Sponsors Link

Cara Menguras Radiator Motor yang Benar

Sponsors Link

Bagi sobat otomotif yang hendak menguras radiator motor kesayangan sobat, maka sobat harus tahu bagaimana cara menguras yang baik dan benar. Oleh karena itu, sobat perlu mencari tahu mengenai informasi tersebut.

ads

Namun, sobat tidak perlu khawatir, untuk mencari informasi mengenai cara menguras radiator yang benar sesuai rekomendasi pabrik. Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan atau informasi mengenai bagaimana cara menguras radiator motor yang benar.

Perlu sobat ketahui bahwa dengan rajin menguras radiator, akan membuat mesin terhindar dari gejala over head, sehingga mesin tidak gampang jebol. Hal ini karena, sistem pendingin motor akan bekerja lebih maksimal.

Jadi, sobat sangat dianjurkan untuk segera melakukan pengurasan pada komponen radiator motor apabila lampu indikator yang menandakan mesin over head menyala.

Nah, bagi sobat yang masih kebingungan tentang bagaimana cara menguras radiator motor yang benar sesuai dengan rekomendasi pabrik, berikut adalah sedikit ulasan mengenai bagaimana cara menguras radiator motor yang benar, yaitu:

  • Buka baut pembuangan air radiator lebih dahulu

Cara menguras radiator motor yang benar, yang pertama yaitu dengan membuka baut pembuangan air radiator terlebih dahulu. Baut pembuangan air radiator ini biasanya berada di blok silinder. Bagi sepeda motor bermerk honda vario atau matik, kebanyakan baut pembuangan air radiator berada di bagian bawah.

Dan untuk motor sport, baut pembuangan air radiator biasanya berada di balik knalpot. Perlu diingat, bahwa umumnya lubang pembuangan air radiator di buat sesuai posisi water jacket block silinder motor.

  • Siapkan wadah untuk menampung air bekas radiator

Cara menguras radiator motor yang benar yang kedua yaitu, setelah sobat menemukan lubang pembuangan, langkah selanjutnya yaitu dengan menyiapkan wadah untuk menampung air bekas radiator motor.

Setelah itu, sobat hanya perlu membuka tutup radiator secara perlahan, maka air radiator akan keluar sendiri dari kubang pembuangan. Perlu sobat ketahui, bahwa jika tutup radiator belum di buka, maka air radiator tidak akan keluar dari lubang pembuangan. Hal ini karena prinsip mengalirnya air radiator menggunakan prinsip kevakuman.

  • Setelah air radiator terbuang semua, pasang lagi tutup pembuangan air radiator

Cara menguras radiator motor yang benar yang ketiga yaitu, dengan memasang kembali tutup pembuangan air radiator setelah semua air bekas radiator keluar. Kemudian, setelah itu sobat dapat memasukkan air mineral sampai penuh, dan kemudian sobat dapat menyalakan mesin motor sobat.

Jika sudah, buang kembali air mineral yang di gunakan tadi. Apabila masih kotor dan butek, ulangi lagi sampai benar-benar bersih. Setelah bersih, pastikan bahwa tidak ada air mineral yang tertinggal, kemudian baru di isi dengan air radiator yang baru.

Nah, demikianlah beberapa ulasan mengenai cara menguras radiator motor yang benar yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang saya buat apa kesempatan kali ini.

Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel saya ini. Semoga dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga melalui artikel ini, juga dapat menambah pengetahuan serta wawasan bagi sobat.

Sponsors Link

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dihati sobat dalam penulisan artikel ini. Kenali masalah yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa lagi di lain  kesempatan, tentunya pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply