Sponsors Link

Tips Bagi Pemotor Hindari Efek Aquaplaning, Yuk Simak

Sponsors Link

Bagi sobat bikers, pernahkah sobat mengalami sebuah kondisi saat berkendara dimanaban seolah terasa mengambang karena air yang terdapat pada alur tapak ban begitu banyak dan tidak sanggup di buang secara sempurna sehingga ban mengalami kehilangan traksi pada aspal?  

ads

Hal inilah yang disebut dengan aquaplaning atau hydroplaning. Tahukah sobat bikers bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Jika di pikir-pikir, memang hal ini sangat berbahaya jika sampai terjadi pada kendaraan sobat. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai tips bagi pemotor hindari efek aquaplaning.

Perlu sobat ketahui bahwa aquaplaning atau hydroplaning tidak hanya bisa terjadi pada lintasan balap MOTOGP saja, pengendara motor sehari-hari pun kemungkinan bisa mengalaminya. manfaat mengurangi tekanan ban saat musim hujan bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Seperti yang telah di jelaskan oleh instruktur dan founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu dimana kondisi jalan yang basah akan membuat daya cengkramban motor dapat berkurang.

Apalagi jika berkendara dalam kecepatan tinggi, traksi ban dapat menurun secara signifikan. Akibatnya motor bisa kehilangan kendali dan akhirnya terjadi kecelakaan. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai tips bagi pemotor hindari efek aquaplaning, yaitu:

  • Tidak ngebut dan melakukan manuver yang tajam saat melintasi jalan yang basah

Tips bagi pemotor hindari efek aquaplaning yang pertama, yaitu dengan menghindari berkendara dengan kecepatan tinggi atau ngebut saat melintasi jalan yang basah.

Hal ini karena dapat menyebabkan traksi ban dengan aspal terganggu sehingga akan lebih berisiko mengalami aquaplaning atau hydroplaning. Selain itu, sobat juga harus menghindari untuk melakukan manuver-manuver yang tajam dan juga terkesan mendadak, karena hal itu juga dapat mengakibatkan motor selip. cara aman mengatasi ban selip bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

  • Gunakan roda atau ban yang cocok di gunakan saat musim hujan.

Tips bagi pemotor hindari efek aquaplaning yang kedua, yaitu dengan mengganti ban atau roda pada motor sobat dengan ban yang memiliki permukaan yang sesuai saat digunakan di musim hujan atau saat digunakan untuk melewati kondisi jalan yang basah.

Gunakan ban yang bisa memecah air yang berisiko dapat menyebabkan terjadinya aquaplaning atau hydroplaning. Sehingga dengan demikian, sobat dapat lebih aman saat berkendara di saat musim hujan tiba.

Selain itu, saya sarankan sobat selalu melakukan komunikasi dengan pengendara lain dengan menghidupkan tanda seperti lampu meski di siang hari, sehingga pengendara lain yang saat itu mengalami pengurangan visibilitas, mereka dari jauh sudah bisa mendeteksi keberadaan sobat baik saat melakukan pengereman atau saat hendak berbelok.

Nah demikianlah beberapa ulasan mengenai tips bagi pemotor hindari efek aquaplaning yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang saya buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel saya ini. Semoga dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat.

Sponsors Link

Dan semoga melalui artikel ini, juga dapat menambah pengetahuan serta wawasan bagi sobat. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Kenali masalah yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, yaitu pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply