Sponsors Link

Cara Memasang Ban Motor yang Benar Paling Lengkap

Sponsors Link

Pada kendaraan bermotor, ban merupakan suatu komponen yang mutlak kepentingannya dan fungsinya. Tidak ada kendaraan yang bisa berjalan baik itu motor maupun mobil jika tidak menggunakan ban. Setuju dong sobat. Ban ini merupakan komponen atau piranti yang bisa menahan beban atau bobit kendaraan tersebut secara keseluruhan.

ads

Selain itu, ban ini juga merupakan komponen yang berfungsi untuk menentukan arah perjalanan anda dan juga sekaligus sebagai penerus energi pada kedaraan anda, sehingga kendaraan anda bisa berjalan dengan normal. Tak jarang kita temui kendaraan yang mogok oleh karena terdapat salah satu masalah pada ban tersebut.

Karena tergolong piranti atau komponen yang penting, maka nada wajib dan harus untuk melakulan pengecekan dan perawatan secara berkala terhadap ban kendaraan anda tersebut. Selain itu sobat, ban ini merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang dikategorikan sebagai komponen “ fast moving “ oleh karena hal tersebut sebaiknya anda bisa membongkar dan memasang ban tersebut agar tidak perlu repot ke bengkel dan pula memakan biaya.

Bagi sobat semua pecinta otomotif tentunya sudah tidak susah bagi anda untuk memasang ban motor tersebut, meski demikian anda harus tau bagimana cara memasang ban motor yang benar, agar tidak ditemukan masalah di lain waktu. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda sobat.

Adapun cara memasang ban motor yang benar tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Peralatan yang Dibutuhkan

Berikut peralatan yang dibutuhkan antara lain :

  • Kunci pentil
  • Kunci pas / ring 12
  • Ban baru

2. Cara Pemasangan

Berikut ini cara pemasangan ban yang benar :

  • Sepeda motor anda harus distandarkan terlebih dahulu, pastikan posisinya dalam keadaan standar tengah
  • Kendorkan dan lepaskan poros roda yang akan dipasang ban nya ( untuk ulasan kali ini kita akan membas mengenai roda depan )
  • Kempeskan ban yang akan anda ganti, serta tekan – tekan sisi ban secara merata.
  • Ambil ban motor yang baru yang tadi sudah anda persiapkan, masukkan ban tersebut dengan cara memasukkan sebelah sisi terlebih dahulu.
  • Pasangkan ban dalam yang baru, setelah anda memasang ban luar yang tadi. Caranya adalah dengan menepatkan pentil ke lubang pentil yang ada di velg terlebuh dahulu, kemudian pasangkan mur tersebut, kemudian kencangkan.
  • Congkel sisi ban luar yang tadi yang belum terpasang secara keseluruhan ke arah dalam komponen vleg motor, hingga semuanya sisinya terpasang ke alur vleg seperti semula dan usahakan jangan mencogkel ban dalam yang tadi anda sudah pasang, karena apabila terkena congkelan, maka akan berpotensi membuat ban dalam tersebut menjadi bocor. Oleh karena itu, lakukan hal ini dengan perlahan dan teliti.
  • Tekan keseluruhan permukaan ban secara merata, pastikan pemasangan ban tersebut sudah sempurna sebelum diisi angin.
  • Isikan angin kedalam ban yang sudah anda pasang tersebut sesuai dengan ukuran angin yang seharusnya.
  • Pasangkan roda dan tepatkan pada lubang garpu, kemudian pasangkan roda lalu kencangkan.
  • Selesai deh.
Sponsors Link

Nah sobat semua, gampang kan cara memasang ban motor yang benar tersebut. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi sobat. Sampai jumpa di lain kesempatan. Jangan lupa untuk terus update perkembangan – perkembangan selanjutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply