Sponsors Link

Cara Mengatasi Kunci Jok Motor Yang Macet

Sponsors Link

Kalau sobat mengalami jok motor yang susah dibuka, harus cari tahu akar masalahnya. Sebab, jika kejadian ini terus berulang pasti akan menyusahkan. Apalagi, yang posisi tangki bahan bakarnya ada di bawah jok. Jok motor yang sering macet biasanya terjadi karena beberapa hal, seperti posisi komponennya tergeser atau banyaknya kotoran yang menghalangi.

ads

Kejadian seperti itu tidak akan terjadi jika kita rajin melihat atau memeriksa kinerja kunci dan pengait jok tersebut. Jika jok motor tidak bisa terbuka meski anak kunci sudah diputar, biasanya pengait yang terdapat di bawah jok terdapat kotoran berupa debu yang menempel, sehingga mengganggu kinerja dari pengait kunci jok tersebut.

Jika tidak ingin membawa ke bengkel Anda bisa memberi pelumas di lubang kunci dan area pengunci jok agar pengunci tidak seret. Carannya ialah cairan pelumas disemprotkan ke dalam lubang kunci menggunakan sedotan kecil yang disediakan. Kemudian setelah jok bisa dibuka, giliran bagian dalam rumah kunci yang disemprot. Tetapi kalau kondisi rumah kuncinya sudah tidak bagus, misalnya pegas sudah lemah, lebih baik diganti saja.

Sebotol cairan pelumas biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp15.000 tergantung merek dan besar botolnya, yang bisa didapat di bengkel-bengkel motor atau pun mobil. Ternyata dengan dilumasi, penyakit masih muncul. Jok bisa dibuka dengan goyang kiri kanan beberapa waktu sambil memutar kunci. Setelah penulis selidiki lagi, maka solusi berikut lebih permanen:

  • Bengkokkan Bagian yang Terayun / Terdorong Pengungkit ke Arah Depan

Ganjal dulu bagian tengah besi tipisnya, lalu tekan ujungnya sehingga lebih bengkok ke depan. Penyebab macet adalah karena saat tuas pengungkit mendorong, besi tipisnya terdorong ke belakang juga sehingga bikin macet. Setelah besi tipisnya dimajukan ke depan, tekanan pengungkit ke besi tipis bisa memutar lebih lancar. Jok jadi lebih mudah dibuka. Pahami juga cara paling tepat untuk membuat jok motor tidak licin untuk menambah pengetahuan.

  • Memutar Kunci ke Kanan dan Kiri

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah memutar kunci ke kanan dan kiri. Hal ini agar komponen yang geser bisa balik lagi sehingga bisa dibuka. agar bagian yang menyangkut bisa terlepas dan kunci bisa diputar terus. Sebelumnya walau kunci dipaksa memutar hingga sampai sedikit melengkung, jok masih tetap tidak terbuka. Bila susah dibuka, tekan kunci sesuai arah panah atau sebaliknya.

Menarik, mendorong atau menekan jok tidak akan membantu. Malah resiko akan merusak jok karena plastiknya bisa pecah bila dipaksakan. Yang bisa dilakukan adalah mencoba dari bagian kuncinya. Jangan juga dipaksakan diputar karena mekanisme bisa patah seperti yang diungkap pembaca. Jadi lebih aman dicoba di goyang goyang. motornya dicoba dimiringkan ke kanan juga bisa membantu. Anda perlu tahu cara menghindari jok motor agar tidak retak retak sebagai antisipasi.

Bila masih tidak bisa dibuka, berarti masalah ada pada engsel dalam jok. Engsel macet karena nyangkut atau bergeser dari tempatnya. Kalau sudah begini, otomatis bodi dan lampu belakang motor harus dibongkar.

Jika semua cara sudah dilakukan, niscaya kinerja kunci pengait jok akan kembali normal seperti sedia kala. Perlu diperhatikan, jika pengait jok motor Sobat Zonbie macet, jangan paksakan anak kunci untuk terus diputar. Hal ini akan membuat anak kunci bengkok dan berdampak pada saat menghidupkan mesin motor jika menggunakan kunci kontak yang sudah bengkok.

Itulah informasi dan solusi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam dunia otomotif. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply