Sponsors Link

4 Tips Aman Mudik Menggunakan Motor yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Jika libur panjang telah tiba, kira – kira apa yang ada di dalma benak anda sobat? Tentunya yang tidak pernah kita lupakan adalah berbelanja, jalan – jalan, makan bersama, dan yang tidak kalah penting lainnya dan merupakan rutinitas adalah “ mudik “ .  Setuju ya sobat. Ada kebangggan dan kesenangan tersendiri dalam hati pada saat kta kan mudik. Apalagi mudiknya bersama keluarga tercinta, tentunya hal ini akan menambah indahnya moment mudik atau dengan bahasa lainnya “ pulang kampung “.

ads

Ada begitu banyak armada yang bisa kita gunakan pada saat kita akan pulang kampung.  Salah satunya adalah dengan menggunakan motor. Namun ketika anda menggunakan kendaran roda dua ini pada saat pulang kampung, dan juga jarak tempuh adna lumayan jauh maka anda harus mempersiapkan diri anda beserta kendaraan anda sebaik mungkin ya sobat, agar anda tidak menemukan kendala pada saat anda mudik tersebut.

Apakah anda adalah salah satu yang sering mudik menggunakan motor sobat? Jika iya, ada baiknya sobat mengulas artikel kali ini, karena pada kesempatan ini penulis akan memberikan beberapa tips aman mudik mengguakan motor. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikur ini. Adapun tips aman mudik menggunakan motor. Antara lain adalah sebagai berikut :

1. Lakukan Pengecekan Motor

Tips aman mudik menggunakan motor yang pertama adalah anda harus melakukan pengecekan motor anda secara keseluruhan. Baik dari segi komponen mesin motor, ban, body, komponen busi motorkomponen aki motor atau bagian yang lainnya secara keseluruhan. Pastikan kondisi motor anda dalam kondisi prima agar tidak menghambat perjalan mudik anda nantinya. Pastikan juga rem anda berfungsi dengan baik ya sobat.

2. Persiapkan Perlengkapan Berkendara

Tips aman mudik menggunakan motor yang kedua adalah dengan  mempersiapkan perlengkapan berkendara. Salah satu perlengkapan berkendara yang wajib anda gunakan adalah dengan mengguankan helm standar yang sudah ada Standart Nasional Indonesia (SNI) nya ya sobat.

Selain itu patuh aturan, tentunya sobat semua juga sudah mengerti fungsi dari menggunakan hel tersebut, yakni sebagai piranti yang melindugi kepala anda apabila terjadi kecelakaan pada saat anda di dalam perjalanan mudik. Selain itu untuk menghindari dari debu, terpaan angin, atau partikel lain yang mungkin masuk ke kepala anda.

3. Perhatikan Barang Bawaan Anda

Tips yang ketiga adalah perhatikan barang bawan anda. Sebaiknya pada saat anda akan membawa barang bawaan, bawalah secukupnya dan seperlunya. Karena beban atau bawaan yang terlalu banyak akan menguras tenaga anda atau konsentrasi anda apda saat perjalanan.

Selain itu jika membawa barang bawaan yang banyak anda akan kebingungan menempatkan barang bawaan tersebut di motor anda. Untuk itu bawalah yang secukupnya ya sobat. Mengingat bahwa dampak buruk terhadap motor jika beban berlebihan sangat fatal. Belum lagi bahaya mengancam pengendara itu sendiri.

4. Perhatikan Kondisi Fisik Anda

Tips aman mudik menggunakan motor yang keempat adalah perhatikan kondisi fisik anda. Kondisi fisik juga merupakan salah satu hal yang sangat penting. Pastikan kondisi fisik anda sedang “ fit “ ya sobat agar tidak terjadi kendala pada saat perjalanan. Selain itu untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan saat di perjalanan.

Sponsors Link

Sekian informasi mengenai tips aman mudik menggunakan motor yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Sampai jumpadi artikel berikutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis dan salam otomotif.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply