Sponsors Link

Cara Ketahui Oli Mesin Motor Tercampur Air

Sponsors Link

Jika diibaratkan dengan manusia, maka peranan oli bagi mesin kendaraan adalah seperti darah. Wah agak ngeri ya sobat bikers, namun meski demikian hal ini nyata dan fakta loh sobat bikers. Oli bagi komponen mesin motor merupakan kebutuhan vital yang harus menjadi perhatikan bagi anda pemilik motor maupun kendaraan yang lainnya.

ads

Hal ini dikarenakan oli memegang peranan penting pada performa dan kinerja kendaraan anda, dan juga tentunya untuk menjaga keawetan dari komponen –  komponen pada mesin kendaraan anda.

Berikut ini adalah beberapa peranan penting oli mesin motor tersebut yang bisa menjadi point perhatian bagi anda, yakni :

1. Sebagai Pelumas

Saat mesin kendaraan anda dihidupkan, maka oli mesin ini akan disirkulasikan ke setiap komponen mesin kendaraan anda melalui komponen pompa oli motor pada kendaraan anda tersebut.

2. Sebagai Perapat

Saat oli mesin anda bersirkulasi pada mesin kendaraan anda, maka oli ini akan membentuk lapisan tipis, yang kemudian lapisan inilah yang nantinya akan merapatkan celah antara dua benda yang bergerak tersebut.

3. Sebagai Penyerap Panas

Ketika mesin motor anda dihidupkan, maka akan terjadi proses pembakaran yang menghasilkan panas untuk diubah menjadi tenaga. Pada saat yang bersamaan pula, oli ini akan bersirkulasi untuk meyerap panas tersebut sehingga kompoonen mesin anda tidak akan mengalami overheating.

Oleh karena pentingnya oli tersebut bagi kendaraan anda khususnya untuk mesin motor anda sobat bikers, maka penting bagi anda untuk memperhatikan kodisi oli tersebut. Salah satu masalah yang sering terjadi pada oli motor adalah bercampur dengan air, sehingga akan mengurangi performa atau kinerja dari motor anda nantinya.

Nah sobat bikers, berikut ini adalah cara ketahui oli mesin motor bercampur air yang bisa anda jadikan refrensi. Cekidot.

  • Cek Warna Oli Motor Anda

Cara yang pertama adalah dengan mengecek warna oli motor anda. Idealnya sobat, oli motor adalh berwarna kuning keemasan. Namun salah satu ciri –  ciri oli yang terkena atau terkontaminasi dengan air adalah adanya perubahan warnanya, dimana warnanya akan berubah seperti kecolatan atau cendeurng kehitaman.

Jika anda menemukan warna oli anda seperti ini sobat, itu artinya oli anda sudah terkontaminasi dengan air, dan disarankan agar anda menggantinya dengan segera agar tidak berpengaruh terhadap performa motor anda nantinya.

  • Perhatikan Wujud Oli Anda

Cara yang kedua adalah dengan cara memperhatikan wujud oli anda. Pada umumnya sobat bikers, wujud oli adalah kental dan cenderung kenyal bila anda memegangnya. Namun salah satu ciri oli yang sudah terkontaminasi dengan air adalah wujud oli tersebut akan terlihat lebih encer atau lebih cair dari pada yang seharusnya.

  • Oli Terlihat Keruh

Cara yang ketiga adalah dengan melihat fisik oli. Oli yang normal akan telihat mengkilap, namun apabila sudah tercampur dengan air, maka akan terlihat keruh dan cenderung mirip seperti susu.

Sponsors Link

Itulah sobat cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek apakah oli anda tercampur air atau tidak. Semoga bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum mulai mencoba cara yang penulis berikan untuk anda. Sampai jumpa dan salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply