Categories
Tips

Cara Mencuci Motor yang Benar dan Dijamin Bersih

Jika berbicara mengenai sepeda motor sudah pasti tidak asing lagi ditelinga kita ya sobat. Karena memang sepeda motor ini sudah menjadi kebutuhan kita sehari – harinya untuk menjalankan berbagai aktivitas kita. Karena jam tayang kendaran bermotor ini sungguh padat, sehingga banyak diantara kita para pengguna motor seringkali melupakan perawatan motor itu sendiri.

Salah satu hal sepelenya adalah lupa untuk mencuci motor tersebut. Sama halnya seperti manusia, motor juga harus selalu dijaga kebersihannya ya sobat. karena dengan menjaga kebersihannya berarti kita secara tidak langsung melakukan perawatan motor itu sendiri. Baca juga mengenai cara membersihkan tangki motor.

Cara Mencuci Motor

Pada situasi musim hujan, penampilan motor pastinya akan terlihat kotor, karena banyaknya debu atau lumpur yang menempel pada bodi motor tersebut. Selain itu area ban, knalpot, rantai dan bagian motor lainnya akan terlihat banyak debu dan kotoran lainnya.

Biasanya pada kondisi ini, banyak diantara sobat yang langsung membawa motor tersebut ke tempat jasa cuci motor atau stem. Padahal apabila anda mencuci sendiri juga gampang loh sobat caranya. Selain itu anda juga bisa mengetahui bagaimana kondisi ter update fisik motor tersebut.

Pada pembahsan kali ini, penulis akan membagikan informasi kepada sobat semua tentang bagaimana cara mencuci motor secara mandiri. Karena jika kita bisa lakukan sendiri buat apa dilakukan oleh orang lain ya sobat. Yuk kita simak ulasan berikut ini.

1. Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Adapun peralatan yang dibutuhkan untuk mencuci motor adalah sebagai berikut :

  • Sediakan ember sebagai wadah penampungan air, agar pemakaian airnnya lebih irit. Jika tidak ada ember, gunakanlah selang air.
  • Sediakan sabun khusus untuk mencuci motor. Sabun ini dapat anda peroleh di minimarket terdekat. Apabila tidak ada sabun khusus untuk motor, menggunakan sabun detergent juga bisa jadi solusinya. Tetapi, untuk hasil yang lebih kinclong, sebaiknya gunakan saja sabun khusus pencuci motor ya sobat.
  • Spon yang bersih untuk mengusap pada saat pencucian.
  • Siapkan sikat unuk mencuci bagian ban motor
  • Sediakan lap, yang akan anda gunakan untuk mengelap semua bagian motor yang akan anda cuci. Sebaiknya gunakanlah kanebo ya sobat, agar lebih cepat kering.

2. Proses Pembersihan Motor Secara Keseluruhan

Cara mencuci motor berikutnya ialah dengan membersihkannya secara keseluruhan. Setelah semua peralatan yang dibutuhkan siap, anda sudah bisa memulai untuk melakukan pengerjaan pencucian motor. Basahi semua bagian motor anda dengan cara mengguyurnya, sehingga semua bagian motor anda yang akan dicuci dalam keadaan basah.

Apabila anda menggunakan selang air untuk membasahinya, sebaiknya anda sekaligus membuang lumpur atau kotoran yang menempel pada bagian ban motor anda. Karena biasanya bagian ban ini akan teramat banyak kotoran bekas lumpur atau becek dijalanan. Baca juga mengenai cara membersihkan mesin motor.

3. Proses Pencucian Bagian Jok Motor

Khusus untuk bagian jok, anda hanya perlu mencuci bagian luarnya saja ya sobat, karena jika anda mencucinya sampai ke bagian dalam akan membuat busa dari jok tersebut basah sehingga akan lebih cepat rusak. Selain itu busa jok yang lembab akan menimbulkan bau. Baca juga mengenai cara mengkilapkan knalpot.

4. Proses Pencucian Bodi Motor

Cara mencuci motor selanjutnya dengan mencuci bagian bodi. Setelah bodi motor anda basah, lumurilah spon yang tadi anda sediakan dengan cairan atau sabun pencuci motor tersebut, kemudian usapkan pada semua bagian bodi motor anda. Lakukan hal di atas sampai semua kotoran yang terdapat pada bodi motor anda benar – benar hilang.

5. Proses Pencucian Bagian Ban Motor

Apabila pembersihan bodi motor anda sudah selesai, selanjutnya lakukan pembersihan ke bagian ban motor anda, lakukan hal yang sama seperti yang tadi anda lakukan ketika melakukan pembersihan pada bodi motor anda. Sebaiknya gunakan sikat jika melakukan pembersihan pada bagian ban, guna untuk mempermudah pengerjaannya. Baca juga mengenai cara menambal ban tubles.

6. Proses Pencucian Bagian Velg Motor

Cara mencuci motor selanjutnya yakni dengan mencuci bagian velg motor. Setelah bagian ban selesai, lanjutkan pula kebagian velg motor anda. Pembersihan velg motor ini juga gampang sobat, langkahnya sama saja dengan melakukan pembersihan pada bodi motor anda. Namun harus lebih teliti membersihkannya jika velgnya menggunakan tipe jari – jari. Baca juga mengenai cara mengecat velg motor jari jari.

7. Proses Pencucian Bagian Bawah Motor

Khusus untuk pembersihan bagian bawah motor anda yang susah untuk dijangkau, anda juga dapat menggunakan sikat dengan pegangan yang agak panjang untuk mempemudah pembersihannya. Selanjutnya anda bisa mengkondisikan motor anda pada standar 2, kemudian buka standart 1 juga dan miringkan motor. Cara ini akan lebih mudah dalam membantu anda membersihkan bagian bawah.

8. Proses Pengeringan

Setelah proses pencucian sudah selesai, sekarang waktunya anda untuk mengeringkan semua bagian motor yang tadi anda bersihkan. Gunakan kanebo yang tadi sudah anda siapkan untuk proses pengeringan seluruh bagian mtor anda yang basah tersebut.

Pastikan anda mengelapnya hingga benar – benar kering ya sobat agar penampilan motor anda semakin kinclong. Pastikan juga bagian kaca spion dan bagian lampu motor anda di lap dengan kering ya sobat. Motor anda sudah kinclong dan siap untuk dipakai lagi sobat.

9. Proses Pemanasan Mesin

Proses terakhir ialah dengan melakukan pemanasan untuk mengetes sekaligus menjaga peforma motor sobat. Biasanya banyak ditemui setelah mencuci motor justru terjadi masalaha seperti halnya motor tidak mau menyala alias mogok.

Itulah cara untuk mencuci motor yang bisa anda lakukan sendiri di rumah ya sobat. Tetapi hal yang tidak kalah penting yang harus sobat semua ketahui adalah bebrapa hal yang tidak boleh dilakukan pada saat akan mencuci motor. Karena jika anda melakukannya akan berakibat buruk pada motor anda. Mari kita simak penjelasan dibawah ini.

  • Jangan Mencuci Motor Pada Saat Kondisi Mesinnya Panas

Air dan panas merupakan hal yang tidak baik bila disatukan. Hal inilah yang perlu diperhatikan sesaat jika sobat akan mencuci motor kesayangan anda. Jangan sekali – kali mencuci motor apda saat kondisi mesin masih panas, karena dapat membuat blok mesin menjadi retak serta membuat krom dan lapisan nikel dalam motor anda akan ikut rusak. Jadi sebaiknya pastikan kondisi motor anda dingin sebelum di cuci ya sobat.

  • Bedakan Alat Pencuci

Apabila sobat sedang mencuci motor, sebaiknya bedakan alat untuk mencuci bodi dengan ban motor. Karena seperti yang kita ketahui ban lebih keras, sehingga alat yang digunakanpun untuk membersihkannya harus menggunakan sikat. Apabila anda menggunakan spon seperti hal nya bodi, ditakutkan akan membuat bodi baret akibat adanya pasir atau benda lainnya yang tertinggal dalam spon tersebut.

  • Semprot Rantai Motor Anda dengan Tidak Menggunakan Air Bertekanan

Maksudnya adalah ketika anda menyemprot bagian rantai jangan menggunakan bagian air yang bertekanan. Sebagaimana kita ketahui bahwa rantai motor memiliki gemuk yang berfungsi untuk menjaga elastisitas dari rantai tersebut apabila sedang anda gunakan. Nah kita menggunakan air bertekanan ditakutkan akan menghilangkan gemuk yang ada pada rantai tersebut sehingga performa rantainya sendiri akan berkurang.

Sampai disini dulu sobat pembahasan mengenai cara mencuci motor kali ini, semoga apa yang penulis bagikan dalam artikel ini dapat anda jadikan pedoman ketika anda perlukan. Terima kasih bagi yang sudah meluangkan waktunya membaca artikel ini. Salam hangat.

Leave a Reply