Sponsors Link

Cara Mengecek Mesin Motor yang Benar

Sponsors Link

Motor merupakan salah satu moda transportasi yang saat ini paling banyak diminati. Ukurannya yang kecil serta kemudahaan penggunaannya menjadikan motor dapat melaju dalam kondisi jalanan macet. Harga motor yang murah dan dapat dijangkau dengan pembayaran kredit juga menjadi salah satu penyebab tingginya jumlah pengguna motor di masyarakat.

ads

Bagi kebanyakan pengguna motor, perawatan motor sering diabaikan dan bukan menjadi perhatian khusus. Karena perilaku yang seperti itu, banyak sekali motor yang mogok ditengah jalan. Bagi anda yang ingin agar motor awet, perawatan mesin sebagai komponen utama motor harus dilakukan secara berkala baik melalui service rutin di bengkel ataupun melalu perawatan umum motor secara pribadi.

Mesin motor merupakan komponen utama yang menjadi bagian penting agar motor dapat berfungsi dengan baik. Gangguan pada mesin dapat menyebabkan motor kurang tenaga. Perkembangan saat ini, mesin motor dibagi menjadi 2 yakni motor matic dan motor manual. Motor manual merupakan motor dengan transmisi manual menggunakan gigi, sedangkan mesin motor matic merupakan motor dengan transmisi otomatis yang dalam penggunaannya tidak memerlukan pergantian gigi disetiap kenaikan atau penurunan laju motor. Dalam penggunaannya ada kelebihan dan kekurangan motor matic dan bebek atau manual yang harus diketahui, cara merawatnya pun juga berbeda.

Perbedaan cara merawat motor matic dengan motor manual terletak pada perawatan mesin. Dalam melakukan perawatan terhadap mesin, pengecekan mesin merupakan langkah awal yang harus dilakukan untuk mengetahui kondisi mesin motor. Berikut adalah cara mengecek mesin motor baik manual maupun matic.

  1. Mengecek Jumlah oli mesin

Oli pada mesin motor matic dan manual memiliki perbedaan namun dengan fungsi yang sama untuk menjaga dan melapisi mesin agar tidak cepat rusak karena gesekan komponen yang ada didalamnya. Melakukan pengecekan jumlah oli merupakan salah satu upaya menjaga mesin dari kerusahan. Pada motor matic maupun manual, anda dapat melihat ketercukupan jumlah oli dengan menarik tuas atau tutup pengecekan khusus yang tersedia pada setiap motor.

Jika pada penarikan tersebut, oli masih berada diatas batas yang diharuskan berarti jumlah oli tercukupi. Namun apabila oli terlihat berada dibawah batas yang ada, berarti ada kekurangan oli pada mesin motor. Agar tidak terjadi kerusakan, segeralah menambahkan jumlah oli pada mesin motor anda. Pada motor matic anda juga harus melakukan pengecekan pada oli transmisi.

  1. Mengecek kualitas oli mesin

Selain jumlah oli, kualitas oli juga berpengaruh terhadap daya pelapisan semua komponen pada mesin. Pengecekan kualitas oli dilakukan untuk menentukan waktu pergantian oli yang tepat. Baik pada mesin motor matic maupun manual, pengecekan kualitas oli dapat dilakukan bersamaan dengan pengecekan jumlah oli. Warna oli merupakan cara untuk melihat kualitas oli dari mesin motor. 

Sponsors Link

Bila Oli berwarna coklat kekuningan, dapat disimpulan kualitas oli masih bagus dan normal. Warna oli yang hitam pekat menunjukakan kualitas yang buruk dari oli dan harus segera dilakukan pengantian oli. Apabila ditemukan oli berwarna putih, dapat diindikasikan bahwa oli tercampur dengan air, jika hal ini terjadi maka penggantian juga perlu dilakukan.

  1. Mengecek suara mesin

Suara mesin yang dihasilkan pada saat pemakaian motor juga dapat menunjukkan kualitas dari mesin motor tersebut. Mesin motor yang baik akan menghasilkan suara yang halus dan tidak kasar. untuk melakukan pengecekan suara mesin, gas motor secara maksimum dengan kondisi motor berada pada standar tengah. Lalu dengarkan suara mesinnya bila ada bagian yang kasar maka dapat dipastikan bahwa ada bagian dari mesin yang mengalami gangguan. Selain dengan kondisi pengecekan suara ini juga bisa dilakukan saat motor dipanasi pada pagi hari tanpa digas.

Sponsors Link

  1. Mengecek putaran mesin

Kualitas mesin yang baik dari motor baik matic maupun manual dapat terlihat dari konsistensi putaran mesin. Cara merawat mesin motor matic maupun manual merupakan titik penting dari baik tidaknya putaran pada mesin motor. Pengecekan putaran mesin ini dilakukan dengan cara membuka gas motor sampai penuh kemudiaan menutupnya secara langsung.

Kualitas mesin motor yang baik akan tetap hidup meskipun motor di gas penuh lalu ditutup. Putaran mesin harus kembali secara perlahan-lahan ke kondisi normal. Apabila dalam pengecekan ini mesin mati, bisa dipastikan kondisi mesin motor kurang baik dan bukan karena setelan gas yang diperbesar.

Pengecekan mesin motor ini dapat dilakukan sebagi upaya untuk merawat mesin motor baik matic maupun manual agar awet dan tidak mengalami kerusakan. Selain untuk perawatan, pengecekan ini berguna juga bagi anda yang saat ini sedang ingin membeli motor bekas agar mendapatkan motor bekas yang baik. Bagi pengguna motor, pengecekan ini dapat dilakukan secara berkala agar bila ada gangguan pada mesin dapat segera teratasi. Anda dapat melihat 10 mesin motor dengan mesin paling awet hingga kini yang tetap terjaga dengan adanya pengecekan dan perawaatan mesin.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply