Sponsors Link

Cara Membedakan Helm SNI Asli dan Palsu

Sponsors Link

Sobat semua riders tentunya sudah pasti tau dan paham betul akan peranan penting helm bagi anda pada saat anda berkendara menggunaan kendaraan roda dua atau motor. Helm ini merupakan salah satu perlengkapan utama yang harus anda gunakan pada saat menggunakan motor tersebut.

ads

Bukan hanya sebagai perlengkapan supaya anda tidak ditilang oleh pak polisi, namun juga helm ini merupakan perlengkapan yang erat kaitannya dengan keselamatan anda. Dikatakan demikian karena  helm ini langsung berperan untuk melindungi kepala anda dari benturan pada saat anda terjatuh, jadi helm tersebut memang sangat vital fungsinya bagi keselatan anda.

Berbicara mengenai helm tersebut sobat, sekarang ini tentunya helm ada begitu banyak jenisnya. Mulai dari berbagai bentuk, ukuran serat merk yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Namun entah merk apapun yang anda gunakan, namun pastikan helm tersebut memiliki SNI atau “ Standar Nasional Indonesia “ ya sobat, agar lebih terjamin. Dan jangan pula anda menggunakan SNI yang palsu karena sekarang ini sudah banyak yang dipalsukan.

Agar anda tidak membeli helm SNI yang palsu, berikut ini adalah cara membedakan helm SNI asli dan palsu. Yuk sobat, kita simak bersama.

1. Cek Harganya

Helm SNI yang asli, tentunya tidak dapat mudah diukur dengan harga. Atau dengan kata yang lainnya, harganya memang agak lebih tinggi sedikit dibandigkan dengan  helm yang bukan SNI. Nah sobat, apabila anda membeli helm yang SNI namun harganya tidak masuk logika alias jauh di bawah harga helm SNI yang seharusnya, bisa saja helm tersebut adalah SNI palsu. Informasi tambahan penjelasan mengenai waktu kadaluarsa helm juga wajib anda perhatikan.

2. Cek Bagian Tali Helm

Pada umumnya, tali pada helm yang sudah memiliki standar SNI, maka talinya bukan hanya mengunakan paku, namun disertai dengan adanya bracket pada tali helm tersebut. Selain itu jangan lupa juga anda mengeceka bagian socket ( yang di tempel di bagian dagu ) jika terbuat dari plastik, itu artinya helm tersebut SNI nya palsu. Silahkan berlaih ke prodak yang lain agar anda tidak menggunakan helm SNI yang palsu.

3. Bobot Helm

Untuk helm yang memiliki SNI asli, tentunya bobotnya lebih berat dari pada helm yang buakn SNI atau memiliki SNI yang palsu. Helm yang bukan SNI asli tersebut pada umumnya lebih rnagn dan lebih ringkih yang dikarenakan komponen atau bahan pembuatan dari hekm tersebut tidaklah menggunakan material atau  bahan yang standar sehingga cenderung lebih ringan. Perlu anda ketahui nih sobat perbedaan snell dot dan ece di helm akan membantu anda dalam perawatannya.

4. Cek Bagian Logo

Logo merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah prodak, begitupun dengan logo helm SNI tersebut. Logo SNI pada helm yang asli, bukan Cuma ditempel, namun juga di emboss untuk mematenkan tempelan logo SNI tersebut. Untuk itu sobat, perhatikan baik-baik logo SNI pada helm yang akan anda beli tersebut.

Sekian informasi yang bisa penulis sajikan untuk ada pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jumpa diulasan selanjutnya. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply