Sponsors Link

10 Cara Mengkilapkan Bodi Motor Yang Kusam agar Seperti Baru

Sponsors Link

Cara mengkilapkan bodi motor yang kusam hampir sama dengan Cara menghilangkan Baret Motor, Sepeda motor merupakan kendaraan yang hampir dimiliki oleh semua keluarga di indonesia, bukan menjadi hal yang langka bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Namun yang yang rata-rata belum disadari oleh masyarakan atau pengguna sepeda motor tentang pentingnya merawat sepeda motor tersebut.

ads

Salah satu masalah yang terjadi adalah kusamnya warna pada sepeda motor. Tentu jika warna dari sepeda motor menjadi kusam akan menimbulkan hal yang tidak enak untuk dipandang. Terutama bagi para pemuda dan pelajar yang sangat mementingkan penampilan.

Dalam perawatan motor banyak orang yang terfokus dalam perawatan mesin saja tanpa mereka sadari bahwa ada 8 Tips Merawat Motor Agar Tetap Kinclon, seperti service dan lainnnya. banyak sekali faktor penyebab kusamnya warna motor anda diantaranya adalah debu yang menempel, cahaya panas langsung dari matahari, terkena air hujan secara terus menerus, terkena minyak, proses pencucian dan pengeringan yang salah dapat membuat motor menjadi kusam, jarang di cuci atau minimal di lap. Dari faktor penyebab di atas saya mau membagikan beberapa tips untuk mengkilapkan bodi motor yang kusam.

1. Hindarkan dari sinar matahari

Menghindarkan motor dari sinar matahari secara langsung, biasanya hal ini terjadi saat memarkirkan kendaraan bermotor di tempat parkir yang terkena sinar matahari secara langsung. sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang dapat merusak lapisan cat motor. hal ini bisa dihindari dengan mencari tempat parkir yang teduh dan anda dapat mengunakan sarung atau kain pelindung motor untuk menghindari sinar matahari secara langsung. Sehingga anda juga harus mengetahu Cara mengecat motor agar warna cat motor anda tidak cepat pudar jika sering terkena matahari.

2. Mengelap dengan air

Jika motor anda terkena banyak debu, hal yang dilakukan tentu saja mengelap bagian motor yang terkena debu tersebut. Dalam melakukan pengelapan terhadap bagian motor yang terkena debu perlu berhati-hati lebih baik menggunakan sedikit air untuk membasuh bagian motor yang berdebu tersebut baru kemudian mengelap dengan menggunakan kain yang lembut dan halus. hal ini perlu dilakukan untuk menghindari baret yang terjadi pada bodi motor yang anda miliki. Akan tetapi jika motor anda sudah berkarat maka Cara Menghilangkan Karat pada Motor yang harus anda lakukan agar anda tetap terawat.

Sponsors Link

3. Segera bersihkan saat terkena minyak

Saat motor anda terkena minyak terutama minyak rem yang kemungkinan bisa mengenai bodi motor anda, segera bersihkan minyak tersebut dari bodi motor anda menggunkan kain kannebo atau sejenisnya. setelah bersih dari minyak lakukan proses pengelapan yang menggunakan air seperti pada nomor dua.untuk menghindari dari terkenanya minyak pada bodi motor kesayangan anda, cek minyak pada rem apakan ada yang keluar atau juga minyak pada bagian shock. jika terjadi minyak keluar pada bagian itu lebih baik lagi bawa ke bengkel untuk perbaikan minyak tersebut.

ads

4. Hindari detergen

Hindari penggunaan detergen saat mencuci sepeda motor, gunakan shampo khusus untuk sepeda motor saat mencuci motor. mencuci menggunakan detergen dapa menimbulkan pengelupasan pada cat bodi kendaraan anda. Pilihlah shampo motor yang tepat.

Janga pernah sekali sekali mencoba mencuci menggunakan detergen. jika memang tidak memiliki shampoo motor untuk mencuci dan ada detergen di rumah, lebih baik untuk mengelap saja dengan menambah sedikit air pada bodi motor kesayangan anda. Dalam perawatan motor memang harus penuh hati hati dimana Cara Merawat Mesin Motor Matic juga harus diketahui agar motor anda tetap seperti baru.

5. Cuci motor secara berkala

Cuci dan bersihkan motor secara berkala dalam waktu 1-2 kali dalam seminggu. jangan terlalu jarang mencuci motor hal karena dapat menyebabkan kotoran atau debu yang menumpuk. yang nantinya akan menyebabkan pengelupasan pada cat bodi motor anda yang lama kelamaan dapat menimbulkan warna yang kusam pada bodi motor anda. buatlah jadwal kapan harus mencuci motor, jika tidak sempat karena kesibukan misalnya kerja, sekolah ataupun kuliah, anda bisa mencucikan sepeda motor anda di tempat cucian motor, yang sekarang sudah tersebar di mana-mana.

6. cuci motor setelah terkena air hujan

setelah terkena air hujan usahakan untuk mencuci motor anda karena air hujan mengandung asam nitrat sehingga dapat merusak lapisan pada kilap cat bodi motor anda. selain itu air hujan juga dapat menyebabkan karat atau kororsi pada bodi motor anda. maka usahakan segera mencuci bodi motor anda setelah terkena air hujan secara langsung. jangan menunda untuk mencuci di lain waktu air hujan yang menempel lama di motor dapat merusak cat bodi motor anda. maka lakukan dengan segera setelah terkena air hujan, atau minimal di lap dengan menggunakan air bersih (selain air hujan).

7. Mengeringkan motor

setelah melaukan pencucian terhadap motor. motor perlu dikeringkan dalam hal mengeringkan bodi sepeda motor hal yang perlu diperhatikan adalah mengeringkan sampai benar benar kering bodi kendaraan sepeda motor anda. jangan sampai ada air yang tersisa di bodi sepeda motor anda. hal ini dapat menimbulkan karat atau korosi dan juga pemudaran  warna dalam kendaraan sepeda motor anda.

8. Mengelap setiap hari

Setiap pagi sebelum berangkat sekolah atau berangkat kerja usahakan untuk mengelap sepeda motor anda dengan menggunakan kain halus dan lembut sembari memanasi mesin motor anda. hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi debu-debu yang menempel di bodi motor anda. jangan malas untuk mengelap sepeda motor kesayangan anda dalam pengelapan bodi sepeda motor bisa juga di tambah silikon agar cat bodi sepeda motor menjadi kinclong dan melindungi cat agar tidak mudah pudar.

9. Menambahkan silikon

Dalam melakukan pengelapan menggunakan silikon dalam bodi motor anda dapat berfungsi sebgai pengkilap dari bodi motor anda dan juga berfungsi sebagai pelindung dari cat bodi motor anda sehingga tidak mudah mengelupas cat bodi motor anda. pemilihan silikon yang tepat dengan memperhatikan kualitas dari bahan pembuat silikon tersebut. setelah menambahkan silikon perlu dilakukan pengelapan atau pengeringan kembali dengan menggunakan kain halus tanpa menggunakan air.

Sponsors Link

10. Menggunakan skorlet

Skorlet atau stiker blok dapat digunakan untuk membuat motor terlihat tetap kinclong dan enak untuk dipandang meskipun bodi asli dari motor tersebut sudah kusam. skorlet juga dapat melindungi bodi asli atau bodi utama dari motor anda dari goresan. anda bisa menemui banyak penjual skorlet di pinggir-pinggir jalan sekaligus memasangnya. bahka sekarang skorlet ada yang berwujud gambar, baik itu logo klub sepakbola, anime, film, dan lainnya. dengan tarif yang tidak terlalu mahal anda bisa melindungi bodi motor asli anda dengan cara menutupi dengan skorlet.

Demikisan cara merawat bodi motor agar tidak kusam. merawat bodi motor seharusnya dapat dilakukan dengan baik seperti merawat mesin dari sepeda motor anda. karena dengan bodi motor yang tidak kusam atau kinclong dapat memperlihatkan kecantikan dari motor anda. dan mungkin akan banyak cewek atau cowok yang tertarik dengan anda di karenakan motor anda semua yang bersih dan kinclong, yang mencerminkan kerajian dan kebersiah dari pemilik motor tersebut.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply