Sponsors Link

6 Cara Membersihkan Mesin Motor yang Benar

Sponsors Link

Selain bodi, ban, ataupun vleg motor yang sering anda perhatikan penampilannya, tetapi ada satu komponen utama yang tidak boleh anda lupakan atau lewatkan perawatannya ya sobat, yaitu mesin. Mesin merupakan komponen utama yang paling menonjol dalam sebuah motor.

ads

Sebagus apapun bodi, sekeren apapun vleg atau ban anda tidaklah berguna jika mesin motor anda bermasalah. Untuk itu pahami cara mengecek mesin motor dan tentu juga harus dilakukan perawatan khusus ya sobat salah satunya dengan rajin membersihkannya dari karat atau kotoran lainnya.

Kotoran pada umumnya yang sering ditemui pada mesin adalah karat dan kerak. Hal ini terjadi karena posisi mesin yang memang berada diluar bodi dan langsung kena atau berinteraksi dengan udara bebas yang penuh denagn debu dan kotoran lainnya. Hal inilah yang menyebabkan permukaan mesin cepat kotor, apalagi seringkali ditemukan adanya rembesan oli yang menempel di permukaan mesin sewaktu mengganti oli, menjadikan kotoran aatu debu apapun semakin mudah menempel. Sedangkan karat sendiri disebabkan oleh reaksi antara air dan besi.

Jika air menempel pada besi terlalu lama akan menyebabkan reaksi sehingga menyebabkan karat. Apalagi jika air itu tidak dibershkan dalam jangka waktu yang lama, maka kemungkinan besar permukaan mesin motor anda akan berkarat. Baca juga mengenai penyebab lampu motor mati semua. Tapi sobat semua tidak usah kuatir ya, karena dalam artikel kali ini penulis akan memberikan solusi bagi sobat semua tentang bagaimana cara membersihkan mesin motor agar tidak sampai berkarat atau ada kerat. Kalau hati kamu yang berkarat dan berkerak buat saya oke-oke aja, tapi jangan sampai mesin motor kamu juga karatan ya sobat. Yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

1. Dengan Menggunakan Air Detergen

Langkah awal yang musti sobat lakukan jika sudah menemukan karat atau kerak di mesin motor anda adalah dengan menggunkaan air detergen. Hal ini dimaksudkan untuk membedakan mana bagian mesin yang bisa dibersihkan dengan mudah yaitu menggunakan air detegen atau mana bagian yang memang memerlukan cairan khusus untuk menghilangkannya.

Jadi secepatnya anda lakukan hal ini dulu ya sobat. Caranya, anda cukup menyediakan air yang sudah dicampurkan dengan detergen atau bisa juga dengan cairan pembersih piring yang biasanya digunakan untuk membersikan lemak atau noda membandel. Setelah itu usapkan air tersebut menggunakan spons dan mulailah usapkan ke bagian permukaan mesin anda. Setelah itu pastikan di lap kembali sampai kering ya sobat, disarankan lap menggunakan kanebo saja. Baca juga mengenai cara pasang klakson telolet.

2. Menggunakan Bensin atau Solar

Cara membersihkan mesin motor selanjutnya menggunakan bensin atau solar. Walaupun bahan yang satu ini biasanya digunakan untuk bahan bakar mobil atau motor, tetapi ada fungsi lain dibalik itu, yaitu membilas. Membilas disini artinya dapat mengangkat kotoran khusunya kotoran oli di sela- sela mesin dengan mudah dan cepat. Caranya anda hanya perlu membersihkan area mesin dengan menggunakan kuas atau sikat gigi bekas. Jangan gunakan sikat gigi yang masih anda pake ya sobat. Pembersihan dalam tahap ini berbeda dengan pembersihan tahap pertama, karena pada pembersihan ini kotoran akan terbawa langsung pada molekul bahan bakar.

Hal ini bisa kita lihat diari hasil penampungan bahan bakar yang tadi pasti akan berubah menjadi warna hitam, karena semua kotoran-kotoran yang menempel pada permukaan ataupun sela-sela mesin motor anda akan terangkat secara langsung. Baca juga mengenai cara memperbaiki speedometer digital motor.

Sponsors Link

3. Menggunakan Cairan Wastafel

Cairan pembersih wastafel atau bisa juga menggunakan cairan pembersih WC. Biasanya cairan ini sangat terkenal ampuh untuk untuk menghilangkan kerak atau noda membandel di kloset. Fungsi ini juga bisa kita alihkan untuk membersihkan mesin anda ya sobat. Caranya, sobat siapkan cairan pembersih tersebut kedalam satu wadah dan siapkan sikat kasar. Ingat, sikat kasar atau sikat baju ya sobat, bukan sikat gigi. Sikat kasar yang dimaksud disini adalah sikat kawat yang memang berbulu kasar.

ads

Jika sobat menggunakan sikat gigi sah-sah aja sih, tetapi hasilnya tidak akan maksimal dan akan memakan waktu yang lama. Caranya, anda celupkan sikat berbulu kasar tadi kedalam cairan pembersih wastafel atau WC , kemudian gosokkan sikat tersebut kepermukaan mesin yang berkerak. Lakukan terus gosokan tersebut hingga kerak atau karat benar-benar terangkat. Setelah dirasa bersih, ulangi lagi membersihkannya dengan cairan detergen yang anda gunakan sebelumnya untuk mengangkat kotoran-kotoran bekas karat atau kerak tadi. Baca juga mengenai cara menambal ban tubles.

4. Menggunakan Larutan Asam Cuka

Cara membersihkan mesin motor berikutnya ialah menggunakan larutan asam cuka. Jika sobat makan bakso menggunakan asam cuka agar rasanya enak dan lagi nikmat untuk dilahap,  lain halnya dengan fungsi yang satu ini. Fungsi lain dari larutan asam cuka adalah untuk menghilangkan karat dari permukaan besi. Zat asam yang terkandung dalam cuka akan meluruhkan karat atau kerat sebagai hasil oksdasi besi dengan oksigen. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, blok mesin juga terbuat dari besi atau logam, untuk itu anda bisa memanfaatkan cairan asam cuka ini untuk membersihkan kerak ataupun karat yang ada dipermukaan mesin motor anda.

Caranya anda tinggal membasahi saja area mesin yang berkarat dengan menggunakan cairan asam cuka tersebut, kemudian gosoklah dengan menggunakna sikat sampai permukaan mesin benar-benar sudah bersih. Tetapi sobat harus melakukannya dengan sangat teliti ya sobat, karena jika cairan asam cuka tersebut kena kebagian cat bodi motor anda, maka nantinya akan menimbulkan kerusakan pada cat nya. Bisa saja jadi belang atau berubah warna.

5. Amplas Bagian yang Berkarat

Dengan menggunakan amplas kondisi mesin anda akan kembali seperti semula sobat. Tetapi saya anjurkan hal ini anda gunakan jika memang kondisi mesin motor anda memang sudah kotor parah dengan semua karat maupun kerat di permukaanya. Caranya cukup ambil amplas yang halus kemudian gosokkan dipermukaan mesin yang karatan sampai kondisinya bersih seperti semula.

6. Cat Ulang Mesin Motor Anda

Pengecatan dilakukan jika memang sudah tidak ada pilihan dari nomor 1 sampai nomor 5 ya sobat. Caranya anda hanya perlu menyediakan cat yang sesuai dengan jenis cat sebelumnya. Lakukan dengan teliti agar hasil pengecatannya sempurna.

Dapat diambil kesimpulan bahwa pembahasan artikel di atas mengenai cara membersihkan mesin motor mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi dalam rangka membantu kesulitan yang anda alami. Sampai disini dulu untuk pembahasan kali ini mengenai cara membersihkan mesin motor ya sobat. Sampai jumpa pada lain kesempatan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 04th, December 2017 / 06:21 Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply