Categories
Tips

10 Cara Membelokkan Motor Matic Bagi Pemula yang Aman

Mengendarai motor matic bisa dibilang simpel, karena motor matic hanya memainkan gasnya saja. Namun pada komponen motor matic ada beberapa teknik yang harus dipelajari maupun dikuasai oleh anda. Apalagi anda seorang pemula atau mungkin anda adalah salah satu seorang yang ingin belajar mengendarai motor matic.

Apakah anda seorang wanita? Motor untuk wanita pemula yang cocok biasanya adalah matic, sehingga anda bisa berkendara dengan nyaman. Ini dikarenakan motor yang sudah cocok untuk digunakan, pasti akan membuat aktivitas atau kegiatan anda akan berjalan dengan nyaman dan aman.

Pada kali ini kami akan membahas cara membelokkan motor matic bagi pemula. Dengan cara-cara ini akan membuat anda bisa membelokkan motor maticmu walaupun anda seorang pemula atau baru belajar. Tunggu apa lagi langsung saja simak ulasannya yang ada dibawah ini.

1. Kurangi Kecepatan

Memang seringkali kita lupa pada saat membawa motor dan tidak sadar kalau kita sedang berada dalam kondisi kecepatan yang diatas rata-rata apalagi pada saat berbelok. Alangkah baiknya anda berbelok dengan kondisi motor dibawah rata-rata kecepatannya, karena berbelok diatas rata-rata kecepatannya. Dengan demikian ini akan membuat keselamatan kita sangat berbahaya. Sebelum berbelok pastikan kecepatannya sudah dikurangi terlebih dahulu dimana ini akan berjaga-jaga apabila ada motor yang tidak bisa dilihat oleh jangkauan mata kita. Selain itu motor dengan kecepatannya dibawah rata-rata pengendaliannya akan lebih mudah.

2. Arah Pandangan

Pada saat kita mau berbelok anda juga harus fokus jangan arah pandangan anda mengarah ke lain (tidak fokus di depan). Apalagi pada jaman sekarang penuh dengan teknologi, pasti salah satu yang membuat anda tidak fokus adalah bermain gadget atau handphone. Dengan demikian arah pandangan anda tidak akan fokus kedepan malah anda berfokus pada handphone. Selain itu fokus kearah yang ditujui dapat membuat kita bisa melihat apakah ada kendaraan lain didepan kita atau tidak. Nah jika tidak terlihat oleh mata kita, maka anda harus mengurangi kecepatannya. Dengan begitu anda akan aman ketika ingin berbelok.

3. Posisi Badan

Pada saat kita sedang melakukan jalan yang menikung kita juga harus mengikuti posisi badan kita. Dimana ketika kita menikung kekiri maka posisi badan juga ikut kekiri begitu juga untuk berbelok kekanan. Hindari berbelok dengan posisi badan yang berlawanan arah, ini akan mengganggu kesimbangannya.

Perlu diingatkan kalau mau berbelok cukup badan ikuti kearah mana kita akan berbelok, tapi posisi badan yang sewajar-wajarnya. Jangan anda seperti pengguna motor yang jago atau mungkin sebagai pembalap sehingga anda harus melakukan posisi badannya seperti MotoGP.

4. Perhatikan Pada Saat Nengrem

Cara ngerem hal yang harus diperhatikan ketika mau berbelok apalagi anda sebagai seorang pemula. Pastikan anda tidak melakukan pengereman dadakan atau ngerem dengan menggunakan rem depan. Dengan begitu ini akan membuat kecelakaan bagi kita, namun ada beberapa cara rem motor dadakan yang benar untuk mengantisipasi dari kecelakaan.

Memperhatikan pada saat ngerem bisa dibilang gampang-gampang susah, namun melakukan pengereman yang baik dan benar akan membantu kita pada saat jalan menurun maupun berbelok. Ini dikarenakan motor matic tidak memiliki engine brake berbeda dengan motor manual. Maka dari itu salah satu solusinya dengan melakukan pengereman yang sempurna.

5. Memainkan Lampu Sein

Pada komponen lampu sein motor perlu diperhatikan ketika kita dalam pertigaan atau perempatan anda harus menggunakan lampu sein kira-kira jarak sebelum berbelok minimal 30 meter. Dengan begitu ini bisa mengkomunikasikan sebuah arah tujuan yang dimiliki oleh anda dengan kendaraan yang ada dibelakang anda. Tapi yang perlu diingat kalau menyalahkan lampu sein saja tidak cukup. Percuma saja ketika kita sudah menyalakan lampu sein akan tetapi gestur yang dikendalikan motor anda tidak akan memberikan isyarat untuk berbelok.

6. Memanfaatkan Klakson

Ketika kita sedang melakukan perjalanan dengan jalanan yang berbelok atau menikung pastikan anda selalu memainkan bunyi klakson. Memainkan klakson bukan hanya untuk berbelok saja, akan tetapi anda bisa melakukannya pada saat ingin mendahului kendaraan lain.

Perlu diingatkan bagi anda jangan selalu mengganti bunyi klakson, karena ini akan berdampak buruk jika mengganti klakson sembarangan. Dengan demikian anda harus merwat klakson pada motor anda dengan baik. Sehingga tidak akan membahayakan keselmatan kita, khususnya bagi anda seorang pemula.

7. Perhatikan Kaca Spion

Ada berbagai jenis-jenis spion motor yang bisa anda ketahui dan anda bisa mengkuasai jenis kaca spion apa yang anda gunakan. Kaca spion salah satu hal yang paling penting bagi kita sebagai seorang bikers apalagi masih pemula. Ini dikarenakan kaca spion sangat berfungsi dan sangat membantu kita ketika ingin berbelok.

8. Perhatikan Kendaraan Lain

Berhati-hati serta waspada dan selalu tertib dalam perjalanan, kemungkinan besar ini akan membuat kita jauh lebih aman. Pada intinya ketika sedang berada di persimpangan jalan, usahakan anda melihat kendaraan lain terlebih dahulu untuk melakukan pembelokan. Sehingga tidak akan terjadi penabrakan atau bahaya keselamatan. Misalnya

  • Berbelok kekanan bersama kendaraan lain
  • Berbelok kekiri bersama kendaraan lain

Mungkin pada saat kita dalam persimpangan jalan kemungkinan besar anda harus memperhatikan kemana arah kendaraan lain itu akan pergi. Nah dengan demikian ini akan menyelamatkan diri anda sendiri dan juga orang lain.

9. Memiliki Feeling Yang Kuat

Pada saat ingin berbelok anda juga harus memiliki feeling yang kuat kalau kendaraan lain akan menuju arah mana. Dengan demikian ini tidak akan terjadi penabrakan atau tidak akan saling menyalahkan. Kondisi ini hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang berpengalaman. Nah bagi anda yang masih pemula, lebih baik anda belajar terlebih dahulu sehingga tidak akan menjadi bahaya terhadap keselamatan.

10. Mempunyai Etika

Melewati tikungan tak hanya memerlukan berbagai teknik diatas, akan tetapi anda juga harus memiliki etika pada saat berkendara. Anda tidak boleh melakukan pemotongan atau mengambil haluan pada kendaraan lain dalam tikungan. Ini dikarenakan dapat membuat bahaya bagi anda dan orang lain. Selain itu anda tidak boleh saling mendahului di tikungan. Emang kita sedang berada di sirkuit MotoGP (kalau anda ingin menyalip di tikungan lebih baik anda lakukan di tempat sirkuit).

Itulah yang bisa kami sampaikan kepada anda semua mengenai cara membelokkan motor matic. Bagi anda yang sedang mencari cara-cara terbaik untuk membelokkan motor maticmu, anda bisa melakukannya dengan menggunakan cara-cara yang sudah kami uraikan diatas.

Leave a Reply