Sponsors Link

4 Tips Berkendara di Jalan yang Banyak Truk Muatan Berat

Sponsors Link

Buat kamu yang menjadi pengguna jalan, baik bermobil pribadi ataupun sepeda motor, sering kali berada di posisi sulit saat menyikapi kemauan bus atau truk di jalan raya. Apalagi banyak sekali pengendara motor atau mobil yang terlibat kecelakaan dengan kendaraan besar seperti bus dan truk bermuatan berat. Kamu malah makin ngeri bahkan sampai jaga jarak nggak mau deket-deket apalagi ketemu.

ads

Nah, biar kamu bisa tetap mengemudi dengan aman, sabar dan bisa mencegah terjadinya kecelakaan, simak yuk tips saat menghadapi banyak truk yang bermuatan berat.

1. Berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Sebelum Berkendara

Keselamatan kita hanya Tuhan yang memberikan. Jika kita ditakdirkan kecelakaan mungkin dengan doa kita Tuhan dapat menghendaki lain dan akhirnya kita selamat di jalan.

2. Cek Persiapan dan Kelengkapan Berkendara

Cek kondisi kesehatan kita apakah cukup layak mengendarai sepeda motor di tempat umum. Hindari membawa motor ketika sedang sakit atau sedang mabuk untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Periksa dan cek pula surat-surat serta kondisi sepeda motor mulai dari rem cakram motor, ban, bahan bakar, lampu sampai ke pakaian kita.

3. Jangan Mengandalkan Insting

Beloklah ketika tidak ada kendaraan lain di belakang atau samping kita yang benar-benar di lihat dengan mata kepala sendiri. Jangan menyalip atau berbelok dengan kecepatan tinggi antara dua kendaraan dengan space yang kecil. Selain itu jangan terlalu pede pada salip menyalip karena kita bisa tertabrak kendaraan dari arah berlawanan jika salah perhitungan. Jangan ambil resiko dengan peluang yang kecil, lebih baik pelan tapi selamat daripada kencang tapi mati.

4. Konsentrasi Penuh

Ketika kita sedang berkendara di jalan raya dan sering sekali bertemu dengan truk yang bermuatan berat, Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengungkapkan, pengemudi kendaraan kecil baiknya selalu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi penuh saat berdekatan dengan kendaraan besar.

“Kalau bisa hindari terlalu dekat dengan kendaraan besar. Baiknya segera mendahului lalu menjauh atau kalau kendaraan besar tersebut melaju kencang, seperti bus malam, biarkan dia lewat,” ucap Sony saat dihubungi beberapa waktu lalu. Melihat kecelakaan yang kerap terjadi biasanya akibat posisi kendaraan kecil yang kebetulan berada di dekat kendaraan besar.

Tanpa melihat kesalahan pengemudi kendaraan besar, pengemudi kendaraan kecil juga h arus melihat kondisi sekeliling kendaraannya. Sony mengungkapkan posisi terbaik dengan kendaraan besar berada di bagian belakang. Bila berada di bagian depan kerap menjadi korban dari ketidak siapan kendaraan besar atau pengemudi kendaraan besar yang ceroboh.

“Berada di belakang juga membuat kita bisa melihat dan menilai kondisi jarak aman. Kadang bus dan truk punya distribusi beban yang tidak merata sehingga rentan rem blong bahkan terguling. Ini yang membuat baiknya kita menghindar bila dekat kendaraan besar,” ucap Sony.

Itulah dia beberapa tips yang mungkin bisa anda ikuti saat berkendara di jalan raya dan bertemu dengan truk bermuatan berat. Semoga bermanfaat. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply