Sponsors Link

4 Tips Atasi Starter Yamaha NMax Macet, Yuk Simak

Sponsors Link

Pada saat kita hendak menyalakan kendaraan roda dua atau motor, tentunya piranti yang berperan khusus untuk menyalakan motor tersebut adalah starter.

Starter pada motor ini sendiri berfungsi untuk memutarkan fly wheel ( poros engkol ) pada saat pertama kali sehingga mesin kendaraan anda dapat hidup dan setelah itu barulah siklus menghasilkan tenaga akan dimulai pada mesin kendaraan anda. 

Dan yang perlu anda ketahui adalah bahwasanya lebih efisien pada saat anda menghidupkan mesin kendaraan anda dengan starter dari pada  dengan tenaga manual, oleh karena  itulah keberadaan dari starter ini sangatlah penting bagi motor anda secara keseluruhan.

Namun hal yang sering menjadi masalah pada starter motor tersebut adalah pada saat  hendak digunakan, maka starter tersebut tiba tiba macet atau ngadat. penyebab electric starter kawasaki ninja 250 fi ngadat bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Hal seperti ini juga sering kali dikeluhkan oleh mereka pengguna motor Yamaha Nmax. Tentu saja hal ini ada penyebabnya, sehingga kita bisa mencari cara untuk mengatasi hal tersebut. Dan berikut ini penulis akan menyajikan ulasan untuk anda mengenai tips atasi starter Yamaha Nmax macet tersebut. Cekidot.

Tips Atasi Starter Yamaha Nmax Macet

Pada umumnya, starter Yamaha Nmax tersebut macet bisa saja dikarenakan hal sepele. Hal sepele tersebut adalah seperti adanya kerak atau kotoran yang terdapat pada bagian tombol electric starter tersebut sehingga tidak dapat mengalirkan arus listrik kebagian relay starter untuk memutar motor starter tersebut. 

Dan kotoran yang menyelinap masuk jika dibiarkan akan menjadi kerak  yang imbasnya starter motor anda akan ngadat alias macet. Lantas bagimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya untuk anda.

1.Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Siapkan obeng, kunci L dan juga amplas. Umumnya peralatan seperti ini  sudah tersedia di dalam jok motor anda. service motor tanpa bongkar mesin bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Lepaskan Baut Bagian Switch

Lepaskan baut bagian switch dengan menggunakan obeng plus. Dan selanjutnya lepas pengunci tali gas dengan menggunakan kunci L3. Dan setelah terlepas, langkah selanjutnya adalah melepas switch dari rumahannya. Dan langkah ini dilakukan agar kita dapat dengan leluasa untuk membersihkan kotoran pada bagian switch tersebut.

3. Lepaskan Bagian Spring

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah lepas bagian spring atau per yang ada pada bagian switch tersebut. Dan dengan terlepasnya per tersebut maka kita bisa melihat kondisi konektor berupa besi bulat mungil dalam kondisi kotor atau berkarat. Sehingga hal inilah yang sering menjadi factor pemicu ngadatnya starter motor Yamaha Nmax tersebut.

4. Bersihkan Bagian Konektor

Selanjutnya, bersihkan bagian konektor yang berkarat. Dan cara membersihkannya cukup  mudah dan tak perlu keterampilan khusus dalam melakukannya. Namun anda membersihkannya cukup dengan  menggunakan amplas halus. 

Bersihkan besi pengantar arus hingga benar benar terbebas dari kotoran maupun kerak. Dan setelah proses pembersihan pada bagian konektor ini selesai, maka  pasang kembali ke tempat semula dan silahkan anda mencoba menyalakan startenya kembali.

Demikian ulasan mengenai tips atasi starter Yamaha Nmax macet tersebut yang  bisa dipraktekkan pada motor anda sendiri saat starternya macet atau mati. Semoga ulasan tersebut bisa brmanfaat untuk anda yang sudah membacanya. Kenali masalah yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply