Sponsors Link

9 Cara Mengkilapkan Knalpot dengan Cepat

Sponsors Link

Salah satu bagian motor yang juga menjadi perhatian baik bagi si pemilik maupun bagi yang melihat motor tersebut ketika lalu lalang dijalan adalah bagian yang satu ini, knalpot. fungsi knalpot pada kendaraan bermotor sebagai alat untuk membuang gas pembakaran. Seringkali knalpot digonta ganti oleh pemiliknya hanya untuk mendapatkan suara yang keren atau agar motornya terlihat garang, biasanya ini dilakukan oleh pemilik motor gede atau bahasa kerennya ‘moge”. Namun tidak sedikit pemilik motor “non moge” melakukan hal ini agar motornya terlihat “laki”.

ads

Cara Mengkilapkan Knalpot

Satu hal yang sobat tidak boleh lupa adalah merawat knalpot tersebut agar terlihat selalu mengkilap. Jika motor sobat sudah dilengkapi dengan knalpot keren dan juga mengkilap pastinya akan terlihat lebih elegan. Tetapi sebaliknya jika knalpot anda sudah menggunakan knalpot yang keren tetapi tidak terawat, maka akan berkesan si pemiliknya “malas”. Untuk itu sobat harus tetap rajin merawat knalpotnya agar terlihat mengkilap ya sobat.

Karena posisi knalpot yang ada dibawah, membuat knalpot tersebut sangat rental sekali terkena kotoran apapun, apalagi jika knalpot itu terbuat dari stainless steel, cepat atau lambat kotoran yang menempel dipermukaanya lama kelamaan akan berubah menjadi kerak ataupun karat bila tidak segera dibersihkan.  Untuk itu jaga selalu kebersihannya ya sobat. Baca juga mengenai knalpot nembak saat gas turun.

Berikut ini penulis akan memberikan beberapa tips untuk sobat semua tentang bagaimana cara mengkilapkan knalpot motor anda. Yuk kita simak aja langsung ulasan berikut ini.

1. Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

Berikut ini berbagai bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam upaya membersihkan knalpot motor agar tampilannya lebih mengkilap :

  • Siapkan air secukupnya.
  • Sabun colek.
  • Cairan pembersih kamar mandi atau kloset.
  • Amplas.
  • Kuas.
  • Sikat gigi.
  • Gayung.
  • Ember.
  • Kain lap atau kanebo.

2. Tahap atau Langkah Pengerjaan

Untuk mencoba merawat knalpot anda agar tetap bersih dan mengkilap, perhatikan dan pahami langkah di bawah ini dengan seksama :

  • Posisikan Motor Pada Standart Dua

Langkah pertama adalah pastikan posisi motor anda bertumpu pada standar tengah atau standar dua, selanjutnya copot knalpot motor anda dari bodi kendaraan agar proses pembersihannya dapat dengan mudah anda lakukan. Baca juga mengenai penyebab oli keluar dari knalpot motor

  • Proses Pembersihan Knalpot

Langkah kedua, bersihkan seluruh bagian knalpot memakai sabun colek dan jangan lupa sikat untuk menghilangkan kotoran dan juga oli yang biasanya menempel pada bodi knalpot tersebut kemudian keringkan dengan menggunakan lap bersih atau lebih dianjurkan menggunakan kanebo karena lebih menyerap dan lebih halus.

Sponsors Link

  • Proses Pengolesan Cairan Pembersih

Langah ketiga, oleskan cairan pembersih kloset keseluruh permukaan knalpot secara merata, diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 sampai 15 menit agar cairan tersebut bekerja maksimal untuk meluruhkan kerak – kerak yang menempel kemudian keringkan kembali menggunakan kanebo yang tadi. Baca juga mengenai penyebab motor kurang tarikan.

  • Proses Penyikatan

Langkah ke empat, mulailah menyikat knalpot sedikit demi sedikit secraa perlahan kesemua permukaan knalpot yang akan anda bersihkan. Anda boleh menggunakan sikat gigi dan bisa juga menggunakan sikat kain, tergantung mana yang lebih enak buat anda gunakan. Ulangi langkah penyikatan tersebut hingga semua permukaan knalpot benar-benar besih. Setelah itu keringkan kembali dengan kanebo. Baca juga mengenai penyebab motor matic berasap.

ads

  • Proses Pengamplasan

Apabila setelah melakukan keempat langkah di atas tetapi masih anda temukan kerak atau karat yang menempel pada bagian permukaan knalpot anda, anda perlu membersihkan kerak atau karat tersebut dengan menggunakan amplas. Pilihlah jenis amplas yang berbahan halus, biasanya yang sering digunakan adalah amplas 2000. Caranya anda cukup lakukan pengamplasan pada bagian permukaan yang ada karat atau keraknya saja biarkan permukaan yang lain tidak usah di amplas.

Lakukan pengamplasan secara perlahan dan usahakan satu arah, misalnya dari bawah ke atas ataupun sebaliknya, atau dari kanan ke kiri ataupun sebaliknya, hal ini dimaksudkan agar hasil pengamplasan anda mendapatkan hasil yang sempurna.

  • Proses Pencucian Knalpot

Setelah melakukan pengamplasan, cuci kembali knalpot anda dengan menggunakan cairan detergen tadi, dan lakukan hal yang sama seperti sebelumnya yang sudah anda lakukan tadi.

  • Pemanfaatan Oli Bekas

Cara mengkilapkan knalpot berikutnya ialah dengan memanfaatkan oli bekas. Selain cara diatas, ada pula cara yang lebih simple, yaitu dengan menggunakan oli bekas. Oli bekas bukan berarti oli yang sudah berubah warna jadi kehitaman ya sobat, oli bekas disini artinya sisa oli yang sebelumnya sudah digunakan.

Caranya, anda cukup mengoleskan oli tersebut kepermukaan knalpot, diamkan kurang lebih 15 sampai 20 menit. Setelah itu sikat perlahan – lahan menggunakan sikat kain atau sikat gigi, lakukan sampai semua karat dan kerak yang menempel benar – benar hilang dari permukaan. Setelah itu, lakukan pembersihan dengan menggunakan air detergen yang tadi sampai semua bekas oli hilang, dan bilas dengan air bersih kemudian keringkan dengan menggunakan lap atau kanebo.

  • Pemanfaatan Pertamax Plus

Cara mengkilapkan knalpot selanjutnya yakni dengan menggunakan pertamax plus. Apabila menggunakan oli tidak berhasil juga, sobat semua bisa menggunakan alternatif yang satu ini, yaitu menggunkan pertamax plus. Caranya pertamax plus ini terlebih dahulu campurkan dengan cairan minyak tanah, lakukan perbandingan 1:2 antar kedua jenis cairan tersebut.

Setelah anda campurkan, lalu oleskan pada bagian mana saja yang menurut anda perlu dibersihkan, khusunya pada bagian yang banyak karat atau keratnya. Setelah itu, diamkan kurang lebih 10 sampai 15 menit, lalu sikap secara perlahan menggunakan sikat yang halus. Setelah anda merasa karat dan keraknya sudah hilang, maka bilaslah dengan air detergen yang tadi anda gunakan, kemudian bersihkan dengan air bersih dan lap dengan menggunakan kanebo.

Sponsors Link

  • Pemanfaatan Cairan Prostex

Apabila anda sudah melakukan semua hal diatas tetapi hasilnya belum juga maksimal, maka anda perlu mencoba langkah terakhir ini ya sobat. Langkah kali ini adalah dengan menggunakan cairan prostex. Cairan yang satu ini selain ampuh membersihkan kamar mandi, juga ternyata ampuh menghilangkan noda atau karat dan kerak yang ada pada knalpot motor anda sobat, terutama kerak atau karat yang berda di bagian leher knalpot anda.

Caranya cukup dengan mengoleskan cairan prostex ini kepermukaan knalpot, diamkan selam 10 sampai dengan 15 menit, kemudian bilas dengan menggunkan air bersih serta keringkan dengan lap atau kanebo. Perlu sobat ketahui, dalam menggunakan cairan ini harus dengan teliti dan hati – hati ya sobta karena jika cairan ini terkena pada bagian permukaan mesin maka akan menyebabkan catnya luntur sehingga kelihatan belang. Jadi lakukanlah dengan hati – hati ya sobat.

Dengan melakukan semua hal di atas, dapat dipastikan knalpot anda akan menjadi kinclong dan seperti baru lagi sobat. Dapat diambil kesimpulan bahwa ulasan di atas yang membahas mengenai cara mengkilapkan knalpot, mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi dalam rangka merawat knalpot motor anda. Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 04th, December 2017 / 06:26 Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply