Sponsors Link

Cara Mengecat Velg Motor Jari Jari yang Benar

Sponsors Link

Bagi sobat yang memiliki kendaraan roda dua yaitu motor, pasti sudah tidak asing lagi dengan komponen motor yang satu ini. Fungsi komponen ini juga tidak kalah penting seperti halnya fungsi gear pada sepeda motor. Velg atau dengan nama yang akrab disapa pelek ini merupakan salah satu komponen pada kendaraan roda dua yang sangat berpengaruh terhadap penampilan dan nilai estetika dari sebuah motor. Khususnya untuk kaum pria ya sobat, yang memang sangat gemar memodifikasi komponen- komponen motornya.

ads

Dalam dunia motor, terdapat dua jenis vleg yang sangat populer, khusunya untuk kaum pria. Velg tersebut adalah velg ruji atau biasa disebut velg jari-jari, dan velg palang atau yang biasa disebut dengan vleg racing. Velg jari-jari menggunakan potongan besi yang bentuknya seperti tusuk sate. Sedangkan velg palang atau velg racing merupakan velg hasil dari cetakan mesin yang bentuknya lebih solid dan terlihat lebih kokoh jika dibandingkan dengan velg ruji. Kalau sobat sendiri vleg nya menggunakan velg yang mana?

Cara Mengecat Velg Motor Jari Jari

Ketika melihat motor yang sedang lalu lalang dijalan raya, khususnya motor dengan velg berbentuk ruji atau jari-jari biasanya memiliki warna yang beragam. Ada warna yang memang bawaan dari pabrikannya, tetapi tidak sedikit velg-velg jari tersebut adalah ahsil modifikasi dari bengkel ataupun dari pemilik kendaraan itu sendiri. Penasaran kan sobat bagaimana cara mengecat velg motor jari – jari tersebut agar kelihatan lebih menarik dan lebih hidup warnanya. Baca juga mengenai fungsi oli samping pada engine 2 tak.

Dalam artikel kali ini penulis akan membagikan bagimana cara mengecat velg motor jari – jari. Bagi sobat semua yang senang dengan dunia otomotif atau pun tidak karena hanya ingin mengetahuinya, yuk kita bahas ulasan berikut ini ya.

1. Alat – Alat yang Dibutuhkan

Sebelum sobat semua melakukan pengecetan, tentunya hal yang utama yang perlu dipersiapkan adalah peralatan yang diperlukan untuk melakukan pengecetan tersebut. Adapun peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Kunci pas, alat ini digunakan untuk membongkar roda bagian depan dan belang ya sobat serta beberapa komponen lainnya yang perlu dilepaskan ketika pengerjaan cat akan dimulai.
  • Amplas, benda ini berguna untuk membersihkan jari-jari motor yang berkarat dan kotoran yang menempel dan sulit anda hilangkan.
  • Detergen dan spons, setelah jari-jari motor anda diamplas, maka sebaiknya segera dibersihkan menggunakan deterjen agar benar-benar besih dan di usap menggunakan spons. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan jari-jari velg tersebut agar ketika di cat, cat nya menempel dengan sempurna.
  • Cat besi, sobat bisa menggunakan cat merek apa saja yang penting judulnya cat besi ya sobat.
  • Thinner, thinner berfungsi sebagai campuran cat besi yang tadi, supaya cat nya tidak cepat mengering.
  • Kuas lukis, untuk proses pengecatan menggunakan kuas lukis, agar hasil cat nya merata sempura pada setiap jari-jari vleg tersebut
  • Wadah tempat cat.
  • Isolasi kertas, gunanya untuk menutupi bagian roda yang lainnya yang tidak ingin terkena cat.
Sponsors Link

2. Meracik Cat

Cara mengecat velg motor jari – jari selanjutnya ialah dengan meracik cat terlebih dahulu. Langkah meracik cat nya yaitu, terlebih dahulu tuangkan cat besi kedalam sebuah wadah yang terbuat dari plastik, lalu campurkan cat tersebut dengan thinner. Gunakan porsi yang tepat ya sobat sesuai dengan standar pemakaian yang ada dalam kemasan cat atau thinner tersebut. Aduk hingga merata, sampai cat benar-benar bisa dipakai. Untuk warna cat nya sesuaikan dengan selera anda ya sobat. Baca juga mengenai fungsi kaca spion pada kendaraan bermotor.

3. Langkah Pengerjaan

Untuk langkah pengerjaan sendiri terbagi menjadi beberapa tahapan, untuk lebih jelasnya anda bisa simak penjelasan di bawah ini :

ads
  • Proses Pembersihan

Bersihkan semua ruji atau jari-jari velg yang akan di cat, karena pastinya ada banyak kotoran atau bahkan karat yang menempel pada jari vleg tersebut, apalagi jika kondisi vleg sudah lama. Caranya, terlebih dahulu anda bongkar roda bagian depan kemudian bagian belakang menggunakan kunci pas. Roda motor harus dilepaskan agar nanti ketika proses pengecatan mudah dilakukan begitupun saat pembersihannya. Baca juga mengenai fungsi knalpot pada kendaraan bermotor.

  • Proses Pengamplasan

Setelah semua roda dilepas, segeralah periksa ruji velg nya, apabila ada karat yang menempel segeralah amplas kemudian bersihkan dengan menggunakan detergen dan usap dengan spons yang tadi sudah sobat sediakan, kemudian jemurlah jari-jari velg tersebut dibawah sinar matahari selama kurang lebih 15 menit agar kondisinya benar-benar siap di eksekusi. Baca juga mengenai penyebab gear depan motor depan bunyi.

  • Proses Penutupan

Apabila ada bagian vleg yang berbeda warna dengan bagian yang akan anda cat, sebaiknya anda menutupi dulu bagian tersebut dengan isolasi kertas agar anda lebih leluasa dalam proses pengecetannya. Sehingga saat tidak ada bercak  bercak cat yang tidak rapi.

  • Proses pengecatan

Dalam proses pengecatan ini, ada dua metode yang dapat sobat lakukan. Metode yang pertama adalah metode celup. Caranya sobat tinggal mencelupkan ruji velg tersebut ke wadah yang sudah disediakan cat, tetapi sebelum dicelup anda harus terlebih dahulu mengikat jari velg tersebut dengan kain benang.

Kemudian barulah dicelupkan ke dalam wadah yang berisi cat, tujuan dari penggunaan benang ini adalah agar jari vleg tersebut benar-benar tercelup penuh kedalam cat, dan juga agar tidak mengenai tangan anda. Setelah itu jemur dan tunggu sampai kering. Metode kedua adalah menggunakan kuas lukis, caranya anda hanya cukup mengecat velg jari tersebut menggunakan kuas lukis secara merata, kemudian jemur dan tunggu sampai benar-benar kering.

4. Lakukan Pengecekan

Cara mengecat velg motor jari – jari terakhir yakni dengan melakukan pengecekan lebih lanjut. Setelah semua sduah dijemur dan sudah kering, sebaiknya sebelum jari-jari velg tersebut anda pasang lagi, pastikan terlebih dahulu hasil pengecatan anda benar-benar sempurna sesuai dengan yang sobat inginkan.

Apabila ada bagian yang kurang sempurna, sebaiknya bersihkan lagi menggunakan amplas dan lakukan hal yang sama seperti yang sudah anda lakukan sebelumnya. Kemudian setelah melakukan pengecekan lagi dan hasilnya sudah sesuai dengan yang anda inginkan, pasanglah kembali jari  -jari velg tersebut dengan posisi yang sama seperti awalnya.

Sponsors Link

Selanjutnya pasangkan kembali ke roda motor depan dan roda belakang anda. Tentunya anda lakukan dengan hati-hati dan dengan cara yang tepat ya sobat agar hasil pengecetan yang tadi tidak rusak dan tidak ada yang cacat. Gampang kan sobat caranya. Jika bisa dilakukan sendiri buat apa ke bengkel mengeluarkan biaya yang mahal. Intinya jika mau berusaha apapun bisa dan mampu kita lakukan.

Sampai disini dulu pembahasan mengenai cara mengecat velg motor jari-jari ya sobat. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi para pembacanya, dan terima ksih bagi sobat semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan. Salam dari penulis.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 04th, December 2017 / 06:42 Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply