Sponsors Link

Ini Dia Cara Membedakan Jenis Mesin SOHC dan DOHC

Sponsors Link

Bagi sobat otomotif yang sering melihat brosur mobil baru, pastisobat akan mendapatkan informasi mengenai spesifikasi mobil tersebut, dari dimensi sampai kapasitas mesin yang digunakan.

Pada bagian spesifikasi mesin mobil terdapat jenis mesin yang digunakan seperti SOHC dan DOHC. Sobat otomotif kira-kira apa sih perbedaan antara mesin SOHC dan DOHC? Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara membedakan jenis mesin SOHC dan DOHC.

Perlu sobat ketahuibahwa dalam membedakan mesin SOHC dan DOHC bukan jumlah klep yang menjadi patokan. Mengapa demikian? Karena memang kenyataannya masih ada komponen mesin motor dengan 4 klep di silinder yang mengusung mesin SOHC. Sebut saja seperti Yamaha R15 contohnya.

Jadi, sekali lagi saya tekankan agar jangan sampai salah sangka bahwa jumlah klep menjadi patokannya. Jadi apakah sobat sudah tahu bagaimana cara membedakan mesin SOHC dan DOHC. Baiklah langsung saja berikut adalah sedikit ulasan mengenai cara membedakan jenis mesin SOHC dan DOHC, yaitu:

1.Jumlah Poros kem atau noken as yang berada di dalam silinder

Cara membedakan jenis mesin SOHC dan DOHC yaitu berdasarkan pada jumlah poros kem atau noken asal yang berada di dalam silinder. Sebenarnya dari kepanjangan SOHC dan DOHC sudah dapat kita ketahui letak perbedaannya.

SOHC memiliki kepanjangan single overhead camshaft yang secara sederhana dapat di artikan mesin yang memiliki satu overhead camshaft atau dikenal dengan kemampuan tunggal. Sedangkan DOHC memiliki kepanjangan dari double overhead camshaft atau yang dapat di artikan mesin yang memiliki overheadcamshaft ganda di dalam silinder.

Jadi, sekali lagi saya ingatkan bukan jumlah klep yang menjadi patokan untuk membedakan mesin SOHC dan DOHC melainkan jumlah Poros kembali atau noken as yang berada di dalam silinder.

2.Berdasarkan kelemahan dan keunggulan mesin

Cara membedakan jenis mesin SOHC dan DOHC yang kedua yaitu, berdasarkan kelemahan dan keunggulan mesin. Perlu sobat ketahui bahwa ada perbedaan lain antara mesin SOHC dan DOHC. Mesin SOHC merupakan tipe mesin yang lebih murah perawatan serta irit bahan bakar, cocok untuk pemakaian harian dan kendaraan operasional sobat sehari-hari.

Sedangkan mesin DOHC adalah mesin yang sangat nyaman digunakan untuk berkendara jarak jauh dan memiliki performa yang lebih bagus dari mesin SOHC. akibat motor terlalu sering gonta ganti bahan bakar bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Perlu diingat juga, bahwa saat ini mobil irit atau boros tidak hanya di tentukan melalui tipe mesin SOHC atau DOHC, ada faktor pendukung lainnya seperti teknologi sistem injeksi dan lain-lain. Bisa saja mesin DOHC lebih hemat dan irit bahan bakar daripada mesin SOHC karena teknologi yang disematkan pada mobil tersebut.

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai cara membedakan jenis mesin SOHC dan DOHC yang berhasil saya rangkum dalam artikel ini. Terimakasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel saya ini.

Semoga melalui artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan tentunya juga melalui artikel ini, semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan sobat. Sampai jumpa lagi pada kesempatan lain di artikel-artikel selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply