Sponsors Link

Cara Membuat Alarm Motor Sendiri Paling Mudah

Sponsors Link

Cara membuat alarm motor bisa anda pelajari agar kendaraan bermotor anda aman. Keamanan pada motor juga perlu agar motor kita terhindar dari pencurian. Motor merupakan salah satu benda yang sangat bernilai bagi kita. Tanpa adanya motor akan sulit untuk pergi di saat ada keperluan mendadak khususnya di jaman modern ini. Karena dengan semakin banyaknya jumlah orang di negara kita, tentunya pengguna motor juga sangat banyak sekali. Tidak hanya itu, jumlah kasus pencurian/tindak kejahatan juga semakin banyak.

ads

Banyak sekali kejadian kejadian seperti pencurian bahkan perampokan yang terjadi dimana mana. Bahkan pencurian di motor yang berada di dalam rumah pun kerap kita jumpai. Jadi bukan hanya keamanan di dalam rumah harus di jaga, motor pun juga.

Perlu diketahui bahwa saat ini pencurian motor sangatlah sering terjadi dan bahkan di internet telah banyak bermunculan kabar berita pencurian motor yang terekam oleh kamera cctv. Dalam waktu yang mepet bahkan hitungan detikpun pencuri bisa membawa motor yang sedang kita parkir. Maka dari itu sudah saatnya kita menggunakan alarm motor seperti alarm yang terpasang di mobil demi keamanan dari motor kita.

Baca juga :

Sebenarnya sudah banyak sekali merk merk alarm motor yang di jul di pasaran dan bermacam macam bentuknya. Tetapi ketika membeli di pasaran biasanya rakitan pada rangkaiannya terlalu rumit sehingga jika ada masalah akan sulit untuk mengatasinya. Berikut akan dibahas cara membuat alarm motor yang sangat mudah dan tentunya dengan rangkaian yang gampang.

Dalam memasang alarm motor setidaknya kita harus tahu sedikit tentang ilmu elektronika. Tetapi itu bukan merupakan suatu halangan bagiyang tidak bisa, karena proses pembuatannya sangatlah mudah dan bahan bahannya mudah untuk di dapat.

Cara Membuat Alarm Motor

Dalam tiap rumah di abad ini sangat jarang sekali orang tidak memiliki motor. Apalagi yang hidup di daerah perkotaan pasti tiap rumah minimal ada satu motor bahkan ada yang lebih. Jika kita menjadikan sebuah motor adalah salah satu benda yang di cintai, tak layak jika kita tidak menjaganya dengan hati hati. Selain menjaga dengan merawat secara rutin, memasang alarm pada motor juga salah satu bentuk cinta terhadap motor kita. Memiliki motor idaman yang gagah dan tidak dicuri orang adalah dambaan kita semua. (baca juga : memperbaiki aki kering motor)

Namun, apa jadinya jika lingkungan sekitar kita adalah lingkungan yang tingkat keamanannya kurang terjamin? Perasaan waspada, takut, dan cemas pastinya akan menghantui kita. Walaupun motor yang kita miliki sudah dilengkapi dengan kunci gembok misalnya, tetap saja akan ada kemungkinan pencuri atau maling mengambil motor kita. Karena yang namanya pencuri sangat pintar, bisa saja nanti akan merusak ban, setir dan komponen lainnya pada motor anda.

Menggunakan alarm motor kini bisa digunakan sebagai salah satu alternatif dalam cara mencegah kehilangan motor paling ampuh yang dicari oleh banyak orang. Tidak perlu menyiapkan uang banyak untuk membawa ke ahlinya untuk merancang alarm pada motor. Yang perlu dipersiapkan sebelum jauh membahas tentang perancangan alat rangkaian alarm motor, alangkah baiknya kita menyiapkan alat dan bahan yang akan di pakai dan di butuhkan untuk membuat alarm motor. (baca juga : fungsi oli samping pada sepeda motor)

ads

.
Alat dan Bahan :

  • Obeng (+)
  • tang potong
  • kunci ring 10
  • cutter
  • saklar ON/OFF (kecil)
  • kabel 1m
  • solasi

Langkah langkah cara memasang alarm motor

  1. Alat dan bahan sudah dipersiapkan dan hal pertama yang perlu dilakukan adalah membongkar dulu body motor yang ada klaksonnya. Berbeda motor pastinya berbeda body nya. Kalau pada motor matic biasanya hanya perlu membuka bagian tameng depannya saja. Cara membukanya dengan obeng (+) dan kunci ring 10 sudah cukup.
  2. Selanjutnya adalah membuat saklarnya dengan cara lepas baut pada bagian saklar dengan obeng, lalu kelupas kabel secara perlahan dengan cutter dan berikan sambungan kabel secukupnya pada kaki kaki yang ada pada saklar on/off. (baca juga : keluarnya asap pada motor)
  3. Jika kabel sudah di sambungkan pada saklar maka selanjutnya adalah menyambung satu kabel dari saklar ke body motor yang sudah dibongkar tadi dan carilah kabel yang mengandung massa atau bisa juga kabel negatif. Kalau sudah sambungkan kabel yang satunya lagi ke kelakson. Lalu sambungkan terhadap kabel positif. Yang terakhir adalah rapikan beberapa keruetan kabel yang sudah  di sambungkan tadi dengan solasi sehingga tidak menggangu nantinya.
  4. Sedikit akan dijelaskan tentang cara kerjanya dari langkah langkah yang sudah dibuat di atas. Cara kerjanya adalah jika saklar pada posisi off putarlah kunci kontak pada posisi on maka alarm tidak akan berbunyi, dan jika saklar pada posisi on putarlah kunci kontak on maka alarm akan bunyi terus, meskipun kunci kontak diputar kembali pada posisi off alarm masih bunyi terus sampai saklar berada pada posisi off. Jadi sangat simple sekali cara kerjanya yaitu pada saat kita akan meninggalkan motor kita on kan saklarnya maka kalo ada yang membuka kunci kontak maka alarm akan berbunyi. (baca juga : penyebab motor boros)

Rangkaian di atas yang sudah di jelaskan adalah rangkaian sederhana. Alarm nya menggunakan klakson motor tersebut. Kita bisa mengembangkan lebih menarik lagi sebenarnya pada cara membuat rangkaian motor ini. Misalnya saja klakson kita ganti dengan bunyi yang aneeh dan ada lampu pengedipnya pada saat berbunyi. Banyak sekali sekarang klakson dengan bunyi yang aneeh (tuui tin tin tin). Jika ingin menambahkan lampu berkedip, tinggal kita menambahkan flasher/ alat pengedip yang biasanya dipakai pada lampu sein. Tambahkan flasher dengan menyambung kabel pada klakson dan pastinya jika alarm berbunyi pasti sangat menarik.

Baca juga :

Sponsors Link

Demikian sedikit tips cara membuat alarm motor sehingga motor yang kita punya aman. Tips diatas sangat ampuh sehingga taanpa memerlukan biaya yang mahal dan tanpa membawa motor kita ke bengkel motor, barang yang kita cintai akan aman terkendali. Semoga jangan hanya di baca saja, tetapi juga perlu di praktekkan demi keamanan terhadap barang yang kita cintai salah satunya yaitu motor. Dengan rakitan atau rangkaian buatan sendiri dan hasil yang maksimal akan membuat kebanggan tersendiri bagi kita. Sekian Terimakasih…..

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 22nd, May 2017 / 06:46 Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published.