Sponsors Link

6 Cara Merawat Motor Matic Beat Injeksi yang Benar

Sponsors Link

Motor matic merupakan salah satu jenis motor yang sudah tren dari tahun 2000 an. Sobat tentunya tau kan motor matic yang seperti apa? Dan kemungkinan besar juga sobat pasti memiliki motor jenis matic ini. Iya. Seiring kemajuan zaman dan teknologi akhir-akhr ini bahkan motor matic sudah mampu mengalahkan motor bebek yang merupakan motor senior dari motor matic ini.

ads

Tidak bisa dipungkiri, dengan adanya motor matic kaum hawa dapat lebih mudah untuk mengendari motor, pasalnya seperti yang kita ketahui bersama jurus ampuhnya si matic ini adalah “tanpa menggunakan gigi” melainkan hanya keseimbangan badan dan kecakapan pengaturan rem depan dan rem belakangnya saja.

Cara Merawat Motor Matic Beat

Perkembangan motor matic di Indonesia sendiri jauh sangat pesat dibandingkan dengan motor bebek lainnya, hal ini tidak bisa dipungkiri, seperti yang terlihat di kawasan – kawasan pabrik atau di area industri besar di negara kita Indonesia ini sudah lebih bessar pabriknya memproduksi motor matic dibandingkan dengan jenis motor yang lainnya. Hal ini membuktikan bahwasanya motor matic memang lebih banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Untuk perawatan motor matic sendiri tidak jauh berbeda dengan perawatan motor bebek pada umumnya. Seperti halnya motor bebek, motor matic juga memiliki jenis perawatan khusus dari sang pemiliknya,  agar performa mesinnya dapat tejaga. Tidak begitu sulit, namun harus dilakukan dengan telaten dan rutin serta konsistensi untuk terus melakukannya. Ini buat kepentingan motor kesayangan anda ya sobat.

Bagi para sobat yag memiliki motor matic, khususnya matic beat mungkin informasi yang penulis sampaikan sangatlah penting sebagai masukan buat anda. Demi menjaga matic kesayangan anda agar selalu terjaga performanya, selain itu anda juga dapat melakukan tips ini dirumah anda sobat, jadi tidak usah repot – repot ke bengkel ya.

Dengan merawat motor anda sendiri, setidaknya anda dapat mengetahui kondisi terkini semua bagian-bagian motor anda, dan dapat meminimalisir kerusakan secara dini. Yuk sobat kita langsung simak aja tips dibawah ini tentang bagaimana cara merawat motor matic beat kesayangan anda, ini berlaku untuk semua pengguna motor beat ya sobat, baik kaum hawa maupun kaum adam.

1. Panaskan Mesin Terlebih Dahulu Sebelum Pemakaian

Salah satu cara merawat mesin motor matic yang paling sederhana yang dapat anda lakukan adalah dengan cara ini sobat. Iya memanaskannya sebelum digunakan. Pemanasan mesin sebelum digunakan sebaiknya 5 sampai dengan 10 menit setiap kali anda akan menggunkakan matic beat anda, khusunya dipagi hari sebelum anda beraktivitas.

Sama saja dengan manusia sebelum berolahraga sebaiknya pemanasan dulu ya sobat, nah begitupun dengan motor matic beat anda juga membutuhkan pemanasan terlebih dahulu sebelum anda menggunakannya. Hal ini dikarenkan biasanya pada malam hari motor anda tidak digunakan, yang membuat mesin motor tersebut menjadi dingin. Baca juga mengenai

Atau jika memang kondisi yang ter buru-buru dan tidak sempat memanaskan motor tersebut terlebih dahulu, sebaiknya ketika mengendarai anda lakukan dengan pelan – pelan ya sobat jangan langsung di geber dengan kecepatan yang tinggi, hal ini dapat mengakibatkan mesin motor anda rusak sebelum waktunya.

Sponsors Link

2. Lakukan Pengecekan Rutin Terhadap Aki, Oli dan Busi Matic Beat Anda

Cara merawat motor matic beat berikutnya yakni proses pemeriksaan. Lakukanlah pengecekan secara rutin terhadap komponen – komponen penting dalam motor ini, yaitu Aki, Oli dan Busi. Lakukan checking secara berkala. Pastikan busi motor anda dalam keadaan baik dan bersih, jika ternyata anda menemukan busi motor anda dalam keadaan kotor, maka segeralah melakukan pembersihan agar tidak mempengaruhi kinerja dan penampilan motor anda.

ads

Begitu juga dengan aki, jika aki sudah tidak berfungsi dengan baik, maka sebaiknya anda segera menggantinya dengan yang baru agar motor matic beat anda dapat melaju dengan sempurna. Selain itu memeriksa oli motor anda juga merupakan hal yang tidak kalah penting, jangan sampai motor anda kehabisan oli ya sobat, lakukan pemeriksaan rutin agar tidak terjadi over pemakaian. Baca juga mengenai cara merawat aki motor.

3. Jaga Perilaku Berkendara Anda

Bukan hanya menjaga komponen dalam motor anda yang penting ya sobat, tetapi menjaga perilaku anda dalam berkendara juga hal yang sangat penting. Maksudnya menjaga perilaku disini adalah ketika anda menggunakan motor anda janganlah sering melakukan tancap gas hingga pool dan kemudian langsung mengerem  tiba – tiba atu mengerem secara mendadak.

Hal ini akan berpengaruh buruk terhadap kinerja transmisi motor matic beat anda, yang mengakibatkan mesin anda akan cepat aus. Untuk itu jangan berkendara dengan ugal – ugalan ya sobat. Ingat ugal – ugalan itu perbuatan “ norak”. Baca juga mengenai cara memperbaiki shock belakang motor.

4. Usahakan Bahan Bakar Selalu Penuh

Cara merawat motor matic beat selanjutnya yakni kondisi bahan bakar. Sebaiknya ketika mengisi bbm, isilah tangki bbm anda dengan penuh. Jangan lakukan kebiasaan jika masih ada bbm dalam tangki anda ogah untuk mengisnya dengan penuh. Jika tangki bbm anda tidak penuh, dapat berakibat buruk pada pompa injektornya. Tidak ada ruginya juga ya sobat mengisi bbm dengan penuh. Baca juga mengenai cara merawat body motor matic.

5. Lakukan Pengecekan Terhadap Van Belt

Berikutnya adalah pengecekan dan perawatn terhadap Van Belt anda. Van belt memiliki fungsi yang hampir sama dengan rantai motor pada motor matic anda. Sebaiknya anda segera melakukan penggantian van belt ketika anda merasa tarikan motor sudah agak keras atau berat. Jangan biasakan menunda hal baik, karena hal ni juga akan mempengaruhi performa motor matic beat kesayangan anda.

6. Service Rutin Wajib dan Harus Dilakukan

Cara merawat motor matic beat terakhir ialah melakukan service rutin. Walaupun anda sudah melakukan semua perawatn diats, namun service rutin ke dealer resmi sesuai dengan merk motor anda merupakan hal yang sangat penting dan sangat mutlak.

Karena meskipun anda sudah melakukan pengecekan secara rutin, tetapi pihal dealer resmi lah yang lebih tau persis kondisi motor anda. Iya, karena memang delaer resmi punya cara atau sistem tersendiri untuk mengetahui bagian mana saja yang butuh perbaikan dari motor kesayangan anda tersebut.

Demikianlah informasi kali ini mengenai cara merawat motor matic beat ya sobat, semoga informasi yang penulis paparkan dapat menjadi refrensi buat sobat semua apabila ingin merawat motornya sendiri. Terima kasih bagi yang sudah berkunjung, sampai jumpa ya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 05th, December 2017 / 04:53 Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply