Sponsors Link

Tips Membersihkan Piston Kaliper Rem Yamaha NMax, Begini Penjelasannya

Sponsors Link

Setiap komponen yang terdapat pada kendaraan sepeda motor kita tentunya memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung performa kendaraan tersebut.

ads

Sebut saja seperti komponen atau piranti piston caliper yang terdapat dalam kendaraan anda. Adapun fungsi dari komponen yang satu ini merupakan piranti yang berperan untuk menekan kampas rem secara merata. 

piston motor pada rem cakram ini pada umumnya berbeda dengan piston yang terdapat pada mesin. Dan piranti yang satu ini memiliki bentuk seperti tabung layaknya memang seperti piston.

Oleh karena peranan dan fungsi dari piston caliper dalam motor tersebut sangat penting keberadaannya, maka anda sebagai pemilik kendaraan wajib untuk melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin untuk memastikan komponen tersebut dalam keadaan oke.

Dan salah satu hal yang bisa anda lakukan dalam hal perawatannya adalah dengan membersihkan piston caliper rem  pada motor anda. Jika anda tidak membersihkannya dalam waktu yang lama, maka tentunya akan berpengaruh pada performa kendaraan tersebut secara keseluruhan. piston motor bisa bengkok jika sering menerjang banjir bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Hal seperti ini seringkali terjadi pada mereka pemilik dan atau pengguna motor Yamaha Nmax. Lantas bagaimana cara membersihkan piston caliper tersebut? Berikut ulasannya untuk anda.

Tips Membersihkan Piston Kaliper Rem Yamaha Nmax

Piston caliper yang kotor merupakan salah satu komponen penyebab utama macetnya rem pada kendaraan anda. Oleh karena itu, anda harus melakukan pembersihan secara rutin.

  • Pertama, lepas piston keliper tersebut dari kampas rem  pada motor anda
  • Kedua, setelah anda melepas piston caliper tersebut maka silahkan anda membersihkanya dengan menggunakan krim autosol dan olesi pada semua bagian pistin caliper tersebut. Dan pastikan semua permukannya kena secara menyeluruh
  • Ketiga silahkan  anda menggosok piston caliper tersebut dengan menggunakan kerta amplas yang tidak terlalu kasar. Gosok semua permukaan piston caliper tersebut hingga semua bekas kotorannya hilang. Namun hal yang harus anda perhatikan adalah gosoklah secara perlahan dan melakukan gerakan searah agar tidak terjadi baret pada permukaan piston caliper tersebut.
  • Keempat, setelah selesai dibersihkan dan anda merasa sudah tak ada lagi kotoran yang menempel pada piston caliper tersebut, maka silahkan anda membersihkannya dengan tissue atau kain bersih, sehingga kondisinya benar benar bersih.
  • Kelima, setelah selesai maka silahkan anda memasang kembali piston caliper tersebut pada posisi semula dan pastikan pada saat  pemasangan anda memasangnya dengan cara yang tepat agar tak menimbulkan masalah nantinya.

Itulah sobat beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membersihkan piston caliper pada motor Yamaha Nmax anda. Dan sebagai tambahan informasi untuk anda, pada umumnya piston caliper ini memiliki diameter lebih besar dari piston cakram yang memang meski demikian memiliki peranan dan fungsi yang  tak jauh berbeda.

Sekian ulasan yang bisa penulis sajikan untuk sobat semua pada postingan kali ini. Terima kasih kepada sobat yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca postingan ini.

Sponsors Link

Kenali masalah yang mungkin terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi bagi anda pemilik Yamaha Nmax tersebut. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply