Sponsors Link

Cara Membersihkan Tangki Motor yang Benar

Sponsors Link

Hallo semua sobat – sobat yang saya rindukan, kembali lagi dalam artikel yang membahas mengenai otomotif nih sobat. Penulis sengaja mengambil tema tentang otomotif dikarenakan dunia otomotif semakin hari semakin berkembang. Dengan adanya perkembangan tersebut menuntut kita untuk terus menggali serta meng update terus informasi seputar otomotif agar kita tidak ketinggalan berita, khususnya otomotif divbagian motor ya sobat.

ads

Agar penampilan performa sepeda motor anda terus terjaga, menjaga kebersihan tangki bensin motor merupakan salah satu cara atau perawatan yang harus anda lakukan secara rutin terhadapa kendaraan bermotor anda.

Walaupun sebenarnya pembersihan pada tangki ini ialah bukan sejenis perawatan terhadap motor, tetapi sebaiknya anda perlu melakukan hal ini agar performa motor anda selalu tetap terjaga. Karena tanpa anda sadari fungsi tangki sama pentingnya seperti fungsi knalpot pada kendaraan bermotor yang notabene sangat berpengaruh dalam membantu kelancaran saat berkendara.

Cara Membersihkan Tangki Motor

Sebagai tempat penampungan sumber daya motor, tangki bensin menjadi suatu objek yang sangat vital. Apabila bagian ini terdapat masalah, maka kemungkinan besar akan berdampak pada bagian motor yang lainnya, yang berdampak negatif juga pada performa motor kesayangan anda.

Didalam tangki bensin motor, tidak hanya terdapat bensin seperti yang kita bayangkan sebelumnya, tetapi terdapat unsur yang lainnya, seperti udara, uap bensi, bahkan mungkin benda – benda kecil yang asing yang tidak sengaja masuk kedalam tangki bensin anda.

Udara dan juga uap bensin yang ada dalam tangki bensin anda akan berubah bentuk menjadi embun. Setelah itu, titik -titik embun ini lama kelamaan sesuai dengan berjalannya waktu akan menimbulkan kerak dan menyebabkan korosi atau karat di dalam tangki bensin motor anda tersebut.

Apabila keadaan seperti ini yaitu tangki bensin dibiarkan begitu saja tanpa adanya perawatan dari sang pemilik motor tersebut, maka karat yang ada dalam dasar tangki anda dalam jangka waktu yang tidak dapat ditentukan akan berpotensi dan tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan kebocoran pada tangki yang disebabkan oleh karat ataupun korosi yang tadi penulis utarakan.

Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan khusus terhadap tangki bensin motor ini untuk menghindari hal tersebut terjadi pada motor anda. Jadi, membersihkan kerak atau kotoran yang terdapat dalam tangki bensin motor merupakan suatu keharusan sebelum terjadinya kebocoran. Kalau sudah terjadi kebocoran, maka siap-siaplah untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk biaya perawatannya ya sobat.

Sebenarnya, bila anda rutin menjaga kebersihan tangki motor anda, dengan mengurasnya setiap 4 bulan sekali atau maksimal per 6 bulan sekali, berarti anda sudah bisa melakukan pencegahan atau antisipasi terhadap karat atau korosif yang ada dalam tangki motor anda. Seperti yang kita ketahui, apabila sudah karatan terlalu lama akan berpotensi mengakibatkan tangki bensin anda akan bocor. Namun pada kenyataanya hal ini sangat jarang kita perhatikan. Bagaimana dengan anda sobat?

Untuk menghindari hal tersebut terjadi ,berikut ini penulis akan membagikan informasi mengenai cara membersihkan tangki motor kesayangan anda, sebelum hal buruk diatas terjadi pada motor anda ya sobat. Seperti kata orang bijak mengatakan “ lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Nah petuah ini juga bisa anda gunakan untuk kasus ini sobat. Yuk langusng saja kita simak ulasan ini bersama – sama. Baca juga mengenai cara memperbaiki shock depan motor.

Sponsors Link

  • Proses Pencopotan Bagian Kran

Cara membersihkan tangki motor pertama kali yakni melepaskan bagian kran. Sebelum anda melepas kran motor anda, sebaiknya sediakan terlebih dahulu wadah untuk anda jadikan sebagai tempat penampungan bekas bensi yang nanti akan anda kuras. Lepas kran motor anda, kemudian keluarkan bensin yang ada dalam kran tersebut ke dalam wadah. Pastikan tangki benar – benar sudah kosong dan tidak ada bensin yang tertinggal.

ads
  • Proses Pencucian Tangki Dengan Menggunakan Detergen

Setelah tangki bensin anda sudah kosong, masukkan air yang sebelumnya sudah dicampur dengan detergen ke dalam tangki tersebut, gosok dengan pelan menggunakan spons semua permukaan dan bagian dalam tangki, sampai tangki benar – benar dalam keadaan tidak berkarat atau berkerak di seluruh dinding tangki motor anda.

Setelah anda pastikan sudah tidak terdapat karat atau kerak, buang kembali air detergen yang sudah kotor tersebut, dan bilas menggunakan air bersih untuk mengecek apakah tangki anda sudah benar – benar bersih atau belum. Pastikan kondisinya sudah bersih ya sobat. Baca juga mengenai cara memperbaiki shock belakang motor.

  • Proses Pembersihan Kerak dan Karat yang Bandel

Cara membersihkan tangki motor selanjutnya ialah dengan cara menghilangkan karat pada motor. Apabila langkah kedua sudah anda lakukan dan masih terdapat kerak atau karat dalam tangki motor anda, sebaiknya anda menggunakan magnit untuk meluruhkan sisa – sisa kerak atau karat tersebut. Lakukan secara perlahan dan pastikan kodisi tangki anda sudah benar – benar bersih dari kotoran tersebut.

  • Proses Pembilasan dan Pengeringan

Setelah langkah – langkah diatas sudah selesai anda kerjakan, kemudian tahap berikutnya yang perlu anda lakukan adalah tahap pembilasan dan pengeringan. Bilaslah tangki yang sudah anda cuci tersebut dengan menggunakan air bersih, dan pastikan anda melakukanya dengan kondisi samapai benar – benar bersih.

Setelah itu barulah anda keringkan menggunakan lap kering yang mudah menyerap air, atau sebaiknya direkomendasikan jika anda menggunkan kanebo saja biar lebih praktis. Setelah anda lap, pastikan anda jemur kembali tangki tersebut di bawah terik matahari persis atau bisa juga di oven untuk memastikan tangki anda dalam kondisi kering. Baca juga mengenai cara merawat motor matic injeksi.

  • Proses Pelapisan Tangki Tersebut Agar Tidak Berkarat Kembali

Setelah dijemur diterik matahari atau oven, dan anda sudah yakin tangki anda dalam kondisi kering dengan sempurna, maka tahap selanjutnya adalah tahap atau proses mencegah terjadinya kembali karat atau kerak pada tangki motor anda.

Hal ini perlu nih sobat anda lakukan supaya anda tidak mengulangi atau melakukan sebuah pekerjaan yang sama lebih dari satu kali. Proses ini adalah pelapisan tangki motor anda, yakni dengan cara di poksi.

Caranya campurkan thinner dengan poksi secukupnya, lalu tutup lubang kran tangki kemudian masukkan poksi yang sudah dicampur thinner tersebut kedalam tangki. Pastikan semua permukaan dalam tangki merata, dengan cara mengguncangkan tangki tersebut. Tunggu sampai benar-benar mengering, kemudian pasang kembali tangki tersebut beserta bensin yang anda keluarkan sebelumnya.

Itulah artikel yang penulis bisa bagikan kali ini mengenai cara membersihkan tangki motor. Terima kasih bagi yang sudah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Salam hangat dari penulis. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 07th, December 2017 / 03:40 Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply