Sponsors Link

Cara Memperbaiki Shock Depan Motor dengan Mudah

Sponsors Link

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang shock bagian belakang pada motor, nah pada kesempatan kali ini penulis akan membahas kebalikannya ya sobat. Pada artikel kali ini, penulis akan membagikan tentang tips bagaimana cara memperbaiki shock depan motor anda.

ads

Sobat semua sudah tentunya akrab dengan komponen motor yang satu ini bukan? Tetapi akrab saja tidak cukup ya sobat, tetapi juga harus bisa memperbaikinya sendiri dirumah apabila terjadi kerusakan tanpa harus ke bengkel. Baca juga mengenai cara memperbaiki shock belakang motor.

Cara Memperbaiki Shock Depan Motor

Salah satu jenis kerusakan yang sering terjadi pada komponen shock ini adalah kerusakan seperti kebocoran oli, shock yang keras dan lain sebaginya. Akibatnya jika shock depan motor anda rusak, pastinya motor tidak akan enak atau nyaman dibawa berkendara ataupun buat keperluan lainnya.

Biasanya, penyebab oli bocor dikarenakan oleh seal shock yang sobek, bisa juga kerena memang sudah faktor umur,menghantam lubang pada saat kecepatan tinggi, dan lain sebagainya. Maka dari itu tetaplah berkendara dengan kondisi normal ya sobat.

Akibat dari hal tersebut adalah bisa mengakibatkan shock jadi keras, dan timbul bunyi kasar dibagian depan pada saat sobat melintas dijalan yang rusak. Itulah beberapa ciri apabila keadaan shock bagian depan anda sudah tak berfungsi normal. Baca juga mengenai cara memperbaiki speedometer digital motor.

Oke sobat, mari kita simak ulasan berikut ini tentang cara memperbaiki shock depan motor dengan cara yang mudah, agar permasalahan seperti diatas dapat anda tangani sendiri.

1. Peralatan yang Dibutuhkan

Sediakan terlebih dahulu peralatan atau bahan yang akan anda perlukan sebelum melakukan langkah perbaikan ya sobat, agar proses perbaikan dapat berjan lancar  nantinya. Adapaun peralatan atau bahan tersebut diantaranya :

  • Oli khusus shock
  • Seal shock baru
  • As shock baru ( jika memnag diperlukan )
  • Wadah untuk oli bekas
  • Kunci L
  • Kunci As roda dan segitiga
  • Bensin atau solar
  • Sabun
  • Air

2. Langkah Pembongkaran Shock Depan

Dalam proses pembongkaran tentu saja harus melalui tahap – tahap yang benar agar komponen – komponen penyusunnya tidak mengalami kerusakan.

  • Pastikan menempatkan sepeda motor ditempat yang aman, lalu berikutnya lepas roda bagian depan.
  • Setelah itu lepas spakbor untuk memudahkan proses pengerjaannya nantinya.
  • Selanjutnya kendorkan baut L yang berada dibagian bawah shock. Agar posisinya tidak berputar, gunakan as roda sebagai penahannya.
  • Selanjutnya, buka bagian tutup atas shock dengan cara mengendorkan terlebih dahulu bautnya, kemudian kemudian congkel bagian atas ring nya sampai tutup shock tersebut bisa dilepaskan.
  • Lanjutkan dengan mengendorkan baut segitiga lalu congkel agar melepas shock, lalu lepaskan shocknya.
  • Sebelum membuka baut berbentuk L yang ada di bawah shock anda, sebaiknya anda menyiapkan terlebih dahulu wadah unutk menampung oli bekas shck agar tidak berceceran di lantai anda, kaena seperti kita ketahu cara pembersihannya tidaklah gampang. Jadi mending cari aman saja ya sobat, yaitu dengan cara menyiapkan wadahnya.
  • Langkah yang terakhir adalah, buka penutup atas shock dan selanjutnya ke langkah pemeriksaan shock, agar hasil pergantian oli berhasil dengan maksimal dan keruakan pada shock dapat anda deteksi. Baca juga mengenai cara memperbaiki aki kering motor.
Sponsors Link

3. Langkah Pemeriksaan Shock Bagian Depan

Cara memperbaiki shock depan motor selanjutnya ialah dengan melakukan proses pemeriksaan terhadap shock depan motor, agar tau bagian mana yang menjadi penyebab utama kerusakan bisa terjadi. Berikut langkah – langkah yang bisa anda ikuti :

  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan langkah awal pembersihan komponen – komponen sshck dengan menggunakan bensin yang tadi sudah anda siapkan. Lakukan proses pembersihan ini secara menyeluh pada semua bagian, agar terlihat dengan jelas bagian shock mana yang rusak dan harus segera diperbaiki. Tetapi khsus untuk karet seal lebih baik jika anda membersihkannya engan menggunkan air detergen atau air sabun saja.
  • Langkah kedua, setelah shock bersih, lakukanlah pemeriksaan pada bagian yang rusak yang terdapat pada shock anda tersebut, jika anda menemukan shock motor anda mati, maka cukup dengan mengganti oli nya saja, dan bila diperlukan ganti saja bagaian seal shock tersebut.
  • Langkah ketiga, apabila anda menemuka shock mengalami kebocoran, itu artinya seal shock anda sudah rusak, tidak ada cara lain sobat selain mengganti sealnya dengan seal yang baru. Setelah itu periksa pula as shock jika anda menemukan kondisi as shock tersebut baret, maka tidak ada jalan lain juga sobat selain harus ganti yang baru juga. Baca juga mengenai cara membersihkan mesin motor
ads

4. Langkah Perakitan Shock Depan 

Cara memperbaiki shock depan motor berikutnya yakni melakukan perakitan shock. Hal ini akan menentukan apakah shock masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Langkahnya sebagai berikut :

  • Rakit kembali semua komponen motor yang tadi sudah anda lepas, dan pastikan anda merakitnya sama seperti kondsi awal agat tidak terjadi masalah yang lainnya. Tetapi per shock dan tutup atas shock tidak usah anda rakit kembali.
  • Setelah merakit, isi kembali oli yang dirancang khusus untuk shock yang sesuai spesifikasi serta takaran yang standar yang sudah direkomendasikan oleh pihak pabrik atau delaer.
  • Kemudia barulah anda memasang per shock yang tadi belum anda pasangkan, kemudian pasangkan kembali shockbrekaer ke bentuk segitiga.
  • Pasang kembali spak bor dan roda sama seperti sebeum anda mencopotnya tadi. Pastikan terpasang sesuai dengan yang awal ya sobat. Baca juga mengenai cara menyetel rem cakram depan.

5. Tips Agar Shock Breaker Tidak Keras Pada Saat Digunakan

Cara memperbaiki shock depan motor terakhir adalah memahami solusi yang tepat untuk menjaga shock breaker agar tidak keras. Ikuti langkah berikut ini :

  • Pertama, sobat bisa mengecilkan lobang suing untuk menahan derasnya aliran oli di dalam shock.
  • Kedua, gunakanlah per shock yang leboh rapat, gunanya aar pantulan lebih stabil dan memberikan daya rebound lebih lembut dari pada standar normalnya.
  • Ketiga, gantila oli shock apabila shockbreaker anda sdah tidak nyaman atau tidak enak digunakan. Gunaknalah oli sesuai dengan takarannya dan lihatlah dahulu cara pemakaian yang ada di label oli tersebut.
  • Ke empat, ganjal lah ring. Meski tak begitu terlalu disarankan, namun aktualnya beberapa mekanik memperbolehkan dengan syarat. Syarat yang dimaksud adalah dengan menggunakan ring (washer) yang ori yang tidak mudah terkikis. Kenapa harus pake yang ori sobat, karena gram – gram dari ring ini dapat menyumbat lubang suling bahkan tidak berpotensi merusak seal dan as shock tersebut.

Oke sobat, bagaimana informasi yang penulis bagikan kali ini? Tentunya lebih lengkap dan lebih menarik bukan? Sampai disini dulu pembahasan kita mengenai cara memperbaiki shock depan motor ya sobat, semoga informasi yang dibagikan oleh penulis dapat bermanfat bagi sobat semua, khususnya bagi kaum adam yang sangat senang dengan dunia otomotif. Terima kasih bagi sobat yang sudah meluangkan waktu, dan sampai jumpa diartikel menarik selanjutnya. Salam hangat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 05th, December 2017 / 04:52 Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply