Categories
Tips

6 Cara Mengendarai Motor Matic di Tanjakan Tajam

Berkendara dengan kondisi jalanan yang tanjakan harus diperhatikan dan anda juga harus menguasai dengan kondisi motor yang anda gunakan. Baik motor matic maupun motor manual tetap saja kita harus memperhatikan kondisi tanjakan dan harus menguasai motor tersebut. Dalam jenis sepeda motor di seluruh dunia pastikan kalau anda sudah menguasai jenis sepeda motornya. Dengan begitu kondisi jalanan apapun kita bisa mengendarainya dengan nyaman.

Apalagi kita sedang melewati jalanan yang bertanjakan, maka dari itu anda harus memperhatikan cara-cara pada saat berkendara di tanjakan. Karena ketika kita berkendara di jalanan yang bertanjakan dan tidak tahu cara-cara yang akan dilalui pada saat tanjakan yang tajam. Ini berarti akan membuat bahaya bagi keselamatan kita pada saat berjalan di tanjakan yang tajam. Tapi pada saat ini kami akan membahas tentang bagaimana cara mengendarai motor matic di tanjakan tajam.

Kondisi jalanan di Indonesia ada beragam-ragam jalanan dan tidak hanya dalam jalanan yang rata. Dalam jalanan di pegunungan ada jalanan yang menanjak dan juga menurun. Jalur yang sulit untuk dilakukan pada saat jalanan yang bertanjakan. Nah maka dari itu anda juga harus melewati jalanan yang bertanjakan dengan baik dan benar. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengendarai motor matic anda di tanjakan yang tajam. Berikut cara-caranya yang harus dilakukan oleh anda pada saat berkendara di jalanan yang bertanjakan.

1. Posisi Badan

Saat berkendara dengan menggunakan motor matic anda harus membetulkan posisi duduk anda. Pastikan posisi duduk anda sudah nyaman, karena posisi yang tidak nyaman akan mudah kita mengalami kecelakaan. Apalagi kita sedang mengendarai di tanjakan, berkendara dengan posisi yang kurang nyaman di tanjakan, kemungkinan besar kita akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita bersama.

Maka dari itu posisi badan harus nyaman saat berkendara dengan jalanan yang bertanjakan. Posisi yang baik dan benar anda bisa menempatkan posisi badan untuk condong kedepan. Dengan demikian ini akan mengurangi resiko pada ban yang akan terangkat.

2. Motor yang Stabil

Pada saat melakukan perjalanan dengan tanjakan, pastikan motor anda sudah stabil untuk digunakan. Salah satunya kita harus cek semua komponen motor matic sebelum berkendara. Cara mengeceknya sama seperti cara mengecek mesin motor, sangat mudah untuk dilakukan oleh kita semua. Untuk mengecek motor agar siap berkendara dengan jalanan tanjakan, anda bisa memastikan dengan cara;

  • Pastikan Motor Tidak Lemah di Putaran RPM Rendah

Memastikan kalau motor maticmu tidak lemah pada saat putaran RPM rendah sehingga dalam berkendara di tanjakan kita tidak mengalami kecelakaan. Sebenarnya anda juga harus mengetahui beberapa penyebab motor brebet di RPM rendah sehingga kita bisa memastikan kalau motor maticmu melemah atau tidak di putaran RPM yang rendah.

  • Pastikan Motor Tidak Lemah di Putaran RPM Tinggi

Untuk memastikan kalau motor tidak lemah dalam putaran RPM tinggi, anda bisa melakukan dengan cara kalau motor matic anda tidak akan berbunyi suara yang jarang untuk didengarkan. Jika masalah ini terjadi maka motor maticmu akan melemah pada saat putaran RPM tinggi, bahkan ini akan membuat kalau motor ngempos di RPM tinggi. Ketika motor sudah ngempos langsung saja dibawah ke dealer atau bengkel terdekat.

  • Cek Mesin Motor

Tak hanya itu saja anda juga harus memperhatikan dengan kondisi mesin motor, bahkan anda harus melakukan pengecekan pada motormu. Usahakan ketika kita mengecek mesin motor, pastikan kalau mesin motor tidak ada yang bermasalah. Mesin motor yang bermasalah ini juga akan membuat motor matic anda tiba-tiba mati ditengah perjalanan apalagi jalanan yang bertanjakan. Dengan begitu ini akan membuat bahaya bagi keselamatan kita, bisa saja bagi keselamatan orang lain.

3. REM

Teknik pengereman salah satu hal yang harus diketahui, apapun jenis kondisi jalanan anda tetap saja kita harus mengetahui kondisi remnya juga. Bahkan kondisi rem yang kurang stabil, ini berarti warning bagi keselamatan kita. Alangkah baiknya anda harus cepat membawah motor anda kebengkel atau dealer terdekat. Pastikan rem motor matic dalam keadaan yang baik, jarak handle/pedalnya harus dalamm kondisi yang benar atau normal, maksudnya jangan terlalu dalam.

Bahkan kampas rem harus mumpuni, jangan sampai kampas rem habis. Apabila kampas rem habis, langsung saja diganti ini akan membuat piringan cakram atau tromol rusak. Dengan demikian motor anda akan blong dan mengalami kecelakaan disebabkan remnya blong. Untuk cara mengatasi rem motor blong saat berkendara cukup mudah untuk dilakukan.

4. Perhatikan Tarikan Gas

Pada saat dalam perjalanan dengan tanjakan anda harus memperhatikan tarikan gas. Tarikan gas anda harus melakukan dengan mengukur tanjakan pada awal menanjak. Pastikan tarikan gas jangan terlalu dalam, dikarenakan ini bisa menjadi motor anda tidak akan kuat dengan kondisi tanjakan yang terlalu panjang.

Maka dari itu anda juga harus menarik gas secara perlahan-lahan, jangan sampai terburu-buru ketika menarik gas. Dengan demikian streng motor anda akan terikut menarik gear pada saat jalan yang bertanjakan. Cukup membawah motor dengan beraturan dengan tarikan gas yang baik dan benar akan membuat motor akan membuat keselamatan motor anda jauh lebih baik.

5. Fokus ke Depan

Perlu diketahui kalau dalam perjalanan yang tanjakan pastikan anda fokus dengan jalan yang ada didepan. Jangan selalu terganggu dengan keadaan yang ada disekitar anda sehingga ini akan membuat konsentrasi berkendara akan terganggu juga.

Kondisi berkendara yang terganggu akan membuat bahaya bagi keselamatan kita. Bahkan ini bisa saja terjadi dengan keselamatan orang lain juga. Maka dari itu pada saat berkendara harus berfokus kedepan dan selalu waspadai terhadap jalan yang berlubang ketika berkendara dengan jalanan yang bertanjakan.

6. Menjaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Untuk poin yang terakhir dimana menjaga jarak dengan kendaraan lain harus diperhatikan. Dikarenakan ketika kita berkendara dalam tanjakan dengan kondisi kita dibelakang kendaraan lain akan membuat bahaya bagi keselamatan kita. Misalnya kendaraan tersebut dalam kondisi tiba-tiba mundur, maka dari itu anda harus mengindarnya. Bahkan dalam berkendara harus memiliki jarak, paling kurang 3 atau 4 meter lebih pada saat berkendara ditanjakan.

Itulah beberapa cara mengendarai motor matic di tanjakan tajam agar tetap aman. Semoga bermanfaat dan selalu jaga keselamatan Anda dalam berkendara.

Leave a Reply