Sponsors Link

4 Cara Mencegah Pecah Ban Motor Saat Melewati Jalanan Berlubang Parah

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, saat memutuskan untuk berkendara dengan motor kesayangan kita itu artinya kita sudah siap melewati semua jenis jalanan yang akan kita tempuh. Baik itu kondisi jalanan turunan tanjakan, belokan, berlubang, licin serta jenis jalanan yang lain sebagainya yang memang harus kita lewati demi mencapai tujuan yang kita kehendaki. Setuju ya sobat.

ads

Pada kesempatan kali ini, kita masih akan mengulas seputar otomotif ya sobat, yaitu tentang bagaimana cara mencegah pecah ban motor saat melewati jalanan berlubang parah. Sobat semua tentunya pernah melwati jenis jalanan yang seperti ini ya dan tidak jarang pulan hal seperti ini membuat ban motor kesayangan kita menjadi bocor. Untuk itu sobat, ada baiknya sobat semua menyimak ulsan berikut ini, karena pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara mencegah pecah ban motor saat melewati jalanan berlubang parah. Berikut ini ulasannya untuk anda.

1. Kurangi Kecepatan Berkendara Anda

Cara mencegah pecah ban motor yang pertama adalah dengan mengurangi kecepatan berkendara anda. melewati jalanan dengan kondisi yang rusak parah tentu mempunya resiko tersendiri, seperti berpeluang besar membuat ban anda pecah karena tekanan batu –  batu yang rusak terhadap ban motor anda. Belum lagi jika komponen rem hidrolik atau rem cakram motor anda tidak bisa bekerja dengan baik

Selain itu usahakan anda melihat seberapa dalam lubang yang ada di depan anda agar anda bisa menyeimbangkan diri, jangan sampai anda terjebak dalam lobang yang dalam dan ban motor adan mengalami bentuan yang keras sehingga membuat ban anda pecah.

2. Hindari Dinding Ban Tergesek Dengan Lubang

Cara mencegah pecah ban motor yang kedua adalah hindarilah dinding ban anda dari gesekan lubang. Jika anda harus melewati lubang, maka pastikan bahwa telapak ban masuk secara merat kedalam lubang. Hal ini bertujuan untuk menghindari ban yang masuk ke lubang terlalu pinggir sehingga mengakibatkan dinding ban anda akan mengalami penggesekan dengan lubang tersebut. Hal ini cukup penitng untuk anda perhatikan ya sobat, karena hal ini sangat berpotensi membuat ban anda akan pecah pada saat melewati jalanan berlubang tersebut.

3. Pastikan Ukuran Angin Ban Anda Sesuai Standar

Cara mencegah pecah ban motor yang ketiga, sebelum bepergian, maka hal peting yang harus anda perhatikan adalah ukuran gas hidrogen pada ban motor yang ada di dalam ban anda. Hal ini tidak hanya berlaku pada saat anda akan melewati jalanan yang berlubang ya sobat , nmaun pada saat melewati jalanan normal pun ukuran angin dalam ban anda juga harus diperhatikan.

Hal ini mempunyai fungsi untuk menjaga kekuatan ban anda dalam menghadapi tekanan atau pun benturan keras dari jalanan yang berlubang yang akan anda lalui, sehingga resiko ban pecah pun bisa di minimalisir. Karena memang sudah banyak kasus, bahwasannya disebabkan karena tidak mengikuti standarisasi.

4. Pastikan Kondisi Ban Anda Oke

Cara mencegah pecah ban motor yang keempat, memastikan kondisi ban anda oke. Oke dalam artikel ini adalah fisik ban anda masih terlihat baik. Tidak terlalu banyak tambalan atau pun kondisi ban yang sudah tipis. Karena ban yang sudah tipis akan terasa tidak nyaman saat berkendara.

Sponsors Link

Itulah cara mencegah pecah ban motor saat melewati jalanan berlubang parah yang bisa penulis share buat sobat semua. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply