Sponsors Link

9 Cara Merawat Aki Motor agar Tahan Lama

Sponsors Link

Sebelum masuk kepada cara merawat aki motor akan lebih baik mengenal dulu apa itu aki beserta fungsi dan macamnya. Sampai saat ini sangat banyak merk aki sepeda motor yang di jual di pasaran mulai dari merk aki bawaan dari sepeda motor itu sendiri sampai merk aki yang sangat mahal. (baca juga :Menghilangkan baret motor )

ads

Aki adalah sebuah head unit atau kita sebut perangkat dalam sepeda motor yang berfungsi sebagai sumber listrik. Atau dalam arti aki adalah yang mengatur semua sistem kelistrikan yang ada di sepeda motor.

Untuk aki motor sendiri saat ini ada 2  jenis yang di pakai di sepeda motor yaitu :

  • Aki kering , Yaitu jenis aki yang merupakan aki yang maintenance free alias tanpa ada perawatan khusus. Aki ini mengisi secara otomatis dan tidak perlu kita mengisi ulang air aki seperti aki basah. Aki ini saat ini paling banyak di gunakan motor dengan tahun keluaran 2015 keatas.(baca juga :Cara menghilangkan karat pada motor )
  • Aki Basah, Yaitu jenis aki yang memerlukan perawatan khusus yaitu mengisi  ulang air aki .

Setelah mengetahui fungsi aki dan juga jenis aki kita lanjut kebagian merawat aki motor. Merawat aki motor adalah hal yang harus di lakukan oleh semua biker karena tanpa aki yang sehat akan membuat kerepotan biker . Selain susahnya menyalakan motor terutama motor matic , aki yang bermasalah akan menggangu kelistrikan secara menyeluruh di sebuah sepeda motor.(baca juga :Cara mengecat motor )

Beberapa cara merawatnya sebagai berikut :

1. Penggunaan Aksesoris Motor

Kadang beberapa biker ingin menambah aksesoris lampu ataupun aksesoris berupa klakson atau sirine lebih di motor , nah ini yang perlu di perhatikan adalah pemasangan dan juga beban maksimal pada motor anda.  Jangan sampai akesoris anda terlalu banyak sehingga terlalu makan banyak daya dari aki bisa membuat aki mudah soak .(baca juga :Cara merawat motor matic )

2. Cara Menstarter

Jangan Menyalakan Starter Elektrik Secara Paksa Apabila Motor Anda Susah Untuk Dinyalakan,
Biasanya problem ini ada ketika di pagi hari atau pertama kali menyalakan motor, lebih baik gunakan kick start untuk menyalakan motor jika.(baca juga :Cara membuat alarm motor )

3. Memanaskan Mesin Motor

Nyalakan Motor Anda Minimal 15 Menit Setiap Harinya , Ini merupakan fungsi dari kenapa kita harus memanaskan motor jika motor tidak di pakai , yaitu untuk menjaga kondisi aki agar terisi dan juga terpakai .

4. Mematikan Motor

Pada Saat Hendak Mematikan Motor, Usahakan Agar Komponen Kelistrikan Lainnya Seperti Head Lamp & Lampu Sign Dalam Kondisi Mati. Terkadang kita lupa mematikan headlamp atau peripheral listrik lainnya ketika motor akan di matikan . Memang itu tidak akan berdampak secara langsung.

Akan tetapi jika kita mulai menyalakan motor dengan beban aki yang sangat besar akan membuat kinerja aki sangat berat dan dalam pemakaianyang lama akan menimbulkan aki yang soak.(baca juga :Cara memperbaiki aki kering motor )

Sponsors Link

5. Periksa Ketinggian Cairan Aki

Tips ini berlaku bagi kendaraan yang masih menggunakan aki basah yang di mana di dalam aki masih menggunakan air.Usahakan agar tidak melebihi batas atas dan bawah yang tertera. Jika sudah mendekati batas bawah, segera tambahkan cairan H2O (air suling) ke dalam aki hingga hampir menyentuh batas atas.

Meskipun cairan yang berada di dalam aki berupa asam sulfat (H2SO4), namun selalu gunakan H2O (air suling) untuk proses pengisian ulang aki untuk menjaga derajat keasaman (pH) cairan dalam aki.

6. Memeriksa Kondisi Terminal Aki

Ke 2 terminal aki yaitu negativ dan positif kadang menimbulkan kerak yang berwarna putih ataupun beberapa kebocoran karena tidak pasnya kabel yang terpasang. Kebocoran aki akan sangat berbahaya bagi motor dan keselamatan Anda, terutama sifat cairan asam yang dapat mengikis logam dan mudah terbakar.

Selain itu, adanya kelonggaran pada bagian sambungan aki akan menyebabkan timbulnya kerak putih yang dapat menghambat proses aliran listrik menuju aki. Apabila pada saat diperiksa ternyata sudah terdapat kerak putih, segera basuh dengan air panas dan gunakan sikat kawat untuk membersihkannya.

Bila perlu, Anda dapat juga menggunakan bantuan cairan WD40 untuk mengatasi kerak yang susah dibersihkan secara manual.

ads

7. Memeriksa Kondisi Kiprok

Kiprok sendiri adalah seperti saringan sebelum mengaliri kelistrikan dan juga mempunyai fungsi untuk memasukan aliran listrik ke aki.Jika terdapat indikasi seperti lampu motor yang redup atau menyala dengan tidak stabil, ada kemungkinan salah satu penyebabnya terletak pada kiprok yang mulai rusak dan harus segera diganti.(baca juga :Kelebihan dan kekurangan motor china )

8. Memeriksa Badan Aki

Ini memang jarang sekali terjadi karena kalo tidak karena jatuh ataupun tergores badan aki tidak akan bocor. Periksa secara berkala kondisi badan aki karena jika aki bocor akan merusak banyak part karena sifat asam pada air aki akan mengikis banyak part di bawahnya.(baca juga :Motor kurang tenaga)

9. Menghindari Guncangan

Hindari guncangan yang membuat posisi aki rubah. Terkadang kita tidak bisa mengontrol motor jika ada lubang ataupun jalan yang rusak. Padahal jika kita melewati jalan seperti itu akan mempengaruhi aki jika aki itu tidak di ikat dengan baik ataupun penutup aki tidak di tutup dengan baik akan menimbulkan air aki tumpah. Peristiwa itu akan mengurangi umur aki yang dimana jika tidak di cek akan membuat air aki kurang dari seharusnya.(baca juga :Motor yang enak buat boncengan)

Fungsi Aki Motor

Ada beberapa fungsi utama dalam aki itu sendiri yaitu :

  • Starter

Fungsi aki yang pertama adalah untuk starter/ menghidupkan mesin motor. Dalam hal ini terjadi saat mesin mati dan mau dihidupkan, dibutuhkan tenaga penggerak awal untuk memutar crankshaft,Sehingga piston dapat bergerak naik turun, dan mesin pun hidup. Setelah mesin hidup, maka starter dimatikan dengan cara melepas hubungan di saklar starter. Untuk menjalankan system starter khususnya dynamo starter maka dibutuhkan suplai listrik, dan suplai listrik ini diberikan oleh aki.(baca juga :Membersihkan busi motor )

  • Menyimpan Listrik

Fungsi yang kedua adalah menyimpan listrik, Pada saat mesin hidup dan berjalan sumber listrik diambil alih oleh sepul. Suplai listrik ini tidak semuanya diberikan ke pemakaian untuk kelistrikan kendaraan, tapi ada sebagian yang dikirim ke aki untuk disimpan, istilahnya aki di charge. Aki harus mampu menyimpan listrik yang diberikan oleh alternator atau sepul, sehingga aki selalu dalam kondisi penuh.

Sponsors Link

  • Stabilisator

Fungsi yang ketiga adalah stabilisator atau untuk menstabilkan arus listrik dalam motor. Penghasilan listrik yang dihasilkan oleh sepul jumlahnya tidak selalu sama. Sebab putaran mesin naik turun seiring dengan pembukaan dan penutupan handle gas yang dilakukan oleh rider. Dan disitulah fungsi aki untuk menstabilkan listik yang di suplai ke motor.(baca juga :Membersihkan rantai motor )

Ceklah secara berkala seperti 2 minggu sekali ataupun sebulan sekali kondisi aki kita. Karena jika aki kita bermasalah akan membawa masalah ke periperal yang lain . Karena motor di tahun 2016 keatas sudah mengandalkan komputerisasi yang diaman kelistrikan menjadi faktor utama dalam mengatur motor.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 04th, July 2017 / 07:51 Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published.