Sponsors Link

3 Cara Merawat Karet Pijakan Motor Paling Lengkap

Sponsors Link

Karet pijakan motor atau yang lebih akrab disebut dengan karet footstep merupakan salah satu komponen pada bosi motor yang tergolong penting keberadaanya dalam motor anda ya sobat. Adapun footstep ini berfungsi sebagai pijakan kaki baik untuk si pembonceng maupun bagi ya di bonceng.

ads

Kalau tidak ada pijakan ini sudah barang tentu ada akan kesusahan menempatkan kaki pada motor anda ketika anda mengendarai motor anda. Karena fungsi footstep ini cukup penting bagi kendaraan anda, maka sebaiknya anda harus melakukan perawatan secara berkala terhadap karet pijakan motor atau footstep anda ya sobat. Karena apabila footstep anda rusak misalnya karetnya sudah tipis, maka akan berpengaruh terhadap kenyamanan bagi anda boncengers hehehe.

Oleh karena peranan karet pijakan motor tersebut dianggap penting, maka pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi kepada sobat semua mengenai bagaimana cara merawat karet pijakan motor kesayangan anda. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Membersihkannya Ketika Setelah Dipakai

Pada kebanyakan orang, merawat karet pijakan motor sepertinya sering kali terlupakan atau nyaris tidak pernah melakukan perawatan terhadapnya. Padahal sobat keberadaan karet pijakan motor ini sangatlah memberikan peranan penting buat orang yang di bonceng ya sobat.

Agar karet pijakan motor anda awet, sebaiknya pada saat anda selesai di bonceng atau membonceng perhatikanlah apakah ada kotoran atau becek atau benda tajam yang lainnya yang menempel pada karet pijakan tersebut jika ada segeralah bersihkan karena akan berpengaruh terhadap awet atau tidaknya karet pijakan motor anda nantinya. Dengan membersihkannya secara rutin secara tidak langsung bisa digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada rangka motor secara keseluruhan.

2. Perhatikan Kebersihan Alas Kaki Anda

Salah satu hal yang tentunya sering terabaikan oleh para pengguna kendaraan bermotor dan khususnya untuk orang yang di bonceng adalah kebersihan alas kakinya sebelum menaiki motor. Secara tidak sadar, apabila terdapat kotoran sebut saja becek di alas kaki anda, hal tersebut bisa saja jadi pemicu kerusakan karet pijakan motor anda.

Bisa anda bayangkan ya sobat, pada saat alas kaki anda sedang kena kotoran sementara anda menginjak karet pijakan motor dan dengan menekankan kaki pada karet tersebut, maka bisa dipastikan kerusakan pada karet tersebut akan lebih cepat. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya bersihkan terlebih dahulu alas kaki anda sebelum menaiki motor anda ya sobat. tips menjaga kebersihan onderdil bawah motor saat musim hujan juga bisa anda jadikan sebagai referensi karena cipratan dari bagian bawah motor dengan kondisi kotor akan membuat pijakan menjadi rawan terhadap kotoran tersebut.

3. Sesuaikan Jenis Karet Pijakan Motor Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Pada umumnya, karet yang ada pada footspet sepeda motor bisa diganti sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Misalnya saja anda adalah seorang pengendara motor sportif, maka anda bisa menggunakan jenis karet footstep juga sobat karena tentunya akna lebih kuat dan tahan lama dibanding yang biasa.

Sponsors Link

Begitupun jika anda membutuhkan karet footstep yang untuk keperluan sehari –  hari misalnya jadi tukang ojeg yang memang akan membonceng orang setiap harinya, anda bisa memilih yang lebih keras agar lebih awet. Mengingat pentingnya bagian footstep seperti halnya fungsi pulser motor atau pun fungsi flasher motor, maka anda wajib merawat dan memperhatikannya ya sobat.

Sekian informasi mengenai cara merawat karet pijakan motor yang bisa penulis share pada artikel kali ini ya sobat. Semoga bermanfaat bagi sobat semua ya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply