Sponsors Link

3 Cara Memilih Lampu HID di Musim Hujan

Sponsors Link

Pada saat berkendara di malam hari atau pada saat musim hujan, tentunya anda sebagai pemilik dan pengguna kendaraan roda dua atau motor pastinya membutuhkan penerangan yang lebih agar penglihatan anda tidak terganggu yang juga berfungsi untuk keamanan dan keselamatan anda, terlebih lagi pada saat anda melewati daerah yang minim akan penerangan.

ads

Salah satu cara yang sering digunakan oleh pengedara motor adalah dengan menambah penerangan yakni dengan menggunakan lampu HID. Sobat bikers semua tentunya sudah tidak asing lagi ya sobat dengan komponen yang satu ini karena rata –  rata pengguna sepeda motor memilikinya. Selain itu juga terdapat komponen lampu tembak motor yang tidak kalah pentingnya.

Adapun yang dimaksud dengan lampu HID tersebut merupakan lampu yang dapat menghasilkan intensitas cahaya yang lebih teran dan juga bisa bertahan lama, dan juga lebih bagus tentunya dari pada jenis lampu yang lainnya. Hal ini dikarenakan jenis lampu HID ini menggunakan teknologi Xenon yang konon mampu menghasilkan berpuluh kali lipat intensitas cahaya dibandingkan dengan jenis lampu yang lainnya.

Selain itu, penggunaan daya pada lampu Xenon ini juga cukup rendah meski memiliki tingakt kecerahan yang sangat tinggi. Oleh karena itulah, lamu HID Xenon ini mamp bertahan hingga 3300 jam masa penggunaan.

Namun meski demikian sobat, bukan berarti lampu HID Xenon ini kadang kala tidak bisa menemus butiran air pada saat anda berkendara saat musim hujan. Lantas bagaimana cara memilih lampu HID di musim hujan? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

1. Perhatikan dari Segi Warna

Cara memilih lampu HID yang pertama adalah dari segi warnanya. Lampu HID yang cocok pada saat musim hujan adalah berwarna putih kebiruan. Lampu HID yang menghasilakn intensitas warna putih kebiruan ini akan mampu menembus butian air pada saat anda berkendara di saat hujan lantara terbiaskan oleh butiran air di udara.

Selain itu, efek pantulan yang dihasilkan oleh warna lampu tersebut akan lebih cerah sehingga pandangan anda tidak akan terganggu meski berkendara pada saat hujan sekalipun. Perhatikan juga komponen lampu sein motor saat akan menggantinya.

2. Perhatikan dari Segi Daya Lampu

Cara memilih lampu HID yang kedua adalah dari segi daya lampu Hid itu sendiri. Gunakanlah jenis atau spesifikasi lampu HID yang memiliki daya sebesar 35 watt. Terang atau bias cahaya yang dihasilkan oleh lampu 35 watt ini sudah mampu menghasilkan 2 sampai 3 kali lebih terang dari pada lamu standar yang biasa, sehingga jarak pandang anda akan lebih terasa jelas dan juga daya sebesar 35 watt ini sudah mempu membiaskan butiran air depan anda.

3. Perhatikan Spesfikasi Motor Anda

Cara memilih lampu HID yang ketiga adalah dengan memperhatikan spesifikasi motor anda. Tidak semua ukuran daya lampu HID cocok dengan spesifikasi motor anda. Penggunaan daya lampu yang terlalu tinggi bisa membuat korsleting. Oleh karena itu ada baiknya jika anda melihat spesifikasi motor anda dan sesuaikan dengan daya maksimalnya.

Sponsors Link

Demikan ulasan yang bisa penulis share buat sobat semua pada potingan kali ini, semoga bermanfaat. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum mulai mencoba cara yang penulis berikan untuk anda. Terima kasih dan sampai jumpa. Salam otomotif selalu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply