Sponsors Link

7 Cara Merawat Body Motor Matic agar Tetap Awet dan Mulus

Sponsors Link

Menggunakan motor dalam berbagai aktivitas sehari – hari, sudah merupakan kebiasan banyak orang di masyarakat. Motor sudah dikenal sebagai moda transportasi yang paling digemari oleh khalayak banyak. Kelebihan dan kekurangan motor matic dan bebek menjadi alasan populernya kendaraan tersebut ditengah tengah masyarakat. Popularitas tersebut juga dapat dilihat dari semakin banyaknya jumlah motor di jalan serta terus berkembangnya varian motor yang dikeluarkan oleh pabrikan otomotif. Dari berbagai jenis sepeda motor di selurah dunia, motor matic tetap menjadi pilihan utama jenis motor di indonesia dibandingan dengan motor manual dan jenis lainnya.

ads

Bagi para pemilik kendaraan bermotor roda dua ini, melakukan perawatan mesin dan pembersihan body motor merupakan hal yang paling jarang dan malas untuk dilakukan. Perilaku yang seperti itu dapat membuat motor menjadi mudah mengalami masalah teknis yang akan berdampak pada kerusakan motor bahkan sampai matinya motor secara total.

Dari segi perawatan mesin, cara merawat mesin motor matic berbeda dengan merawat mesin motor lainnya. Perawatan mesin motor matic harus dilakukan secara berkala karena kerentanan terhadap kerusakan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin motor manual.

Berbeda dengan perawatan mesin motor, perawatan body motor dari berbagai jenis motor memiliki kesamaan termasuk untuk jenis motor matic. Merawat body motor matic diperlukan sebagai tindakan untuk menjaga penampilan body agar bersih dan terlihat menarik. Namun, merawat body motor matic tidak hanya terpaku pada kebersihan saja, menjaga body motor matic agar tidak beret juga termasuk didalamnya. Berikut cara merawat body motor agar selalu bersih dan awet.

  1. Mencuci motor secara rutin

Mencuci motor secara rutin dapat membuat kondisi body motor terlihat bersih dan terjaga. Kegiatan mencuci sebaiknya dilakukan dengan benar dan meyeluruh terhadap semua komponen body motor yang ada. Cucilah motor dengan cara yang benar dan tidak asal – asalan menggunkan kain yang lebih agar tidak menimbulkan goresan pada motor.

  1. Membersihkan motor segera dari sisa air

Apabila saat digunakan, motor matic anda terkena air baik ketika hujan maupun ketika melewati genangan air ataupun ketika terkena semprotan air secara tidak sengaja. Sisa air yang tidak langsung dibersihkan pada body motor dapat meningkatkan bercak yang lama kelamaan bila dibiarkan akan membekas dan sulit untuk dibersihkan.

  1. Menggunakan shampo khusus motor saat mencuci

Kegiatan mencuci motor yang rutin dapat menyebabkan body cepat kusam apabila menggunakan shampo yang salah. Menggunakan shampo rambut yang sudah menjadi kebiasaan dimasyarakat saat mencuci motor merupakan tindakan yang salah dan lama kelamaan akan merusak body motor matic. Menggunakan shampo khusus motor matic dapat mencegah terjadinya kerusakan pada body motor.

  1. Membersihkan debu pada body motor dengan air

Menempelnya debu pada body motor merupakan hal yang pasti akan terjadi baik untuk motor yang sering digunakan maupun untuk motor yang disimpan di garasi rumah. Memberishkan debu pada body motor merupakan cara mengkilapkan body motor yang kusam akibat debu tersebut. Namun jangan sekali kali mengelap debu langsung dengan kain lap karena dapat menyebabkan lecet ata beret pada body. Gunakanlah lap yang telah dimasukkan kedalam air dan kemudian lap dengan kain yang kering.

  1. Hindarkan motor dari sinar matahari langsung

Dalam penggunaannya, ada kalanya motor matic harus diparkir telebih dahulu pada saat pemilik motor melakukan aktifitas lainnya. Untuk menjaga body motor agar tetap terawat, usahakan selalu memilih lokasi parkir yang pas sehingga motor tidak akan terkena sinar matahari langsung terlalu lama. Kondisi body motor yang selalu kepanasan dapat menyebabkan body kusam serta cat memudar.

Sponsors Link

  1. Menggunakan skotlet pada body motor

Penggunaan skotlet pada body motor dapat menghindarkan anda untuk memikirkan cara menghilangkan beret motor. Skotlet sendiri merupakan sticker transparan yang dapat dipasang pada bagian body tertentu. Pemasangan skotlet ini harus dilakukan secara benar agar fungsinya untuk menjaga body motor dari beret berjalan dengan benar juga.

  1. Hindari penggunaan kompon

Kompon merupakan suatu krim yang digunakan untuk menyamarkan beret pada body motor matic agar tidak terlihat. Namun penggunaannya memiliki efek negatif pada body motor, yakni dapat memudarkan warna cat. Untuk menghindari kusamnya cat pada body, menghindari penggunaan kompon dan hanya menggunakannya bila dirasa benar benar perlu harus dilakukan.

Berbagai upaya perawatan body motor matic diatas harus dilakukan secara rutin dan benar agar hasilnya dapat terlihat. Kondisi kebersihan motor dapat merefleksikan kondisi kebersihan pada diri sendiri. Bila motor dipandang kotor, maka dapat disimpulkan bahwa pemiliknya merupakan orang yang tidak menjaga kebersihan. Perawatan body motor bukan hanya berfungsi untuk membuat motor bersih tapi juga dapat menghindarkan motor dari berbagai kerusakan dan masalah teknis akibat kotoran dan debu yang menempel pada motor.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 15th, November 2017 / 02:32 Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply