Sponsors Link

10 Cara Merawat Motor Matic Injeksi agar Selalu Prima dan Awet

Sponsors Link

Memiliki kendaraan motor matic memang menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia untuk zaman sekarag ini. Motor dengan jenis bebek lama kelamaan sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat, kendati pun masih ada yang menggunakannya, tetapi jika dibandingkan pengguna motor matic jauh lebih banyak dibandingkan dengan motor jenis bebek.

ads

Alasannya memang masuk akal, mulai dari cara pengendaraanya yang gampang atau tidak serumit motor bebek yang menggunakan gigi, juga praktis dalam mempelajarinya. Karena hanya dengan modal bisa menyeimbangkan badan dan modal kecakapan memakai rem anda sudah bisa dipastikan bisa mengendarai sepeda motor jenis matic ini ya sobat.

Tapi jangan lupa, ada hal yang tidak kalah penting, yaitu “nyali” untuk mengendarai motor tersebut di jalan raya, yang konon begitu ramai salip menyalip anatara kendaraan yang satu dengan yang lainnya. Tetapi tetap patuhi rambu – rambu lalu lintas ya sobat.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Pilihan motor matic juga akhir – akhir ini lebih banyak yang dipilih matic dengan sistem injeksi. Motor matic injeksi memiliki kelebihan dibandingkan dengan motor matic yang masih menggunakan karburator dalam sistem bahan bakarnya.

Motor matic injeksi sudah memiliki teknologi yang paling mutakhir, yang dirancang khusus untuk menekan pemakaian bahan bakar serta menjaga mesin lebih awet dan berumur panjang dibandingkan dengan motor matic yang menggunakan karburator.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh matic injeksi, mengharuskan kita untuk terus rutin melakukan perawatan. Hal ini bertujuan untuk menjaga performa mesin matic injeksi anda tetap irit, serta dapat melaju sempurna sesuai dengan standarnya. Hal inilah yang sering kita lupakan dan tidak kita perhatikan.

Bagi anda sobat semua yang menggunakan motor matic dengan sistem injeksi, bisa membaca ulasan dibawah ini. Karena dalam artikel ini penulis akan membagikan informasi seputar cara merawat motor matic injeksi. Yuk sobat kita simak bersama, jangan sampai hal ini terlupakan dan terlewatkan ya sobat.

1. Memanaskan Mesin Di Awal Start

Proses memanaskan mesin di pagi haari, ataupun pada saat motor anda akan digunakan, merupakan hal yang sangat penting untuk anda lakukan. Hal ini bertujuan agar proses pembakaran di dalam mesin matic anda sempurna sesaat sebelum anda gunakan. Selain itu hal yang yang sangat penting dari pemanasan ini adalah agar oli melumasi semua bagian mesin matic injeksi anda, selain itu agar temperatur mesin motor tetap stabil.

Caranya ialah dengan melakukan pemanasan mesin motor dengan jarak waktu 5 sampai 10 menit. Caranya bisa dengan melakukan kick starter berulang – ulang dengan keadaan kontak dalam kondisi off. Hal ini berguna untuk membagi oli di dalam mesin anda. Setelah itu hidupkan kembali motor  anda dengan cara memutar kontak ke posisi on sampai mesin hidup. Baca juga mengenai  Baca juga mengenai cara merawat mesin motor matic.

Sponsors Link

2. Mengendarai Motor Dengan Baik

Cara merawat motor matic injeksi selanjutnya ialah berkendara dengan santun. Cara ini sangatlah sering dilupakan oleh pengedara motor, terutama pengendara yang usianya masih  tergolong muda yang suka bawa motor dengan cara ugal – ugalan.

Jangan tiru kebiasaan buruk ini ya sobat apalagi mewariskannya. Sebaiknya berkendara jangan terlalu sering melaju dengan kecepatan tinggi, kemudian mengerem mendadak atau tiba – tiba, kemudian beberapa saat kemudian melaju lagi dengan kecepatan tinggi ataupun sebaliknya.

ads

Jika hal ini sering lakukan maka siap – siapkah untuk secepatnya mengganti motor matic injeksi anda yan sobat, karena hal ini membawa dampak buruk terhadap mesin anda. Sebagai cacatan aja nih sobat, motor matic beda dengan motor manual dalam pemindahan persnelingnya. Jadi gunakan motor matic injeksi anda denagn sewajarnya saja ya sobat agar mesinnya awet. Baca juga mengenai cara merawat body motor matic.

3. Mengganti Oli Mesin Secara Teratur

Cara merawat motor matic injeksi berikutnya ialah rutin mengganti oli. Sebaiknya gantilah oli motor matic injeksi anda secara rutin sesuai dengan buku manual yang anda dapatkan ketika membeli motor tersebut. Penggantian oli mesin yang dianjurkan sebaiknya adalah setiap pemakain 1500 smapai 2000 km pemakaian anda.

Apabila anda mengabaikan langkah – langah ini akan membuat elemen – elemen motor injeksi anda akan cepat rusak dan aus. Sebagai masuka aja nis sobat jika anda ingin melakukan penggantian oli, sebaiknya gantilah oli mesin anda sesuai dengan oli standar yang direkomendasikan oleh dealer resmi, karena hal ini akan berpegaruh terhadap kualitas oli nya.

4. Memeriksa V-belt dan Roller

Komponen ini merupakan komponen pendukung motor dalam sistem penggerak motor, v-belt dan juga roller menjadi komponen yang rentan sekali dengan kerusakan , karena pemakaian dan juga kotoran dalam ruang transmisinya. untuk itu sangat dianjurkan untuk memeriksa v-belt dan roller motor injeksi anda secara rutin ya sobat, dan apabila kondisinya suah tidak layak segeralah ganti dengan yang baru dan tentunya dengan yang original ya sobat.

5. Memeriksa Shockbreaker

Perawatan yang satu ini juga sering diabaikan oleh pemilik motor, yaitu komponen shockbreaker motor injeksi anda. Pada jenis motor matic, termasuk matic injeksi menggunkaan single shockbreaker yang perlu di cek kondi oli dan cara kerjanya.

Jika motor matic anda mengeluarkan suara yang berasal dari shockbreaker motor injeksi anda, kemungkinan olinya sudah hampir habis sehingga mengeluarkan suara yang tidak biasanya. Jika anda menemukan kondisi ini segeralah melakukan penggantian oli agar shockbreaker motor anda kembali seperti keadaan semula.

Hanya sebagai catatan aja nih sobat, sebaiknya jangan memberikan beban yang terlalu berat kepada motor anda, karena hal ini akan berpengaruh terhadap ketahanan dan kekuatan shockbreaker motor anda agar tidak bengkok. Baca juga mengenai cara memperbaiki shock belakang motor.

6. Mengecek Kondisi Bahan Bakar

Cara merawat motor matic injeksi terakhir yakni mengecek bahan bakar sebelum pemakaian. Apabila anda mengabaikan kondisi bahan bakar motor injeksi anda, dapat menyebabkan motor menjadi cepat rusak, periksalah selalu kondisi bahan bakar anda dalam tangki bbm anda.

Jangan pernah mebiarkan tangki bbm anda samapi kosong sama sekali sobat, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada performa motor anda selain itu, sobat harus bersedia mendorong motor tersebut apaila sampai kehabisan ya sobat. Jadi sebaiknya isilah tangki bbm anda sampai penuh. Baca juga mengenai cara merawat aki motor.

Selain itu ada beberapa cara lain yaitu :

  1. Gunakan BBM yang berotan yang tinggi
  2. Mengecek Aki dan Merawat Aki
  3. Mengganti Oli
  4. Merawat Busi

Sampai disini dulu pembahasan mengenai cara merawat motor matic injeksi kali ini ya sobat, semoga informasi yang telah penulis paparkan dalam artikel ini bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih juga bagi sobat semua yang sudah meluangkan waktunya ya. Salam!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 05th, December 2017 / 04:58 Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply