakan Bahan Bakar Kualitas Tinggi

Kita tentu sudah tidak asing dengan istilah oktan pada bahan bakar. Semakin tinggi bilangan oktan pada bahan bakar yang kita gunakan maka hasil pembakaran bahan bakar tersebut di dalam mesin akan lebih optimal. Jika pembakaran optimal maka motor Anda akan bisa melaju dengan kencang. Saat ini di negara kita bahan bakar dengan nilai oktan tinggi adalah pertamax dan pertamax plus. Oleh karena itu jika Anda ingin meningkatkan kecepatan motor Anda, disarankan Anda menggunakan bahan bakar tersebut. (Baca juga: Motor yang enak buat boncengan)

Demikian tadi adalah Tips Membuat Motor Kencang Dengan Biaya Murah. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda dalam dunia otomotif. Dan pastikan Anda selalu mengutamakan keamaanan dalam berkendara. (Baca juga: Pilih motor matic atau manual)

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 18th, September 2017 / 07:42 Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published.