Sponsors Link

Cara mengecat motor yang Benar Agar Kinclong

Sponsors Link

Mengecat motor adalah sebuah kegiatan yang bisa di bilang gampang gampang sulit. Bisa di bilang gampang karena biasanya beberapa kasus mengecat motor hanya tinggal semprot dan di bilang sulit karena hasilnya yang kurang maximal mulai dari hasil yang kurang rata sampai hasil cat nya kurang pas dengan object yang akan di cat.

ads

Disini setidaknya akan saya share bagaimana cara mengecat dengan baik dari beberapa cara yang bisa di bilang cukup famliar di indonesia.

Sebelum melangkah ke cara mengecat motor lebih baik kita siapkan peralatan yang akan kita gunakan.

  • Amplas halus , Siapkan amplas dengan minimal ber nomor 2000 karena biasanya nomor ini memang diperuntukkan untuk body motor.Jika tidak ada bisa gunakan amplas yang lebih halus.
  • Dempul , Dempul sebetulnya bukan alat akan tetapi lebih kepada bahan yang akan di gunakan untuk mengacat motor , karena dempul akan membantu agar hasil cat rata dan sempurtna.
  • Epoxy , buat yang belum tau epoxy gunanya untuk membuat hasil cat kita mengkilap kayak baru dari dealer. Meski banyak merk tapi gunakan yang model semprot dan di peruntukan motor
  • Thinner, nah ga usah banyak di jelasin untuk apa . yang pasti ini merupakan bahan campuran buat cat motor kita nanti
  • Cat , ini udah ga usah di bahas karena ini yang akan kita gunakan.  Gunakan cat  yang memang di kenal untuk cat ulang motor anda . banyak merk di pasaran tapi gunakan merk yang familiar agar hasil cat tidak mudah luntur ataupun warna cat jauh dari yang kita inginkan.
  • Clear coat , seperti namanya Clear coat/coating punya fungsi melindungi cat yang sudah kita kerjakan agar lebih maximal .
  • Kompound / Poles motor , ini  sih sebetulnya optional karena fungsinya hanya sebagai finishing supaya motor kita benar benar terlihat seperti baru lagi.
  • Lakban kertas, lakban ini merupakan lakban yang berbahan dasar dari kertas. Fungsinya adalah menutupi atau melindungin part yang tidak akan kita cat yang kebetulan objek yang akan kita cat berdekatan dengan object ini.

Baca juga

Sebelum lanjut ke cara tutorialnya saya akan jelaskan 2 alat yang akan di gunakan untuk mengecat motor.

  • Pengecatan menggunakan sprygun

Alat yang satu ini adalah alat yang biasa di gunakan oleh para industri cat motor baik bengkel ataupun toko yang menyediakan jasa untuk cat ulang motor. Jika kita ingin mengguanakan cara ini bisa terbilang membutuhkan budget besar dan jika kalian hanya menggunakan beberapa part motor yang akan di cat seperti hanya spakbor atau head motor lebih baik jangan gunakan cara ini.

Saat ini harga sprygun di kisaran 100-300rb dan ituhanya head unitnya , sedangkan sprygun bisa beroperasi menggunakan kompressor dan harga kompresor yang kecil aja bisa mencapai 300-500 rb .  Meski di pasaran kini ada sprygun yang sudah 1 paket dengan mini kompresor akan tetapi harga yang mencapai 600rb pun bukan pilihan terbaik jika anda termasuk orang yang jarang cat motor anda.

ads
  • Speedcat

Alat ini hampir sama dengan sprygun , akan tetapi jumlah penampungan cat yang banyak adalah ciri khas dari speedcat.  perbandingannya jika sprygun hanya bisa menggunakan 1/2 kaleng cat  sedangkan speedcat akan bisa menampung 1 kaleng cat dalam sekali naik.

  • Penggunaan cat semprot /pilox

Cara yang satu ini adalah cara yang recomended bagi kalian yang mau belajar cat ataupun yang ingin cat motor sesekali. hanya tinggal membeli 1 kaleng dengan harga 40 ribuan kamu bisa mengecat minimal 1 bagian motor seperti spakbor atau velg kamu. Dipasaran banyak sekali merk pilox yang beredar , gunakan merk merk yang terkenal akan hasil yang bagus untuk menunjang hasil yang bagus juga.

Baca juga

Setelah bahan sudah kita siapkan dan cara yang kita gunakan sudah di pilih , kita langsung kita bahas ke cara cat motornya.

  1. Copot part yang akan kita cat , karena dengan mencopotnya akan mempermudah cara pengecatan dan pengeringan. ingat, jangan memaksakan mengecat motor dengan part yang masih menempel karena akan mengenai bagian lain.
  2. Cuci bersih part yang akan kita cat , ingat cuci bersih menggunakan sabun motor jangan sampai ada kotoran sedikitpun karena jika ada setitik debupun akan menempel pada cat nanti dan akan menghancurkan hasil catnya.
  3. Keringkan hasil part yang sudah kita cuci tadi dengan cara mengelapnya menggunakan lap yang menyerap air atau kanebo agar bisa melihat sudah bersihkah part yang akan kita cat ini.
  4. Amplas bagian yang akan kita cat menggunakan amplas yang sudah kita siapkan tadi. Fungsi dari amplas ini adalah mengangkat cat yang sudah ada dan juga membuat permukaan part yang akan kita cat ini menjadi sedikit kasar. karena dengan permukaan yang kasar akan membuat cat menempel dengan baik. Cara amplasnya adalah tempelkan amplas pada suatu alat misalkan potongan sandal capit atau alat yang mendukung dan mempunyai permukaan datar , fungsinya agar mempermudah kita mengaplas part. Amplas dengan mengguanakan tenaga dengan fungsi menghilangkan cat bawaan . gunakan air untuk membantu proses amplas agar terlihat bagian mana saja yang sudah terangkat catnya. Gunakan cara meng amplas dengan gerakan searah ke kiri – kanan ataupun ke atas-kebawah agar hasil amplas rata .
  5. Cuci kembali secara keseluruhan jika proses amplas sudah beres.
  6. Keringkan semua bagian mengguanakan kaneboo atau dengan menjemurnya di matahari.
  7. Selagi menunggu part kering kita siapkan epoxy yang sudah kita beli. fungsi dari epoxy sendiri adalah untuk menutup pori pori yang akan kita cat. sebelum menuangkan ke speedcat /sprygun akan lebih baik campurkan epoxy dengan thiner yang sudah kita beli tadi. fungsinya agar epoxy tidak terlalu kuat . campurkan dengan menggunakan perkiraan ,  jangan terlalu encer juga karena fungsi epoxy akan hilang. Jika kalian tidak mengguanakan cara speedcat bisa membeli pilox dengan fungsi epoxy.
  8. Setelah hasil amplas kita terlihat kering , gunakan lakban kertas ke bagian yang tidak akan kita kenai epoxy , jika sudah mulailah semprotkan epoxy kebagian yang akan kita cat nanti. ingat gunakan jarak 30-40 cm dari object untuk hasil yang rata dan menghindari cat lumer.
  9. Biarkan kering dengan menjemurnya
  10. lihat kembali hasilnya apakah rata atau tidak. jika bagian yang akan kamu cat ini terdapat goresan bekas beradu dengan benda tajam maupun tumpul gunakan dempul untuk menutupinya .
  11. Keringkan hasil dempulnya.
  12. jika sudah kering hasil dempul dan epoxynya kita amplas kembali hasil dempul tadi sampai semua permukaan rata .
  13. cuci dan bilas hasil dempul sampai bersih untuk mendapatkan hasil maksimal.
  14. ulangi langkah nomor 8 diatas dengan member epoxy secara menyeluruh ke bagian yang akan kita cat.
    Sponsors Link

  15. Jika proses epoxy sudah selesai dan kering kita masuk ke langkah cat , jika kalian ingin menggunakan cat dasar gunakan cat dasar yang tipis.
  16. jika cat dasar sudah di cat dan kering mulailah kita mengecat bagian yang akan kita cat. untuk cat itu sendiri  seperti biasa campurkan cat dengan thiner dan jangan terlalu encer. tapi jika kalian apa pilox ya langsung aja semport. ingat jarak antara semprotan dan objek harus di atur.
  17. Keringkan dengan sinar matahari.
  18. Lanjut ketahap pemberian coating pada motor ,semprotkan cat coating yang sudah kita siapkan . seperti biasa cat coating kita campur dengan thiner dengan komposisi yang tidak terlalu encer.
  19. setelah pemberian coating keringkan sampai benar benar kering. Usahakan tidak mengeringkan langsung di bawah matahari yang sedang terik. tapi keringkan di bawah matahari yang panasnya sedang.
  20. setelah sudah kering dan benar benar terlihat hasil semprotkan kita rata kita ketahap finishing yaitu  pemberian poles untuk guna memberi efek kinclong pada motor kita

Baca juga

Bagaimana ? mudahkan Cara mengecat motor kita , biasanya motor yang pengguanaanya secara terus menerus dan lebih sering di parkir di bawah matahari akan membuat cat motor terkelupas dan bahkan pudar warnanya.  jadi hindari hal tersebut agar membuat cat motor anda tetap awet.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 14th, June 2017 / 05:34 Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published.