Sponsors Link

Cara Mengerem yang Tepat Saat Hujan Deras Melanda, Yuk Simak

Sponsors Link

Bagi sobat bikers, menghadapi musim hujan adalah saat yang paling menakutkan jika sobat harus berkendara. Mengapa demikian? Hal ini tentunya di pengaruhi oleh kondisi jalan saat terjadi hujan deras. Sehingga motor pun akan sangat sulit di kendalikan daripada saat kondisi tidak hujan.

ads

Salah satu hal yang sulit untuk dilakukan adalah saat mengerem sepeda motor. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai cara mengerem yang tepat saat hujan deras melanda.

Perlu sobat ketahui bahwa mengerem motor saat kondisi hujan deras sangat berbeda dibandingkan ketika sobat berkendara di saat kondisi cuaca terang (tidak hujan). jarak pengereman yang aman wajib anda perhatikan.

Hal ini dikarenakan saat hujan deras, kondisi jalan menjadi lebih licin sehingga sobat akan sulit untuk mengendalikan motor sobat. Oleh karena itu, sobat harus memperhatikan teknik pengereman yang aman saat berkendara ketika hujan deras.

Pasalnya kebanyakan pengendara saat hujan masih dengan seenaknya mengerem motor. Padahal hal ini sangatlah berbahaya. Nah, untuk menghindari risiko kecelakaan akibat sembarangan mengerem motor, berikut adalah cara mengerem yang tepat saat hujan deras melanda, antara lain:

Lembut dan halus (easy & squeeze)

Cara mengerem yang tepat saat hujan deras melanda yang pertama yaitu sobat harus melakukan pengereman dengan lembut dan halus. Artinya adalah sobat harus memperhatikan kondisi jalan yang licin sehingga akan membuat keseimbangan motor berkurang.

Jadi, jika menggunakan rem cakram motor dan trombol, maka teknik pengereman yang ideal, mudah dan aman yaitu dengan cara menekan dua tuas rem secara bersamaan sampai kendaraan atau motor sobat bisa berhenti dengan aman.

Dan sobat harus membiasakan untuk mengoperasikan atau menggunakan rem depan dan rem belakang secara bersama-sama agar motor bisa lebih stabil saat proses pengereman. Jika sobat membawa penumpang maka sobat harus mengurangi kecepatan motor sobat sebesar 10 km/jam.

Dan sobat harus ingat, lakukan pengereman dengan halus, jangan sampai sobat melakukan pengereman dengan keras, karena hal ini akan membuat selip semakin besar.

Selain itu, sobat juga harus memastikan jika saat mengantisipasi pengereman, titik berat kendaraan berada di bawah dan bodi kendaraan atau motor sobat dalam kondisi tegak.

Nah, demikianlah beberapa ulasan mengenai cara mengerem yang tepat saat hujan deras melanda yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang saya buat pada kesempatan kali ini. Saran saya sobat harus tetap memprioritaskan keselamatan sobat saat berkendara terutama saat musim hujan dan terjadi hujan deras. Jangan sampai sobat terburu-buru sehingga melupakan keselamatan sobat sendiri.

Sponsors Link

Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini. Semoga dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga melalui artikel ini, juga dapat menambah pengetahuan serta wawasan bagi sobat.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, yaitu pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply