Sponsors Link

6 Merubah Suara Knalpot Standar Menjadi Moge Yang Mudah

Sponsors Link

Sampai saat ini, sepeda motor merupakan jenis kendaraan yang sangat diminati dimasyarakat karena kelebihannya dibandingkan dengan kendaraan lain seperti mobil. Keunggulan sepeda motor dengan harga yang relatif lebih terjangkau, perawatan yang lebih mudah, penggunaan yang tidak terlau ribet dan sangat cepat untuk dipelajari, serta kondisi kemampuan dari sepeda motor yang dapat digunakan di medan dengan kondisi jalan sempit maupun daerah perkotaan yang sangat macet merupakan hal yang menarik dari sepeda motor dibandingkan mobil.

Salah satu hal yang menarik lain dari sepeda motor adalah kemudahan dalam memodifikasinya. Kemudahan memodifikasi ini dikarenakan ukuran motor baik bodi dan mesin yang lebih kecil dan biaya proses modifikasi yang juga lebih murah. Modifikasi sepeda motor dapat dilakukan pada bagian mesin dan komponen terkaitnya untuk menjadikannya sebagai salah satu motor paling kencang dan memiliki performa optimal ataupun merubah tampilan luar dari sepeda motor agar lebih menarik.

Salah satu komponen dari sepeda motor yang kerap dimodifikasi untuk menghasilkan kondisi yang diinginkan adalah knalpot. Fungsi knalpot pada kendaraan bermotor adalah sebagai saluran pembuangan gas sisa proses pembakaran di dalam mesin sepeda motor. Bentuk modifikasi yang diharapkan pada knalpot adalah merubah suara yang dihasilkan oleh knalpot menjadi lebih garah seperti motor moge. Berikut penjelasan mengenai cara merubah suara knalpot standar menjadi mode dalam ulasan di bawah ini.

  1. Jadikan knalpot menjadi free flow

Untuk mendapatkan suara knalpot yang besar seperti knalpot racing dan motor moge maka langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menjadikan knalpot tersebut memiliki aliran udara free flow tanpa penghambat sejak dikeluarkan dari mesin. Untuk mendapatkan aliran free flow maupun semi free flow maka hal yang harus dilakukan adalah menghilangkan semua filter sebagai salah satu dari komponen knalpot motor yang terdapat di dalam knalpot. Meskipun dapat merubah suara menjadi lebih besar, aliran free flow pada knalpot tentu memiliki resiko merusak mesin sehingga wajib diperhatikan.

  1. Menipiskan glasswool di dalam knalpot

Pada bagian dalam knalpot terdapat komponen yang disebut dengan glasswool. Komponen tersebut bertanggung jawab terhadap proses filterasi pada gas buang yang dihasilkan oleh mesin sebelum keluar ke lingkungan sekitar. Komponen glasswool bertanggung jawab untuk menjaga kualitas dari gas buang mesin agar tidak beracun. Mengurangi jumlah glasswool dapat membantu menjadikan suara mesin motor menjadi lebih besar mendekati suara motor moge. Glaswool yang sudah tipis dapat menjadi salah satu penyebab suara knalpot pecah. Meskipun cara merubah suara knalpot standar menjadi moge tersebut sederhana namun perlu diperhatikan efek sampingnya juga.

  1. Gunakan pipa penghubung baru di dalam knalpot

Selain melepas semua bagian filter untuk dapat memperoleh aliran free flow dari knalpot motor maka cara merubah suara knalpot standar menjadi moge lainnya adalah dengan menganti pipa penghubung bagian ujung knalpot dan pangkalnya menggunakan ukuran pipa yang lebih besar. Jika secara normal, ukuran diameter pipa yang sering digunakan pada knalpot standar adalah 1 inchi maka gunakan pipa dengan ukuran yang lebih besar yakni 1,25 inchi agar suara yang dihasilkan lebih besar mendekati suara motor moge.

  1. Lakukan bobok pada knalpot

Cara lain yang dapat dilakukan untuk merubah knalpot standar menjadi mode adalah dengan membobok knalpot. Bobok knalpot tersebut dilakukan dengan cara menghilangkan sekat atau ruang ruang yang ada pada knalpot standar sebagai kondisi yang dapat menghalangi ledakan dari suara motor yang dihasilkan oleh mesin. Membobok knalpot juga dapat menyebabkan efek samping dimana muncul tekanan balik pada mesin yang menyebabkan performa putaran dari mesin menjadi berkurang dan tenaga yang dihasilkan pun tidak maksimal. Proses bobok ini juga merupakan salah satu cara membuat motor rx king kencang suaranya.

Bobok knalpot dibedakan menjadi dua yakni tanpa glasswool dan juga menggunakan glasswool. Suara tanpa glasswool tentu akan lebih keras dibandingkan dengan glasswool tapi efeknya lebih berbahaya. Penggunaan glasswool juga menjadi hal yang harus diperhatikan karena komponen glasswool tersebut harus diganti secara rutin untuk tetap mempertahankan suara dan menjadikan fungsi dari knalpot tetap terjaga dalam menyalurkan gas buang dari mesin sepeda motor.

  1. Menutup moncong knalpot

Cara lain yang juga dapat dilakukan untuk menjadikan knalpot memiliki suara seperti motor moge adalah dengan menutup moncong dari knalpot. Bagian moncong dari knalpot memang akan tertutup keseluruhannya dalam proses ini namun tetap harus ada lubang di bagian tengah knalpot untuk dapat mengeluarkan gas buang dari mesin. Penutupan knalpot sebaiknya dilakukan dengan tidak menutupnya secara sempurna agar udara yang ada tetap dapat keluar.

  1. Menggunakan sound booster

Selain cara cara yang dilakukan diatas yang secara langsung merubah bentuk knalpot standar, menggunakan sound booster menjadi pilihan yang lebih aman tanpa harus merubah kondisi knalpot secara langsung mekipun kelemahannya dari segi biaya yang harus dilakukan. Pemasangan sound booter tersebut juga memiliki keuntungan lain dalam hal menghindari bobok knalpot, modifikasi knalpot langsung, dapat dihidup matikan sesuai kebutuhan, serta mudah dalam pemasangan.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu menjadikan motor dengan knalpot standar memiliki suara moge. Merubah suara knalpot standar menjadi moge memang terkadang dilakukan dengan tujuan memperkecil biaya yang dibutuhkan dibandingkan harus membeli knalpot baru yang jelas dapat memberikan suara knalpot menjadi besar. Cara cara diatas yang disebutkan tentu memiliki resiko yang besar dalam kaitannya dengan kondisi mesin sepeda motor. Meskipun suara menjadi bagus namun ketika mesin motor tidak dirawat lebih rutin lagi maka dapat menjadikan motor malah menjadi rusak dan tidak dapat terpakai.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply