Sponsors Link

3 Cara Memasang Busi Secara Mandiri Paling Mudah

Sponsors Link

Apakah sobat semua sudah mengenal komponen motor yang satu ini sobat, yaitu busi. Apabila anda seorang rider sejati tentunya komponen yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga anda  ya sobat karena meskipun ukurna busi ini kecil, namun fungsi atau peranannya dalam menjalankan fungsi motor seperti halnya fungsi oli secara umum atau pun  fungsi gear pada sepeda motor anda secara keseluruhan bisa dikatakan sangat berpengaruh besar.

ads

Adapun fungsi  busi itu sendiri adalah komponen dalam motor anda yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari pengapian kemudian membakar bahan bakar dan meneruskannya ke mesin motor anda, barulah motor anda dapat digunakan  sebagai mana mestinya.

Nah sobat semua, memang busi dalam motor tergolong sering gonta – ganti sesuai dengan cara atau perilaku kita berkendara. Tapi tenang sobat, apabila busi motor anda akan diganti, maka anda bisa memasangnya sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel, karena sesugguhnya cara memasang busi secara mandiri tidaklah tergolong susah, tergantung kecekatan dan ketelitian serta kemauan anda tentunya. Berikut ini adalah cara memasang busi secara mandiri, yuk sobat mari kita simak dengan seksama.

1. Perhatikan Kondisi Mesin Dan Siapkan Peralatan

Waktu yang tepat untuk mebuka atau melepaskan busi dari motor anda adalah pada saat kondisi mesin anda sudah dingin. Sembari menunggu dingin siapkan peralatan yang dibutuhkan. Adapun peralatan yang dibutuhkan untu memasang busi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kuni sok atau kunci busi
  • Batang extension
  • Soket pembukan busi
  • Pengukur celah busi
  • Busi yang baru

2. Membuka Busi Yang Lama

Langkah kedua yang harus anda lakukan tentunya adalah dengan membuka busi yang lama karena anda sudah mengetahui tanda dan ciri fisik busi harus diganti. Carilah posisi dimana busi  motor anda disematkan, tentunya sobat semua paham ya dimana benda atau komponen kecil yang satu ini berada. Lepaskanlah dari tempatnya secara perlahan dengan menggunakan peralatan yang tadi sudah anda persiapkan.

3. Memasang Busi Baru

Setelah busi yang lama sudah berhasil anda lepaskan, maka kini tahapnya untuk memasang busi yang baru. Cara memasang busi secara mandiri langkahnya sebagi berikut :

  • Bersihkan sekitar ulir busi yang baru terlebih dahulu sebelum memasangnya ya sobat
  • Sebelum memasangnya, lumasilah uliran busi tersebut dengan sedikit oli agar gampang masuknya ke tempat yang sudah tersedia. Adapun fungsi dilakukannya pelumasan ini adah untuk menghidari reaksi pada metal yang berbeda.
  • Setelah itu masukkan busi tersebut dari tempat yang tadi busi lama anda lepaskan. Setelah anda memasangnya, kencangkan busi tersebut dengan menggunakan kunci busi yang tadi sudah anda siapkan.
  • Tarik tutup busi ke belakang secara perlahan dan pastikan lubangnya masuk pada ujung busi dengan hati – hati agar tidak merusaknya.
  • Kencangkan dengan ukuran sekitar 1/8 putaran, setelah itu putarlah sampai pada ukurna yang maksimum. Jangan memutarnya dengan terlalu menggunakan tenaga ya sobat karena bisa merusak ulir dari busi tersebut.
  • Selanjutnya anda wajib mengetahui cara membersihkan busi motor agar dalam proses perawatannya bisa dilakukan dengan baik dan juga kondisi busi tetap oke.
Sponsors Link

Sekian informasi mengenai cara  memasang busi secara mandiri yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini ya sobat semoga informasi ini bermanfaat buat anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah mampir dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply