Sponsors Link

Cara Sederhana Merawat Motor Agar Umurnya Panjang

Sponsors Link

Bagi sobat bikers, merawat motor adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan agar motor tetap memiliki performa yang baik dan juga tetap memiliki tampilan yang menawan. Oleh karena itu, sobat harus senantiasa merawat motor kesayangan sobat agar dapat digunakan dalamwaktu yang lama atau awet.

ads

Namun, perlu sobat ketahui bahwa merawat motor tak perlu dengan mengeluarkan biaya yang banyak, cukup melakukan perawatan secara sederhana saja. Bagaimana sih cara sederhana merawat motor agar awet ? berikut adalah informasi mengenai cara sederhana merawat motor agar umurnya panjang.

Perlu sobat ketahui bahwa merawat motor merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh pemiliknya. Karena dengan memalukan ini, akan membuat motor memiliki umur yang lebih panjang. Selain itu, merawat motor juga dapat menghindarkan motor kita dari kerusakan parah yang dapat menguras kantong sobat dan juga merawat motor dengan baik juga dapat meningkatkan kembali harga jual motor.

Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk merawat motor sobat, namun kali ini saya akan memberikan cara-cara yang cukup sederhana dalam merawat motor. Baiklah, langsung saja berikut adalah informasi yang telah berhasil saya rangkum mengenai cara sederhana merawat motor dalam artikel ini. Berikut adalah cara sederhana merawat motor agar umurnya panjang, antara lain :

1. Rajin Melakukan Pergantian Oli

Cara sederhana merawat motor yang pertama yaitu dengan rajin melakukan pergantian oli. Rajin melakukan pergantian oli merupakan salah satu cara merawat motor agar berumur lebih panjang. Hal ini dapat sobat sesuaikan dengan model motor sobat. Kalau motor sobat sering digunakan, maka tak ada salahnya untuk sobat melakukan pergantian oli.

2. Melakukan Pengecekan Kampas Rem, Busi, Aki, dan Filter Udara

Cara sederhana merawat motor yang kedua yaitu dengan melakukan pengecekan pada kampas rem, komponen busi motor, aki dan filter udara. Pastikan kampas rem masih tebal. Jika ketebalannya tidak sampai 2 mm, maka harus diganti. Busi juga harus di cek. Jika kondisi busi kotor dan sudah korosi maka sobat juga harus segera menggantinya. komponen aki motor juga demikian apakah aki mengalami kebocoran, atau terminal aki sudah kotor, jika demikian bersihkan kotoran tersebut agar aki tidak korosi.

3. Cek Tekanan Ban

Cara sederhana merawat motor yang ketiga yaitu dengan mengecek kondisi ban. Cek tekanan ban sebelum melakukan aktivitas untuk memastikan tidak ada lubang, sobek, atau hal lain yang membahayakan saat kita berkendara. Harus diingat tekanan ban juga dipengaruhi oleh suhu dan kondisi jalan. Dengan mengecek secara rutin, bisa membuat motor menjadi lebih awet.

4. Mengecek Rantai Pada Motor

Cara sederhana merawat motor yang keempat yaitu melakukan pengecekan pada rantai-rantai khususnya jika motor sobat masih manual. Perawatan lantai juga bisa dilakukan dengan menambahkan pelumas pada rantai. Menambahkan pelumas dapat dilakukan saat kondisi rantai masih panas akibat baru saja dikendarai agar rantai bisa menyerapnya seiring mesin mendingin.

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai cara sederhana merawat motor agar umurnya panjang. Terima kasih sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan sobat dan juga tentunya dapat memberikan manfaat bagi sobat. Sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply