Sponsors Link

Cara Memperbaiki Shock Belakang Motor yang Keras

Sponsors Link

Sobat punya kendaraan roda dua atau motor? Jika sobat memiliki kendaraan ini pastinya sobat semua sudah tidak asing lagi ya dengan satu komponen penting motor ini, yaitu shockbreaker. Kemungkinan besar setiap pemilik kendaraan motor tentunya sudah mengenal komponen yang satu ini ya sobat. Shockbreaker merupakan sebuah komponen motor yang berfungsi sebagai pelindung motor dari beragam bagian dan komponen di atasnya, karena bisa meredam hentakan dan getaran yang terjadi pada saat motor anda gunakan.

ads

Apabila motor anda sering terkena benturan, maka akan mengakibatkan shockbreaker anda secepat mungkin mengalami kerusakan. Fungsi bagian ini juga tidak kalah penting seperti halnya fungsi gear pada sepeda motor. Artinya komponen motor satu dengan komponen motor lainnya saling berkesinambungan.

Cara Memperbaiki Shock Belakang Motor

Apabila shockbreaker kendaraan motor sobat sudah terlanjur rusak, misalnya bocor, anda tidak perlu terburu – buru untuk membawanya ke bengkel. Karena seperti kita ketahui sendiri jika membawa ke bengkel akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Cobalah sobat memperbaikinya sendiri di rumah ya sobat. Baca juga mengenai fungsi pulser motor

Jika sobat tidak mengerti dan tidak tahu bagaimana cara memperbaiki shockbreaker sendiri, tenang saja karena berikut ini penulis akan membagikan bagaimana cara atau tips untuk memperbaiki shock bagian belakang motor anda. Yuk kita simak sama – sama ulasan berikut ini :

1. Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum anda memulai untuk memperbaiki shock motor belakng anda, sebaiknya anda terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan ya sobat, antara lain :

  • Kunci pas, ring serta shock berukuran 8 mm, 14 mm, dan 17 mm.
  • Kunci L6 mm
  • Obeng plus dan min
  • Oil seal berukuran 26 x 37 x 10
  • 5 kunci bintang berukuran T 40
  • Oli shockbreaker
  • Lap atau kanebo

2. Langkah Perbaikan Shock Belakang Motor

Cara memperbaiki shock belakang motor berikutnya ialah melalui tahap perbaikan terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa parah masalah yang ada pada shock belakang motor anda. Perhatian langkah – langkah di bawah ini dengan baik. Baca juga mengenai fungsi oli samping motor 2 tak

  • Lepaskan Bagian Roda

Langkah pertama, lepaskan terlebih dahulu roda beserta dengan rumah piston rem, beserta spakbor dengan tujuan untuk mempermudah proses perbaikan. Lepas baut yang berukuran 14 mm agar shockbrekaer bagian belakang sepeda motor dua sisi dapat dilepaskan. Cara membongkar shock cukup hanya dengan menekan bagian atas pada penutup shock dan congkel ring pengunci.

  • Pengurasan Oli

Langkah kedua, lepas per tabung kemudian segera keluarkan bekas oli pada tabung shockbreaker. Pastikan oli keluar semua, dengan cara mengocoknya hingga berkali – kali sampai olinya benar – benar keluar semuanya. Hal ini sangat berpengaruh nantinya.

Sponsors Link

  • Lepaskan Tabung Shock

Langkah ketiga, lepaskan tabung shockbreaker pada bagian dalam, dengan menggunakan kunci L 6 mm, kemudian lepas baut L pada bawah tabung shock bagian luar. Proses pelepasan ini usahakan untuk melakukannya dengan hati – hati agar tidak merusak komponennya.

  • Periksa Rebound Spring dan Damper Rod

Langkah ke empat, ketika bagian shock bagian dalam terlepas, maka ambil rebound spring serta damper rod nya. Kemudian periksa untuk menentukan apakah masih bagus apa tidak. Baca juga mengenai fungsi knalpot pada kendaraan bermotor.

ads

  • Periksa Seal Shock

Cara memperbaiki shock belakang motor berikunya yakni teruskan memeriksa apabila seal oli shock bocor, maka seal shock harus diganti, tanda seal oli shock mengalami kebocoran adalah terlihat adalah pada bagian pipa mengkilap karena terkena oli. Ketika akan memasang seal shock yang baru, harus dikerjakan dengan sangat hati – hati dan jaga kondisi agar tetap rata atau tidak miring.

  • Pemasangan Seal Oli

Selanjutnya, saat memasang seal oli dengan menggunakan bearing roda bekas dan ketok dengan palu plastik supaya seal shock bisa masuk dengan rata. Ingat palu plastik ya sobat, bukan palu besi, jika menggunakan palu besi bukannya masuk melainkan hancur sobat. Setelah itu pasanglah kembali ring pengunci serta karet tutup shock, dilanjutkan pula dengan tahap pemasangan tabung shock dalam, serta rebund spring dan damprenya kemudian putar baut pengikat L 6 mm, dan pastikan tertutup dengan rapat.

  • Pengisian Oli

Cara memperbaiki shock belakang motor berikutnya yakni melakukan isi oli shock pada tabung, dan usahakan ukurannya sama ya sobat dengan ukuran kira – kira 64 mm. Jangan mengisinya asal – asalan yang justru akan membuat kondisi shock nya semakin buruk dan bahkan tidak berfungsi lagi. Baca juga mengenai penyebab oli bocor pada motor matic.

  • Pemasangan Per

Langkah selanjutnya, yaiu pemasangan per dengan menggunakan teknik posisi ulir renggang pada bagian bawah dan teknik ulir rapat pada bagian bawah. Bagi kaum adam tentunya sudah paham dengan teknik posisi ulir ini ya sobat, beda dengan kaum hawa, kemungkinan besar tidak mengerti teknik ini.

  • Perbaikan Shockbreaker

Langkah selanjutnya, langkah perbaikan shockbreaker. Perbaikan dalam tahap ini merupakan perbaikan yang paling penting. Salah satu langkah perbaikan shockbreaker yaitu perbaikan shockbreaker yang bocor, caranya dengan memasang tutup shockbreaker atas dan ring pengunci. Untuk mempermudah pengerjaan dan berjalan dengan cepat, sebaiknya anda memasang terlebih dahulu kedua shockbrekaer, kemudian kencangkan baut pengunci shockbrekaer tersebut menggunkana kunci L yang tadi sudah anda persiapakan di awal.

  • Penutupan Shock

Langkah berikutnya, lanjutkan dengan menutup shock, dan pada saat yang bersamaan sambil menekan menggunakan obeng. Setelah itu barulah pasang penguncinya, dan pastikan benar- benar terkunci. Untuk memastikan sudah benar – benar terkunci, biasaya akan terdengar bunyi klik.

  • Pemasangan Spabor

Setelah langkah perbaikan diatas sudah selesai, lanjutkan dengan pemasangan kembali spabor yang sebelumnya anda lepas, atau bagian sepeda motor lainnya yang sudah anda lepas sebelumnya, kemudian lakukan tahap pembersihan dengan menggunakan kain bersih atau lebih dianjurkan menggunakn kanebo saja.

Sponsors Link

  • Uji Coba

Jika tahap diatas sudah selesai, selanjutnya uji coba motor anda pada jalan yang tidak rata. Tujuan dari pada uji coba dijalan yang tidak rata ini adalah untuk mengecek apakah shock belakang bagian motor anda sudah kembali normal atau belum. Karena biasanya jika dilakukan di jalan yang tidak rata atau jalan yang berluban – lubang pasti akan ke deketksi shock belaknag mtor anda dalam kondisi normal atau tidak.

Apabila setelah melakukan pengecekan dijaan yang tidak rata tersebut, dan anda menemukan kejanggalan atau kondisi yang tidak seperti biasanya, sebaiknya anda buka lagi shock motor anda tersebut dan periksa kembali kira – kira bagian mana yang menyebabkan kondisi tak normal itu terjadi, jika sudah anda temukan segera perbaiki kembali. Tetapi sebaliknya jika setelah melakukan pengecekan ternyata hasilnya sudah normal, itu berarti tahap perbaikan yang sudah anda lakukan sudah berhasil dengan sempurna. Selamat mencoba ya sobat dan semoga berhasil.

Oke sobat, demikianlah langkah atau cara memperbaiki shock belakang motor pada kesempatan kali ini ya, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat sekaligus dapt dijadikan sebagai refrensi untuk sobat semua yang memang gemar di dunia otomotif. Tak lupa penulis ucapkan terima kasih banyak bagi semua sobat yang suah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai ketemu di artikel berikutnya ya, salam.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 04th, December 2017 / 06:51 Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply