Sponsors Link

Cara Merawat Dek Motor yang Berpori

Sponsors Link

Plastik kulit jeruk ini biasanya akan cepat kusam. Terlebih, jika motor kesayangan anda sering ‘dijemur’ langsung di bawah sinar matahari. Pasti enggak mau kan motor kesayangan jadi belang-belang dan kurang sedap dipandang? Oleh sebab itu nari kita rawat. Caranya gampang kok.

ads

Untuk menghindari masalah yang kerap menghampiri motor jenis matic adalah warna kusam, atau baret-baret pada bagian dek. Hal itu tentunya beralasan, sebab dek merupakan bagian yang kerap diinjak-injak oleh pengendara. Namun, banyak pemilik motor yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat bagian dek motornya.

Meski terkadang telah dicuci dan dikeringkan, dek motor terkadang masih terlihat kusam. Baret-baret pun, kadang tak mau hilang. Jika sudah begitu, tentu saja akan mengganggu penampilan motor motor matic. Ternyata ada cara ampuh untuk menghilangkan baret-baret serta dek motor yang berpori  pada bagian dek motor matic, yakni menggunakan semir ban.

Semir ban tidak cuma ampuh untuk menghitamkan ban saja, namun juga bisa membuat bagian plastik motor menjadi makin mengkilap. Cara pengerjaannya, anda harus menuangkan semir tersebut dan menggunakan spons untuk mengoleskannnya ke dek. Tidak cuma bagian dek saja, semir ban juga ampuh bagi seluruh bagian plastik kulit jeruk di motor kesayangan. Sebut saja sepatbor depan dan belakang, area konsol speedometer motor, bagian dek atas, isi bagasi, hingga cover knalpot.

Namun, setelah menyemir bagian-bagian tersebut, motor jangan langsung dipakai. Sebab, semir ban terkenal licin, jadi biarkan semir ban mengering terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa melanjutkan mengelap sisa-sisa semir ban yang masih ada di dek motor, atau bagian lainnya.

Sebenarnya selain menggunakan semir ban, ada cara unik lain untuk mengatasi dek motor yang berpori. Untuk menghilangkannya cara yang bisa anda lakukan cukup mudah yaitu  tinggal dipanaskan menggunakan hair dryer. Dan ada satu lagi cara yang mungkin bisa anda praktekan. Bahan perawatannya pun hanya perlu pakai baby oil. Bisa pakai baby oil, karena lebih mudah ditemui di pasaran.

Langkah perawatannya, pertama cucilah motor seperti biasa. Setelah selesai dikeringkan, tuangkan sedikit baby oil pada spons kecil. Kemudian gosokan perlahan ke bagian komponen bodi motor yang memakai plastik kulit jeruk. Pastikan seluruh bodi kulit jeruk terlumuri baby oil agar tidak belang.

Bisa dilihat hasilnya, cara ini diklaim mampu menghilangkan goresan-goresan tersebut, karena panas yang disemburkan dari alat yang biasanya digunakan untuk mengeringkan rambut tersebut dapat melelehkan goresan-goresan kecil. Sehingga lapisan yang asalnya tergores akan tertutup kembali.

Bagaimana dengan tips atau cara merawat dek motor yang berpori yang sudah dijelaskan di atas? semoga ini dapat anda  lakukan secara mandiri di rumah. Ketika anda menemukan motor yang berpori atau seperti kulit jeruk pada dek motor kesayangan anda, maka jangan terburu-buru untuk dulu untuk menggantinya dengan yang baru.

Cobalah dahulu cara menghilangkan baret motor tersebut. Dan perlu untuk di ingat, lakukan cara tersebut dengan seksama dan hati-hati. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply